Rabu, 10 November 2010

Tips Mengatasi dampak Abu Vulkanik


Abu vulkanik adalah abu yang keluar dari gunung meletus, akhir-akhir ini telah terjadi dua gunung meletus di Indonesia, yaitu Gunung Sinabung di Pulau Sumatera dan Gunung Merapi di Pulau Jawa. Dan dikhabarkan daerah-daerah yang lain pun gunung berapinya udah banyak yang aktif, dengan kata lain kita tinggal menunggu kapan gunung berapi yang aktif itu meletus. Seperti bom waktu :( 

Abu vulkanik sangat berbahaya karena jika masuk kedalam paru-paru akan mengganggu pernafasan, dan abu ini ukurannya sangat kecil sehingga dapat masuk melalui kasa-kasa yang kecil sekalipun. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi dampak dari Abu Vulkanik  


1. Jauhkan dan tutup benda-benda
Jauhkan benda-benda penting yang kita pakai atau kita konsumsi dari abu vulkanik, seperti air minum, pakaian, tempat tidur dsb, juga tutuplah semua benda dengan selimut atau kain sehingga tidak menempel pada benda tersebut sampai abu hilang dari lingkungan sekitar. 

2. Minimalkan penyebaran
Sebisa mungkin minimalkan penyebaran abu di tubuh kita, gunakan masker debu, filter, kain basah, saputangan untuk menutup hidung, dan kurangi perjalanan, keluarlah jika memang betul-betul penting.

3. Bersih-bersih 
Setelah Abu jatuh dan hilang maka segera bersihkan sisa-sisa abu abu tersebut, karena sifat Abu mudah terbang ke udara, jika tidak segera dibersihkan maka dikhawatirkan akan tercium atau jatuh ke air minum.

4. Cari Informasi
Kumpulkan Informasi secepatnya dan sebanyak-banyaknya tentang aktivitas gunung berapi. carilah informasi mengenai seberapa besar abu yang jatuh dan juga prosedur evakuasi, jika memang kondisinya darurat

5. Siapkan bekal penting
Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja didaerah bencana maka selagi sempat siapkan semua bekal-bekal penting. Jika nanti ada evakuasi mendadak maka anda tidak panik. Bekal yang penting misalnya makanan, air, obat-obatan, dan tempat tinggal, masker debu dan peralatan perlindungan lainnya seperti kendaraan angkut.

6. Sebarkan Informasi
Jika kita mendapat informasi maka segera sebarkan ke masyarakat sekitar agar anda bahu-membahu dalam menghadapi ini. misalnya Informasi tentang bersih-bersih sewaktu Abu vulkanik dalam skala kecil di daerah anda,maka siramkanlah air sesering mungkin ke jalan agar abunya tidak ikut terbang terbawa udara.

7. Waspada dan berdoa
tetaplah waspada jangan sampai anda panik sehingga tidak sempat menyelamatkan diri sendiri dan orang disekitar anda. Berdoalah Kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena segala sesuatu telah digariskannya, kita sebagai makhluknya hanya berusaha melakukan yang terbaik.

Itulah Tips nya semoga berguna untuk kita sebagai pengetahuan, dan untuk mereka yang terkena abu vulkanik semoga dapat diambil pelajaran dari artikel ini dan diberi kesabaran. Amin!.

Referensi :
http://www.dechacare.com/Tips-Untuk-Mengatasi-Dampak-Abu-Vulkanik-I1002.html

4 komentar:

  1. wah nice info bgt gan.. berguna bgt :beer:

    BalasHapus
  2. Info bagus Gan..... dan point no 7 lah sebenarnya yang sangat berguna dan paling manjur... ^_^ (putu1805)

    BalasHapus
  3. infonya bner2 bermanfaat gan..
    Point no 4 memang harus sring dilakukan? yaitu mencari informasi...

    BalasHapus
  4. bener ini terutama peneybaran pake masker kacamata,cz klo kena mata perihnya minta ampun...

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa