Selasa, 28 Desember 2010

Lupus


Kali ini ane ingin membahas sedikit tentang Lupus, ini bukan cerita novel tapi sebuah kisah tentang nama penyakit. Penyakit ini tergolong langka, aneh dan unik menurut Ane. Mau tau kenapa?? Mari cari tahu, semoga sobat sekalian memiliki pandangan yang sama.

Penyakit lupus adalah penyakit dengan sistem imun (kekebalan tubuh) yang berlebih sehingga tubuh alergi terhadap dirinya sendiri. Sistem kekebalan ini menyerang organ yang sehat juga. Kata Lupus sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya "serigala"  atau "anjing hutan", pertama ane mengira mungkin nama ini menggambarkan sebuah kebuasan dari serangan imun tubuh tetapi setela diteliti lebih lanjut karena penyakit ini memiliki ciri khas yaitu pada penderti terdapat ruam merah berwarna merah berbentuk seperti kupu-kupu , sedangkan pada serigala ruam nya berwarna putih seperti kupu-kupu pada wajah.

Ciri orang yang memiliki penyakit Lupus adalah :
  • Bercak-bercak  merah dibagian wajah dan lengan
  • Panas dan rasa lelah yang berkepanjangan
  • Rambut mudah rontok
  • Persendian sering bengkak
  • Gampang terkena sariawan
  • Kulit mudah gosong terbakar sinar matahari
  • sering merasa lelah, demam dan pegal-pegal
Penyebab dari Penyakit Lupus ini belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat adalah karena faktor keturunan, dan Lingkungan. Wanita usia lanjut lebih rentan terkena resiko penyakit ini. Beberapa Sumber juga menyebutkan merokok adalah salah satu penyebabnya.

Cara kerja penyakit ini adalah sebagai berikut :
  • Antibody atau imun aneh ini akan menyerang sel darah merah sehingga penderita akan mengalami anemia
  • Antibody ini bergabung dengan antigen (perangsang terbentuknya antibody) , dari gabungan ini muncullah kompleks imun,
  • Kompleks imun ini mengalir bersama darah dan kemudian tersangkut di pembuluh kapiler lalu menyebabkan peradangan 
  • Peradangan ini akan berkepanjangan dan mulai mengganggu fungsi organ tubuh lainnya
Pengobatan nya sampai sembuh belum diketahui secara pasti, Dokter berfokus pada pengobatan sementara dan mencegah penyebaran penyakit ini. Hindari penyebabnya adalah jalan yang terbaik untuk mencegah penyakit ini sebelum kita semua menjadi penderitanya.

Jadi dari itu sobat mari kita kenali penyakit nya untuk mencegahnya, atau sobat sekalian memilih untuk menjadi penderita dengan memiliki nama keren dan unik yaitu ODIPUS, Orang yang hidup dengan LUPUS. :)) Lets choose!

Wassalam dan Tetap Mencoret! :-h
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Lupus_eritematosus_sistemik
http://nusaindah.tripod.com/sle.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa