Minggu, 21 November 2010

Kesuksesan


Siapa yang tidak ingin sukses? Semua manusia mendambakan kesuksesan, hanya saja dari mereka ada yang usahanya kurang dan hanya mengandalkan impian, tetapi ada juga yang sudah berusaha keras tetapi masih gagal, dan ada juga dengan kegigihannya dia dapat sukses berjaya melanglang buana :D.

Kali ini ane ingin membagi sedikit tips tentang kesuksesan,bukan karena ane sudah sukses, tetapi tips ini  dari hasil melihat, mendengar, dan membaca profil-profil orang sukses. Kesuksesan tidak hanya mengandalkan keberuntungan, sedikit sekali orang yang sukses karena keberuntungan, tidak juga karena jaringan kuat alias banyak koneksi tetapi karena kesungguhan hati, tekad yang kuat, usaha yang keras dan do’a kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Let’s check it out :


Perencanaan(Planning)

Yang pertama anda harus punya perencanaan. Anda harus ingat baik-baik rumus dibawah ini :
Kegagalan merencanakan = merencanakan kegagalan
Apa yang ingin anda rencanakan, apakah merencanakan kesuksesan atau kegagalan? Jika ingin sukses buatlah perencanaan. Misalnya anda mau pergi berwisata maka susunlah perencanaannya misalnya persiapan, akomodasi, transportasi, konsumsi, dll.  Juga siapkan rencana B atau rencana alternatif jika ada kegagalan atau halangan dalam melaksanakan perencanaan. Jadi jika suatu rencana gagal anda tidak mandeg ditempat. Bila anda adalah seorang yang pelupa, maka jangan ragu untuk sesegera mungkinmenuliskan perencanaan anda tersebut, anda bisa menulisnya dikertas kecil, pada post it, software pengingat, ponsel, dan lainnya. Masalahnya udah dicatat dan karena pelupa lupa juga catatannya dimana :D.

Sistematis

Sistematis adalah melakukan urutan dari awal sampai akhir. Urutkanlah Planning anda mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu mana yang diakhir. Perencanaan yang telah anda catat, dapat menjadi panduan anda untuk menyusun secara sistematis. Contoh kecil  Sistematis adalah jika kita membongkar chasing HP, bukankah urutannya harus benar ? jika chasing selesai dipasang ternyata baterenya masih tinggal diluar,maka terpaksa anda membongkar lagi. Jika tidak sistematis maka kita akan berpeluang untuk mengulang pekerjaan, selain waktu menjadi tidak efisien yang menjadi pertanyaan apakah pekerjaan tersebut bisa diulang, jika tidak?

Cepat dan tepat

Karena waktu adalah uang maka planning yang telah anda susun harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Cepat dan tepat bukanlah berarti terburu-buru. Bukankah anda sudah punya persiapan yang tersusun secara sistematis. Jadi waktu anda akan menjadi berharga, tak sedikitpun yang tersia-siakan.

Berdoa

Semua usaha telah anda lakukan, anda sudah mengerjakan suatu pekerjaan yang disertai dengan perencanaan yang tersusun secara sistematis. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan karena dialah penentu segala keputusan “Man Proposes God Disposes” “Manusia yang berencana tuhan yang menentukan

Tawakkal

Tawakkal artinya pasrah dengan keputusan Nya. Tawakkal mengarah ke arah positif, jika  dia berhasil dia tidak akan sombong dan jika dia gagal maka itu akan menjadi cambuk kecil bagi dia agar menjadi pembelajaran dikemudian hari, dan orang seperti ini akan belajar dari kesalahannya.

Jadi Saat nya anda memutuskan mau menjadi “ The Success Man” atau “The Looser Man”.
Wassalam dan tetap mencoret!.

3 komentar:

  1. wah...
    dapet pengetahuan baru nih.
    Saya juga ingin sukse di kemudian hari.

    Kalo boleh ane mau tambahin sedikit.
    Rajin puasa Senin-Kamis

    BalasHapus
  2. @Bilbul
    waaa makasih gan atas tambahannya, Puasa senin kamis memang baik, selain untukkesehatan juga untuk mencapai sesuatu

    BalasHapus
  3. mang kalo mau sukses harus usaha dulu dan sisanya serahkan sama Yang Maha Kuasa,,,,
    ntar diterapkan deh biar aku sukses,,Amin,,,

    NB : tu kucing ga mau kalah jg dia ya,ikut2an berdoa,,,hahaha,,,(lucu gambarnya)

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa