Selasa, 09 November 2010

Fluoride Baik atau buruk ?



Anda tahu Fluoride? Bahan terpenting dalam gigi ternyata mengalami suatu kontroversi. Semula ane mau mengupas masalah pasta gigi, awalnya pasta gigi itu haruslah berfluoride. lalu ane ingin mendalami Fluoride, ane searching di Google, dan ternyata ada juga yang membahas bahayanya. terus terang saja ane bingung, satu sumber mengatakan bagus dan sumber lain mengatakan bahaya. dan terpaksa ane melakukan infeksi mendadak dengan makhluk yang bernama Fluoride ini. Berikut hasil investigasi ane tentang Fluoride.



Pasta gigi Fluoride masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an. Faktanya adalah Fluoride atau Fluor berfungsi memberikan efek deterjen yang berguna untuk melapisi struktur gigi dan ketahanannya terhadap proses pembusukan serta pemicu proses mineralisasi. Ini dapat mengeraskan email gigi dan persenyawaannya. Jika Pasta gigi tertelan maka sangatnya berbahaya, ini sering dilakukan anak-anak, maka segera beri tahu anak anda bahwa "Jangan Pernah menelan Pasta Gigi" apalagi Sikatnya :D :Peace:. Apalagi jika anak-anak tersebut memiliki pasta gigi yang memiliki rasa, maka dia akan termotivasi untuk mennyikat gigi sekaligus menelannya.  Tak hanya itu Fluoride kadang berbentuk makanan yang sasarannya adalah anak- anak sperti Permen berFluoride.

Uraian diatas baru menggambarkan pandangan kita selama ini tentang Fluoride, kebanyakan yang dipublikasikan manfaatnya saja tanpa mempublikasikan efek negatif lainnya. Baiklah mari kita sedikit membahas efek buruk dari Fluoride. Bermula dari khabar bahwa Fluoride mengandung zat pembuatan bom atom. Ini memancing para peneliti untuk menyelidikinya, ternyata Fluoride dapat memicu Osteoporosis, dan kerusakan sistem saraf terutama pada penggunaan yang salah. Sekitar tahun 2000,  Pemerintah Belgia melarang peredaran tablet dan permen yang berfluoride bagi anak-anak yang katanya menguatkan gigi mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi berfluoride yang tidak sengaja tertelan melalui ludah dapat menimbulkan gangguan seperti banyaknya pengeluaran ludah, menumpulkan indera perasa di sekitar mulut, gangguan pernapasan, bahkan kanker.

Pernahkah anda mendengar istilah Fluorosis? jika belum,maka dengarkanlah Fluorosis adalah keadaan terhambatnya penyerapan kalsium yang bisa berakibat pada penurunan IQ, gangguan sistem saraf dan kekebalan tubuh serta kerapuhan tulang dan terhambatnya pertumbuhan. Karena udah ada kata Fluor pada Fluoride dan Fluorosis, anda sudah bisa menebak hubungan antara keduanya. Di beberapa negara, Fluoride dilarang untuk anak 5 tahun kebawah. Di Indonesia sendiri Fluoride dalam tube pasta gigti tidak boleh lebih dari 500 ppm yang sebelumnya 1000-1500 ppm.


Jadi mungkin anda perlu berhati-hati dengan Fluoride apalagi jika ada anak-anak. Perhatikan juga kadar pemakaiannya, bila perlu belilah pasta gigi yang berfluoride rendah atau sudah banyak yang sekarang beredar Pasta gigi herbal. tapi jangan terlalu cemas, batas yang diberikan pemerintah sudah disahkan oleh Departemen Kesehatan. Jadi terserah anda, karena memang hal ini kontroversial. Mau pilih yang aman atau sedikit menantang. :)

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi
http://astaqauliyah.com/2005/04/pro-dan-kontra-penggunaan-fluoride-pada-pasta-gigi/

Referensi :
http://astaqauliyah.com/2005/04/pro-dan-kontra-penggunaan-fluoride-pada-pasta-gigi/

Wassalam dan Tetap Mencoret Artikel ini telah terkirim ke wuah.com Referensi : -

5 komentar:

  1. Kalo menurut Iklan Pepsoedent flouride itu bagus gan :2thumbup

    BalasHapus
  2. ini masih jadi perdebatan gan...

    karena di konsentrasi tertentu memiliki efek antibakteri sementara ternyata ya.. di tulisan agan sudah disampaikan..

    ane tunggu cendolnya ya gan.. biar gak abu abu..

    http://www.kaskus.us/reputation.php?p=310052195

    BalasHapus
  3. Nais inpoh gan,..Btw ane waktu kecil suka ane telen tu pasta gigi ,tpi gigi gak ane sikat sekarang gigi ane bolong 3 :(

    http://www.kaskus.us/member.php?u=2062069

    BalasHapus
  4. @ all thx dah mampir, dan sabar aja cendol akan secepatnya diusahakan sampe ke kulkas agan agan sekalian

    BalasHapus
  5. kita kembali menggunakan siwak aja yu....
    janagan lupa ijo-ijonya yah..
    http://www.kaskus.us/member.php?u=1296584

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa