This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Monday, 13 December 2010

Kanker Paru-Paru




Sobat sekalian pasti sudah tau paru-paru, salah satu organ vital dalam pernapasan. Bagaimana klo organ itu terkena kanker?? klo ane secara pribadi membayangkan aja ngeri :(, maka kali ini mari kita sedikit mengupas tentang Kanker Paru tersebut. Setidaknya yang perlu kita dalami adalah penyebabnya, jika kita tau penyebabnya tentu kita tau cara mencegahnya bukan :). Ayo kita kupas artikel ini :D :


Pengertian
Kanker Paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di dalam paru-paru. Sel Kanker adalah sel yang memiliki kelainan dari sel yang normal, sel ini memiliki kemampuan merusak seperti pembelahan sel nya melebihi batas normal atau tak terkendali, menyerang jaringan biologis didekatnya, dapat melakukan metastasis yaitu berpindah ke jaringan lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. . Kanker paru ini ada yang bersifat jinak, diplasia, dan ada juga yang ganas. Ngeri kan :(

Penyebab
Penyebab utama adalah karena merokok, hampir 90% penderita pria dan 70% pada penderita wanita dikarenakan merokok, baik perokok pasif maupun perokok aktif. maka berhati-hatilah bagi anda yang tidak merokok tetapi sering menghisap asap rokok karena sobat sekalin pun beresiko untuk menderita penyakit ini. Penyebab yang lainnya yaitu resiko terhirup zat yang ditemui selama pekerjaan seperti pekerjaan yang berhubungan dengan asbes, radiasi,arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok. Lagi-lagi penderitanya adalah si Perokok :>.

Gejala
Gejala-gejala Kanker Paru adalah :
  • Batuk yang terus menerus dan semakin menjadi
  • Dahak berdarah, berubah warna dan semakin banyak
  • Napas terasa sesak dan pendek-pendek
  • Sakit Kepala, Nyeri, retak tulang dengan sebab GAJEBO (GAk JElas BO' :)))
  • Kelelahan kronis
  • Nafsu Makan berkurang dan berat badan juga berkurang
  • Suara serak/Parau
  • Wajah atau leher mengalami pembengkakan
Gejala ini sangatlah sulit dikenali, menurut pengalaman para penderita mengetahui penyakit ini dari pemeriksaan kesehatan rutin. Umumnya gejala ini diketahui setelah penyakitnya berada di stadium lanjut. Maka berhati-hatilah jadi jika kocek anda sanggup apa salahnya untuk check up secara rutin :">.

Diagnosis Dokter
Para Dokter biasanya mendiagnosa Penderita kanker paru dengan jalan foto X-Ray, CT Scan Toraks, Biopsi Jarum Halus, Bronkoskopi, dan USG Abdomen.

Pengobatan
Pengobatan penyakit paru dapat dilakukan dengan jalan :
  • Pembedahan /Operasi : membuang bagian paru-paru dan kelenjar getah bening yang terkena kanker
  • Rontgen dengan radiasi tingkat tinggi untuk membunuh sek kanker
  • Kemoterapi : terapi dengan zat kimia untuk melawan kanker
  • Meminum obat yang memiliki efek samping tertentu, untuk memperlama usia si penderita :(.
Setelah ane membaca dan menuliskan kembali hasil investigasi ane tentang kanker paru, ane hanya ingin mengucapkan penyakit kanker ini penyakit yang mengerikan dan semoga sobat sekalian bisa menghindari penyakit ini. Kenali penyebabnya, Anda bisa mencegahnya. :)


Wassalam dan Tetap Mencoret! :-h
Referensi :

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...