Selasa, 16 November 2010

Selamat Idul Adha 1431 H

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Pertama-tama ane langsung aja ngucapin Selamat Hari Raya Idul Adha bagi yang merayakannya baik hari ini maupun besok. Ane sendiri besok baru ngerayainnya. Banyak juga yang bertanya kok bisa beda-beda ya? nanti akan ane ulas sedikit mengapa bisa terjadi perbedaan tanggal tersebut, tetapi bukan bermaksud meruncingkan perbedaan, tetapi hanya ingin berbagi pengetahuan. Pertama yang ingin ane tekankan adalah blog  ini bertema lainnya tetapi bukan berarti bertema agama. Boleh aja sih ngomongin tentang agama, tapi bahasan yang santai dengan kajian yang sederhana :).


Sobat sekalian tentu telah mengetahui bahwa Organisasi Muhammadiyah hari ini mengumumkan bahwa Idul Adha 1431 H jatuh pada hari Selasa 16 November 2010, sedangkan Pemerintah dan Nadhatul Ulama mengatakan Idul Adha jatuh pada tanggal 17 November 2010. Jadi dari perbedaan ini, timbullah suatu pertanyaan besar, Mengapa ada perbedaan, bukankah yang namanya tanggal itu seharusnya 1? masak hari ini tanggal 1 besok tanggal 1 lagi atau klo besok tanggal 1 maka hari ini bukan tanggal 1?

Ane pernah menanyakan ini pada H. Rahman Akib, pemimpin sebuah Yayasan Patra Karima. Dia mengatakan bahwa perbedaan ini terjadi karena perbedaan dalam menyikapi sebuah Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbicara tentang "melihat bulan". Muhammadiyah mengartikan melihat bulan ini maksudnya adalah melihat dengan ilmu, jadi mereka menggunakan perhitungan untuk mengetahui apakah bulan sudah muncul atau tidak, jadi sekiranya kita tanya 10 tahun lagi Idul Adha jatuh tanggal berapa? Organisasi Muhammadiyah bisa memperhitungkan posisi bulan, dan menjawab pertanyaan ini.

Sedangkan Nadhlatul Ulama mengartikan kata "melihat bulan" maksudnya adalah melihat bulan dengan mata kepala sendiri baik dengan bantuan alat atau pun tidak. Jadi mereka untuk menentukan Idul Adha secara resmi harus melihat bulannya dulu, klo sudah muncul , itulah Idul Adha. Lalu timbul pertanyaan mana dong yang bener??? Wallahu alam bishshawab, itu sudah menuju kepada keyakinan masing-masing. Bukankah kita beragama ini karena kita yakin dan percaya bahwa Allah SWT itu ada.

Itulah gan sekilas yang ane ketahui tentang perbedaan yang terjadi dalam menetapkan Hari Raya Idul Adha 1431 H, sekali lagi kita jangan memperuncing perbedaan, tetapi perkuatlah jaringan silaturahmi antar manusia. KIta jangan lupa bahwa kita memiliki hubungan dengan Allah dan juga hubungan dengan manusia. Jadi dengan Semangat Idul Adha 1431 H, kita bersatu padu untuk memperdulikan mereka yang membutuhkan.

Wassalam dan tetap mencoret!


6 komentar:

  1. pertama2 mau ngucapin selamat Idul Adha dulu,,,
    memang Muhammadiyah udah duluan Sholat td pagi disebabkan karena sudah wukuf di Arafah pd hari senin (CMIIW)

    tp aku td ikutan kurban sama org muhammadiyah,,,
    tp sholatnya besok :D

    BalasHapus
  2. jadi dirimu dobel nur, kawan sekost ku sholat id hari ini, memang sempat terpikir juga, sampai kapan perbedaan ini berakhir :D

    BalasHapus
  3. iya bg,aku ikutin aja smuanya,rencana besok mau kurban lg :D

    BalasHapus
  4. enakla dirimu nur, banyak jadi dapet daging kurban....

    BalasHapus
  5. kan dibagi2 lg bg,,,
    kalo mau dtg aja ke rmh :p

    BalasHapus
  6. hahahha, itu lah dirimu nur, aku belum dapat juga daging kurban, tapi gak papa nur, dapet pun aku bingung mau dikemanakan

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa