Jumat, 31 Desember 2010

Penyebab Rambut Berminyak



Sebenarnya semua rambut memiliki minyak, tetapi ada yang normal dan ada juga yang berlebih, hal ini disebabkan karena didalam folikel(kantung) rambut terdapat akar dan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum (minyak) yang berguna untuk menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan berkilap. Jika dalam keadaan normal maka ini tidak masalah, tetapi jika berlebih maka ini akan menimbulkan masalah seperti rambut tampak lepek, tidak bersinar, dan terlihat menggumpal dan kotor. Hal ini tentu menjadi penghambat kepercayaan diri dan memiliki pengaruh dalam pergaulan.


Penyebab Minyak berlebih adalah karena terlalu aktifnya kelenjar sebaceous dalam menghasilkan minyak. Hal ini disebabkan oleh :

  • Perubahan Hormon
  • Perubahan ini bersifat sementara, biasanya disebabkan oleh pubertas, monopause, stress, konsumsi obat hormon(obat kontrasepsi oral). Pada masa itu kelenjar sebaceous akan dipicu untuk lebih aktif.
  • Genetik
  • Hal ini menyebabkan seseorang memiliki minyak berlebih sepanjang hidup karena disebabkan faktor gen.
  • Faktor Linkungan
  • Faktor lingkungan seperti udara panas, udara lembab, keringat, asap dan make up yang berlebihan pun dapat menyebabkan minyak berlebih.
Cara Pengobatan nya adalah sebagai berikut :
  1. Pilihlah Shampo yang tepat, dan berkeramaslah tiap hari. Untuk hasil maksimal gunakan shampo yang mengandung detergen, pijatlah dengan lembut saat keramas, dan diamkan beberapa menit sebelum membilas bersih, ulangi secukupnya kegiatan ini.
  2. Gunakan kondisioner yang bebas minyak dan gunakan cukup di ujung rambut tampa menyentuh kulit kepala
  3. Jangan terlalu sering menyisir, jika menyisir jangan sampe ke kulit kepala karena hal ini dapat juga merangsang produksi minyak berlebih
  4. Setelah mencuci rambut, bilaslah dengan segelas air yang telah ditambahkan satu sendok cuka atau satu sendok lemon
  5. Jika usaha diatas tidak berhasil maka segera konsultasikan ke dokter.
Sebagai tambahan terakhir jika dokter anda juga menyerah maka sebaiknya anda menjual kelebihan minyak tersebut kepada negara-negara yang kekurangan minyak untuk di ekspor :)).


Wassalam dan Tetap Mencoret! :-h

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa