This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Monday, 6 December 2010

Cara mematikan Klik Kanan pada Blog Blogger


Kali ini ane ingin berbagi tentang cara mematikan klik kanan. mengapa perlu dimatikan? apa gunanya? ini untuk mencegah para tukang copas menjarah properti tulisan kita =)), sekaligus mengajari mereka untuk tidak hanya bisa copy paste dalam mengisi blog atau web mereka. Tapi ini hanya berguna untuk para Newbie gan, karena hanya mengunci klik kanan, jadi untuk mereka yang telah mahir, hal ini masih bisa ditembus :D. Cara ini tergolong sangat mudah sekali karena anda tidak perlu mengutak-atik template anda, banyak tutorial yang mengharuskan anda untuk mengutak-atik template anda dan tentu saja membuat jadi ribet. Maka jika anda ingin cara mudah anda sangat tepat sekali berada di blog ini. :>

Lakukanlah langkah-langkah berikut untuk mematikan/mengdisablekan klik kanan pada blog anda :

Sebelum melangkah lebih jauh membaca Tutorial ini maka ane mengasumsikan bahwa anda sudah bisa log in ke blogger dan menambahkan gadget pada blogger, jika belum bisa maka ada kabar baik dan kabar buruk bagi anda. Kabar baik nya adalah ane akan membuatnya, dan kabar buruknya ane akan membuatnya dilain kesempatan dan untuk sementara silahkan anda tanya eyang google :)).
oke jika anda sudah bisa ,kita lanjut >>>

- Log in ke blogger (anda sudah bisa kan ? :D)
- setelah log-in menuju Dasbor-rancangan tambah gadget - html/javascript (yang ini juga anda sudah bisa kan :"> ). pada judul kosongkan saja dan pada konten, copy paste kode berikut : 

<script language="JavaScript">
<!--
//Disable right mouse click Script
//By Maximus (maximus@nsimail.com) w/ mods by DynamicDrive
//For full source code, visit http://www.dynamicdrive.com
var message="Ups Maaf Klik kanan kami kunci";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){
if (event.button==2){
alert(message);
return false;
}
}
function clickNS4(e){
if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){
if (e.which==2||e.which==3){
alert(message);
return false;
}
}
}
if (document.layers){
document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);
document.onmousedown=clickNS4;
}
else if (document.all&&!document.getElementById){
document.onmousedown=clickIE4;
}
document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")
// --> 
</script>

- Pada kata "Ups Maaf Klik kanan kami kunci" , kata-kata ini adalah pesan sewaktu sang user mengklik kanan blog anda, bisa anda ubah sesuka hati anda misalnya "Hayo mau ngapain?" atau yang lainnya. Setelah itu simpan gadget dan simpan sekali lagi untuk menyimpan rancangan blog.

- Selesai. Tinggal memastikannya saja dengan cara buka blog anda dan klik kanan lah disitu. lihat apa yang terjadi, jika berhasil akan muncul pesan tadi. jika belum berhasil maka pastikan bahwa halaman web telah terload dengan sempurna, dan anda meng enable javascript pada broswer anda, jika belum bisa juga maka coba ulangi lagi langkah-langkah diatas, jika belum bisa juga " Selamat Anda belum beruntung" =)).

Mudah dan simple bukan?. Selamat mencoba dan semoga berguna! :-h
Wassalam dan tetap mencoret!




2 comments:

  1. wahh nice info patut di coba :)
    bisa berfungsi sebagai efek jera bagi tukang "COPAST"

    link reputation : http://www.kaskus.us/member.php?u=2214649

    ReplyDelete
  2. @andi, benar sekali gan, ukang copas harus ditumpas dari muka bumi :D

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...