This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Jumat, 12 November 2010

Tips Mencegah dan Mengatasi Mata Bintitan



Mata adalah indera peglihatan yang sangat penting, menurut Dr.Tjahjono D.Gondhowiardjo, Sp.M. 83% informasi yang kita dapatkan berasal dari mata. Mata memang anugerah Tuhan yang maha Kuasa yang banyak sekali manfaat nya. Istilah mata pun banyak dihubungkan dengan yang lain, seperti mata hati, mata kaki, mata-mata, dll. Kali ini mata mana yang akan kita bahas, yang akan kita bahas adalah mata, sang indera penglihatan.



Seringkali orang berfikir bahwa jika mata terkena bintitan itu artinya orang itu hobi mengintip orang yang sedang xxxx :D . Tapi itu salah besar dan hanya sekedar mitos untuk menakut-nakuti agar kita tidak suka mengintip, tapi lihatlah  secara terang terangan hehehhe , ane juga gak menganjurkan anda sekalian untuk mengintip :D . Penjelasan ilmiah bintitan terjadi karena infeksi pada akar bulu mata. Daripada rasa sakit, bintitan lebih mengarah kearah rasa malu, selain karena penyakit ini didaerah terbuka yaitu di mata , rasa malu ini juga disebabkan karena mitos yang telah berhembus tentang bintitan.Bintitan juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tindakan Preventif lebih baik daripada kuratif, Mencegah lebih baik daripada mengobati. Inilah sedikit langkah-langkah untuk mencegah bintitan :

1. Jaga kebersihan


Ini udah pasti harus dijaga gan, selain mencegah bintitan juga mengatasi penyakit lainnya. Seperti kata pepatah Bersih Pangkal Sehat, jika kita bersih kita sehat. Dalam hal Bintitan maka menjaga kebersihan dapat meminimalisir bakteri untuk menginfeksi atau melakukan peradangan pada kelopak mata.

2. Sering mencuci tangan

Tanpa kita sadari sering kali kita mengucek mata kita yang terasa gatal, dan tanpa kita sadari juga bakteri yang menempel ditangan kita telah berpindah ke mata dan memicu bintitan, maka sering-seringlah untuk mencuci tangan anda minimal jika anda ingin mengucek mata anda, pergunakanlah tisu bersih dan kucek mata dengan lembut dan hati-hati, mengingat mata adalah organ lunak dan vital bagi kehidupan.

3. Waspada jika mata sering gatal

Jika Mata sering gatal maka jangan menguceknya terlalu sering, mengucek mata hanya akan menyakiti mata (mirip iklan :D) dan menyebabkan peradangan. Ambillah kompress atau tetesi dengan obat tetes mata atau bersihkan dengan cara mengalirkan air bersih ke mata/menceburkan mata ke air bersih sambil mengedip-ngedipkannya. Madu pun sangat efektif untuk membersihkan mata. ada obat tetes mata yang terbuat dari madu bernama "OTEM" tetapi sedikit perih pada awalnya.(Bukan bermaksud Iklan :D)


4. Mengistirahatkan mata

Ya, Mata juga perlu istirahat apalagi jika anda sering banyak membaca, kurang tidur, bekerja dengan komputer, nonton tv, atau seorang gamer sejati, yang menyebabkan mata cepat lelah, gatal dan terjadi peradangan. Siapkan waktu yang cukup untuk mata beristirahat. Memutar-mutar bola mata juga efektif untuk mengurangi rasa lelah pada mata.

5. Lindungi mata

Jika di daerah banyak debu dan asap maka segera lindungi mata anda, gunakanlah pelindung seperti kacamata, helm berkaca, dll agar mata tidak mudah teriritasi. BTW, itu gambar sekalian yang bening bening :D

Berikut ini adalah langkah-langkah pengobatan jika anda sudah terkena Bintitan : 

  • Biarkan hingga bintitan sembuh sendiri sekitar 1 minggu.
  • Kompres dengan handuk hangat kira-kira 15 menit 1-2 kali sehari untuk mempercepat kesembuhan.
  • Periksa dokter bila hordeolum besar sampai menyentuh bola mata dan mata menjadi merah, atau bila kambuh.

Pengalaman pribadi ane sendiri, gara-gara bintitan yang tidak kunjung sembuh bintitan menjadi besar seperti kelereng dan terpaksa dioperasi kecil untuk mengangkat nanah bintitan tadi. :(. Jadi sayangilah mata anda dengan melindunginya dari hal-hal yang bisa menyebabkan peradangan atau infeksi.

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :
http://www.dechacare.com/Tips-Mencegah-Mata-Bintitan-I977.html
http://conectique.com/tips_solution/health/disease/article.php?article_id=3178

9 komentar:

  1. wah nais info gan, baru tau ane klo secara ilmiah bintitan terjadi karena infeksi pada akar bulu mata. asli!..waktu Sekolah ane sering banget bintitan sampe diledekin temen2,banyak orang tua yang kasih saran di olesin potongan bawang putih aja biar cepet sembuh setelah ane cobain duh perihnya minta ampun tp ga juga sembuh,,akhirnya ya ane biarin sembuh sendiri. tapi alhamdulilah sekarang ane udah ga prenah lagi..:)

    BalasHapus
  2. @ wah baguslah klo gitu gan, rata-rata memang kita pernah kena bintitan ada yang sembuh sendri dan ada juga yang harus diangkat dengna operasi kecil, thx dah mampir

    BalasHapus
  3. Ane belom pernah bintitan gan, gak suka ngintip sih ane .Btw nais inpoh bgt gan tambah ilmu lagi
    http://www.kaskus.us/reputation.php?p=308676831

    BalasHapus
  4. aku baru aja mengalami yang namanya bintitan,seumur-umur, dan langsung kebingungan karena beberapa hari setelahnya ada jadwal sidang akhir (itu mengurangi performa pastinya)
    akhirnya disaranin untuk diolesi bawang putih, emang awalnya perih, tapi di kasi terus, dan alhasil bintitan tidak membesar dan akhirnya sembuh dan nggak kerasa sakit lagi hanya dalam waktu 3 hari
    tapi yang jadi pertanyaan adalah, bintitannya meninggalkan benjolan kecil di kelopak mata dan keras, tapi tidak sakit...
    itu sekarang yang jadi masalah, gimana cara menghilangkannya ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman pribadi ane, memang setiap kita bintitan maka akan meninggalkan bekas sekecil apapun, ada yang kelihatan ada juga yang tidak, namun dokter spesialis mata dengan alatnya dapat mengetahui bekas-bekas tersebut. jika memang tidak sakit dan tidak membesar juga tidak mengganggu maka itu tidak pernah menjadi masalah namun jika memang mengganggu maka saran saya adalah dengan mengunjungi dokter spesialis mata, karena mata adalah organ vital....

      Hapus
    2. Halo Mas,

      Boleh tau ga kemarin operasinya d RS mata, dokter apa serta biayanya?

      Dan kalau boleh tau, pasca operasi bekasnya spt apa ya? Ada fotonya ga :)). Share dunk :)

      Salam kenal,
      Dini

      Hapus
    3. Saudara Dini, Salam Kenal juga
      Kemarin saya berobat Di RS MAta Sriwijaya Centre di Palembang, Nama Dokternya saya lupa, Biayanya kena Sekitar 600.000 untuk operasi dan sekitar 100.000 untuk menebus obat.

      Hapus

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...