This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Saturday, 11 December 2010

Penyakit Stroke


Kemarin ane disibukkan oleh game Plants vs Zombi, sehingga blog ini sedikit terlupakan :D, dan sekarang waktu nya "KEMBALI KE LAPTOP" buat bikin blog. Klo bicara tentang Stroke, ane jadi teringat dua  hal yang menjadi bagian dari pengalaman hidup ane pribadi. Pertama, Nenek ane meninggal dunia gara-gara stroke semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT sekitar 7 tahun yang lalu, kedua adalah dulu ane punya tetangga bapak-bapak yang kena stroke, tapi dia tidak pernah menyerah dan setiap pagi melatih kakinya untuk berjalan. Sebelum OOT jadi semakin jauh kita langsung aja ke pembahasan nya. :>


Stroke adalah penyakit yang disebabkan karena berkurangnya aliran darah dan oksigen keotak yang disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat, pecah atau sempit yang menyebabkan kematian jaringan otak. Strok terbagi dua yaitu Stroke Iskemik dan Stroke Hemorragik.

Stroke Iskemik
80 persen penderita stroke tergolong Stroke Iskemik. Stroke ini disebabkan  terhentinya keseluruhan atau sebagian aliran darah ke otak karena penyumbatan pembuluh darah. Stroke ini terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu :
  1. Stroke Trombotik: proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
  2. Stroke Embolik: Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
  3. Hipoperfusion Sistemik: Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.
Stroke Hemorragik
Stroke ini disebabkan karena pecahnya pembuluh darah. Kurang lebih 70 % dari penderita stroke Hemorragik disebabkan karena Hipertensi. Stroke ini terbagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
  2. Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak).
Gejala-Gejala Stroke
Gejala-gejala Stroke adalah :
  • otot menjadi lemah, kaku dan menurunnya fungsi sensorik (Bagian Sistem saraf pusat)
  • menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah (bagian batang otak)
  • kehilangan kemampuan untuk berbicara dan mengerti pembicaraan karena kelainan pada otak(aphasia), Hilangnya kemampuan untuk menjalankan suatu gerakan (apraxia), daya ingat menurun, pengabaian Iapangan pandang sisi kiri(hemineglect), kebingungan (Bagian Celebral Cortex)
Penyebab Stroke
Penyebab Stroke terbagi dua yaitu Tak terkendali dan terkendali :
  • Tak terkendali misalnya Usia, Jenis Kelamin, dan Faktor Keturunan
  • Terkendali misalnya Hipertensi, Penyakit Jantung, Diabetes, Kadar Kolesterol Darah, Merokok, Alkohol berlebihan, Obata-obatan terlarang, Cedera kepala dan leher, dan Infeksi

Itulah dulu sobat sekalian yang bisa ane share sekarang, sekilas tentang penyakit stroke. Semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua untuk dapat menghindari penyakit ini. :)


Wassalam dan Tetap Mencoret!:-h
Referensi :

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...