Rabu, 03 November 2010

IP MAN


IP Man sampai saat ini memiliki 3 sekuel, IP MAN 1, IP MAN 2, IP MAN 3, mulanya ane ingin menggabung cuplikan film nya dalam satu artikel tapi kayaknya kurang seru. Jadi lebih baik dibuat tiga aja, biar makin banyak postingan juga hehhe.

Siapa yang tak kenal Bruce Lee? Aktor Piawai bermain film laga itu telah menjadi legenda. Seperti kata pepatah " Dibalik Nama Besar seseorang, ada Orang besar disitu" begitu juga dengan Bruce Lee. Dibalik nama besar Bruce Lee, ternyata dia adalah murid dari IP MAN. IP MAN adalah Guru dari Bruce Lee, dia adalah suhu dari master Kung Fu aliran Wing Chun. Aliran Wing Chun adalah Tehnik bertarung jarak dekat yang menggabungkan Pertahanan sambil menyerang, dengan cara ini musuh dapat cepat dikalahkan.


Cerita bersetting tahun 1930-an, ada sebuah daerah bernama Foshan, daerah ini terkenal dengan banyaknya aliran Kung Fu dan para master Kung Fu. Sehingga banyak orang yang datang Ke Foshan hanya untuk berguru atau menjadi murid untuk mempelajari ilmu Kung Fu. IP Man (Donnie Yen) adalah seorang Master Kung Fu Wing Chun tapi di episode pertama dia tidak mau menerima murid dikarenakan dia tidak mau memamerkan kehebatannya.

Sering kali dia diajak adu tanding oleh master lain sekedar untuk mengetahui siapa yang lebih unggul. Sama halnya dengan orang cerdas yang merasa ditantang jika diuji kecerdasannya, demikian juga dengan   Master Kung Fu ini dia sangat tertarik untuk adu tanding, tetapi karena  istrinya sering marah   akhirnya dia mengurangi adu tandingnya.

Tahun 1937, keadaan berubah total, Jepang menguasai kota Foshan ini. IP Man yang semula kaya akhirnya jatuh miskin dan harus bekerja di tambang batubara demi anak istrinya. Kemudian dia bertemu dengan teman lamanya yang sering berbagi makanan, kemudian suatu hari temannya itu menghilang tak kembali setelah mencoba adu tanding dengan Jepang dengan imbalan beras kalau menang. Dalam adu tanding itu juga, seorang master Kung Fu yang dikenalnya baik tewas tertembak.

Bangkitlah Amarah nya, dia ingin ikut juga bertarung dan selanjutnya tentu saja anda tonton sendiri. hehehe

Film ini baik sekali ditonton, karena mengajarkan kita betapa penting arti keluarga dan dukungannya, nilai-nilai kesetiakawanan yang tinggi juga seorang kepala keluarga yang harus tetap bertanggung jawab walau harus membanting tulang serta rasa Nasionalisme ketika bangsa kita dijajah dan diinjak-injak

Selamat menonton!
Wassalam dan Tetap Mencoret!

2 komentar:

  1. dari ke 3 filmnya blom ada 1 pun yg aku tonton,,,
    dr referensi yg aku baca kyknya filmnya wajib tonton,,,
    ntar kalo ada waktu ditonton deh filmnya,,,

    ditunggu cerita lanjutannya di IP man 2 dan 3 :)

    BalasHapus
  2. wah bagus nur, ini film selain bagus juga mengajarkan tentang bagaimana menyikapi hidup ini, renda hati ma low profile, nantila kulanjutkan di session berikutnya di IP Man 2 dan 3

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa