Sabtu, 20 November 2010

Bahaya Tato bagi tubuh kita


Klo dulu tato adalah lambang kejahatan dan dianggap tabu, maka tato ini telah mengalami pergeseran makna, sekarang tato dianggap suatu seni terutama dianggap bagian dari Fashion. Tidak cuma laki-laki yang memiliki ini bahkan perempuan pun sudah tidak malu lagi memamerkan tattonya. Tatto ini sekarang dapat kita temukan dari mulai anak-anak sampai dewasa. Tato juga  memberikan Inspirasi seseorang untuk membuat Film horor dengan  judul "TATTOO". Tatto ini tidak hanya berada ditempat yang mudah terlihat atau pada bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, tetapi juga ada yang membuatnya ditempat yang tersembunyi seperti punggung atau paha, dan yang lebih gila lagi :D, Tatto juga dibuat di daerah-daerah sensitif seperti Censored :D :D :D.
Bahkan ada yang melakukan survey bahwa Tatto dapat menjadi metode alternatif pengobatan dan menjadi tehnik baru untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh manusia. Entah benar atau tidak survey tersebut yang pasti jika tato tidak dilakukan secara tepat maka dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan. Cara yang tepat harus memperhatikan Kondisi,Profesionalitas dan Kebersihan.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh Tato jika dilakukan secara tidak tepat :
  • Jarum yang kurang atau tidak steril dapat menjadi media penularan penyakit seperti Hepatitis, penyakit kulit dan bahkan HIV.
  • Kulit yang terkena tato dapat menjadi bengkak dan menyebabkan infeksi
  • Dapat terkena penyakit MRSA(Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus). Apa itu MRSA? MRSA adalah jenis bakteri Staph ditemukan pada kulit dan dalam hidung ataupun pada lipatan kulit lainnya yang resisten terhadap antibiotik yaitu kemampuan untuk menolak antibiotik.gejala awalnya adalah kulit terinfeksi lalu berwarna merah,kulit menjadi lembek, tubuh mengalami demam tinggi, dan merasakan sakit hebat pada titik-titik tertentu. Hal ini biasa terjadi pada penindikan Illegal dan tidak profesional. 
Bahkan ada yang tidak puas dengan Tatto malahan mereka membuat terobosan baru dengan nama "Body Curving" yaitu memahat tubuh. Sedangkan pake Jarum dengan cara ditindik aja bahaya, apalagi kalo pake pisau untuk memahat kulit. Kulit adalah salah satu indera perasa manusia, didalamnya terdapat  syaraf-syarat yang berfungsi sebagai indera perasa, dengan "Body Curving" ini akan merusak indra kita.Berikut gambar "Body Curving"

Itulah sobat sekalian, bahaya yang dapat ditimbulkan oleh Tato. Jika memang harus bertato maka pilihlah yang benar-benar Profesional dan Steril. Jika tidak harus maka lebih bagus menghindari, toh masih banyak cara sehat untuk tampil menarik.

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :

10 komentar:

  1. Nur wae:
    kata anak zaman skrg kalo ga bertato katanya ga keren,pdhl akibatnya bisa sampe kena HIV sgala,,

    BalasHapus
  2. @noer, iya nur...HIV kan bisa masuk melalui perantara jarum...mereka yang bertato kadang masih labil, ngikuti trend aja,

    BalasHapus
  3. widiih...
    ngeri misal pake tatto.
    Untung ane ga pake tato.

    BalasHapus
  4. @bilbul ya gan, gak usah kita terlalu neko. nyakitin badan sendiri buat yang gak gak, masih banyak hal positif yang bisa kita lakukan

    BalasHapus
  5. mantab banget..
    ternyata tatoo berbahaya juga ya...

    huhuhu......
    salam
    blogger pemula

    BalasHapus
  6. @bloger pemula, agan pake tato yah ???

    BalasHapus
  7. setuju ane ma agan, di dalam agama ane juga dilarang untuk memiliki tato..

    BalasHapus
  8. @leoche, wah dalam agama ane juga gan, memang agama juga bisa menjadi cara efektif untukmenjaga kesehatan :)

    BalasHapus
  9. oke mas, terima kasih banyak artikelnya, semoga sukses

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas kunjungannya mas

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa