This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Friday, 28 January 2011

5 Jenis Sakit Kepala


Sakit Kepala, hampir semua orang pernah mengalaminya. Penyakit ini adalah penyakit semua kalangan dan semua umur, tidak memandang, tidak memandang jabatan, tidak peduli tua dan muda. Kita sering menganggap remeh penyakit ini, padahal dari referensi yang ane baca, penyakit ini banyak jenisnya dari mulai yang ringan sampai yang berat. Berikut adalah 5 jenis sakit kepala :

  • Vaskular
  • Vaskular salah satu penyebab migrain. Dalam keseharian, sakit kepala jenis ini disebut migrain. Penyebabnya adalah pembesaran pembuluh darah di dalam kepala. Migrain banyak dialami oleh wanita. Ciri-ciri penyakit ini adalah rasa berdenyut-denyut di salah satu sisi bagian kepala (sering disebut sakit kepala sebelah) atau kedua sisi kepala. Penyakit ini bisa bersifat kambuh, masa penyembuhan adalah 4-72 jam. Rasa sakit yang diderita dari mulai sedang sampai parah. Gejala lain dari migrain adalah mual, muntah dan sensitif terhadap cahaya atau suara.
  • Cluster
  • Sakit kepala ini termasuk salah satu sakit kepala vaskular. Hanya saja jika migrain lebih banyak menyerang wanita, sakit kepala ini lebih sering menyerang pria. Rasa sakit yang parah bisa berlangsung antara 15 - 180 menit. Biasanya menyerang salah satu bagian kepala, dibelakang mata, atau pada daerah pelipis. Sakit kepala biasanya terjadi pada saat-saat tertentu, selama 4-8 minggu.
  • Myogenik
  • Sakit Kepala jenis ini yang sering dialami banyak orang yang sedang bekerja. Gejala yang sering terasa selain pusing adalah leher dan pundak terasa kaku bahkan beberapa orang terkadang menghilangkan nafsu makan. Hal ini sering dianggap karena ketegangan otot dileher, pundak, kulit kepala, dan rahang. Rasa sakit yang dirasakan dari mulai ringan sampai sedang.
  • Peradangan
  • Sakit kepala jenis sudah tergolong parah karena telah menyebabkan peradangan dalam kepala. Biasanya disebabkan oleh sinus dan meningitis (dua istilah ini berkaitan erat dengan daerah sekitar kepala).
  • Traction
  • Sakit Kepala ini adalah yang tergolong parah karena disebabkan adanya penekanan struktur dan pembuluh darah di kepala. Biasanya disebabkan oleh Tumor Metastatik ( Tumor maligna yang menyebar ke bagian lain), abses, atau hematoma (pembengkakan lokal yang terisi darah). Rasa sakit akan lebih parah saat pagi hari, saat batuk, dan saat buang air kecil atau mengejan.
Itulah sekilas tentang jenis-jenis sakit kepala, ane mau sholat jum'at dulu :).

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :

3 comments:

  1. ohh jad banyak ya jenis penyakit kepala yg saya tau uma sakit kepala sebelah sama migren :D nih gan ane anak kaskus id ane ralfiishere ini linknya www.kaskus.us/member.php?u=1746779

    ReplyDelete
  2. Ane suka migran ne gan..
    Kira2 knp ya..??

    (timpuk cendol donk http://www.kaskus.us/reputation.php?p=357608204 )

    ReplyDelete
  3. @anonim, migran disebabkan oleh hal yang telah dijelaskan di vaskular gan, pembesaran pembulouh darah dikepala

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...