Minggu, 14 November 2010

Semakin Buncit Semakin Cepat Pikun


Jika Anda memiliki perut buncit maka berhati-hatilah karena selain dapat beresiko terkena jantungan, stroke juga kencing manis tetapi juga penyakit alzheimer, demensia (pikun). tapi bukan berarti anda yang langsing tidak terkena, yang langsing pun bisa kena penyakit pikun tetapi persentase nya jauh lebih kecil.




Penelitian yang dilakukan oleh Ratchel Whitmer yang dilaporkan dalam jurnal Neurologi mengatakan kegemukan bisa menimbulkan pikun. Penyebabnya adalah timbunan lemak yang menumpuk pada bagian dalam. Penelitian ini dilakukan dengan 6.583 pria dan wanita usianya 40-45 tahun antara tahun 1964-1973. Penelitian itu mengukur ukuran perut mereka , berapa selisih dari keadaan perut normal. jika selisihnya sekitar 10 inchi maka dianggap berisiko tinggi untuk terkena pikun. dan hasilnya adalah sekitar 1049 (perutnya buncit) dari 6583 wanita dan pria tadi berpotensi untuk menjadi pikun.

Hasil penelitian itu adalah :
  • Partisipan dengan berat badan normal, tetapi perutnya membuncit , 89 persen lebih berisiko menderita demensia (pikun).
  • Mereka yang kegemukan, 82 persen lebih berisiko dibanding mereka yang perutnya kecil, tetapi dua kali lebih berisiko jika perutnya membuncit.
  • Orang gemuk 81 persen lebih berisiko jika perutnya kecil, tetapi tiga kali lebih berisiko jika membuncit.


Whitmer kemudian menjelaskan bahwa ukuran perut buncit tidak ada ukuran yang pasti, tetapi mereka yang memang buncit dapat merasakan bahwa mereka buncit. Senada dengan pernyataan ini, DR. Jose Luchsinger dari Columbia University Medical Center di New York ,meneliti hubungan antara kegemukan dan Alzheimer menambahi dengan membuat pernyataan bahwa hal itu sangat masuk akal orang gemuk kadar insulinnya tinggi. Dr. Samuel Gandy, Ketua Dewan Penasihat Medis dan Ilmiah Asosiasi Alzheimer juga mengatakan penelitian ini cocok dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan karakteristik orang yang hidup di abad pertengahan cenderung mudah terkena pikun

Jadi jika sudah saat nya kita berfikiran maju untuk menghilangkan pikun, jangan cuma perut yang dimajuin :D.

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :

3 komentar:

  1. Nur Wae :
    kalo bisa buat tips cara menghilangkan perut buncit jg biar bisa sekalian dipraktekin :)

    BalasHapus
  2. oke nur, masukan mu dalam proses, ntar kucari dulu referensi yang mantaf :)

    BalasHapus
  3. ironi berita penelitian :), yah begitulah klo "berita penelitian:D

    http://nurrahmanarif.wordpress.com/2010/05/01/ironi-berita-penelitian/

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa