This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Friday, 31 December 2010

Penyebab Rambut Berminyak



Sebenarnya semua rambut memiliki minyak, tetapi ada yang normal dan ada juga yang berlebih, hal ini disebabkan karena didalam folikel(kantung) rambut terdapat akar dan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum (minyak) yang berguna untuk menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan berkilap. Jika dalam keadaan normal maka ini tidak masalah, tetapi jika berlebih maka ini akan menimbulkan masalah seperti rambut tampak lepek, tidak bersinar, dan terlihat menggumpal dan kotor. Hal ini tentu menjadi penghambat kepercayaan diri dan memiliki pengaruh dalam pergaulan.


Penyebab Minyak berlebih adalah karena terlalu aktifnya kelenjar sebaceous dalam menghasilkan minyak. Hal ini disebabkan oleh :

  • Perubahan Hormon
  • Perubahan ini bersifat sementara, biasanya disebabkan oleh pubertas, monopause, stress, konsumsi obat hormon(obat kontrasepsi oral). Pada masa itu kelenjar sebaceous akan dipicu untuk lebih aktif.
  • Genetik
  • Hal ini menyebabkan seseorang memiliki minyak berlebih sepanjang hidup karena disebabkan faktor gen.
  • Faktor Linkungan
  • Faktor lingkungan seperti udara panas, udara lembab, keringat, asap dan make up yang berlebihan pun dapat menyebabkan minyak berlebih.
Cara Pengobatan nya adalah sebagai berikut :
  1. Pilihlah Shampo yang tepat, dan berkeramaslah tiap hari. Untuk hasil maksimal gunakan shampo yang mengandung detergen, pijatlah dengan lembut saat keramas, dan diamkan beberapa menit sebelum membilas bersih, ulangi secukupnya kegiatan ini.
  2. Gunakan kondisioner yang bebas minyak dan gunakan cukup di ujung rambut tampa menyentuh kulit kepala
  3. Jangan terlalu sering menyisir, jika menyisir jangan sampe ke kulit kepala karena hal ini dapat juga merangsang produksi minyak berlebih
  4. Setelah mencuci rambut, bilaslah dengan segelas air yang telah ditambahkan satu sendok cuka atau satu sendok lemon
  5. Jika usaha diatas tidak berhasil maka segera konsultasikan ke dokter.
Sebagai tambahan terakhir jika dokter anda juga menyerah maka sebaiknya anda menjual kelebihan minyak tersebut kepada negara-negara yang kekurangan minyak untuk di ekspor :)).


Wassalam dan Tetap Mencoret! :-h

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...