Rabu, 05 Januari 2011

Menyikapi Kegagalan


Beberapa hari yang lalu ane menonton sebuah acara di sebuah televisi swasta yang membahas tentang motivasi dengan tema "Kegagalan". Acara nya seputar tentang pertanyaan dari para pemirsa yang menanyakan tentang solusi dari sebuah kegagalan. Tidak lama ane menonton ini hanya beberapa menit saja tetapi ada sedikit yang bisa ane share disini.

Ane mencoba menarik sebuah resume dari hasil tontonan tersebut yaitu bagaimana kita menyikapi sebuah kegagalan. Siapapun tidak ingin gagal, siapapun ingin apa yang direncanakannya sukses. Tetapi sesuai kata pepatah "Man Proposes God Disposes" "Manusia berencana tuhanlah yang menentukan", rencana sudah disusun tetapi malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih akhirnya kegagalan lah yang menerpa.


Banyak yang langsung putus asa, hilang semangat, kecewa bahkan ada juga yang langsung memutuskan untuk bunuh diri dalam menghadapi kegagalan. Betapa sangat mengecewakan, segala usaha yang telah kita lakukan, segala rencana yang telah kita susun, kerja keras telah dilakukan, tetapi kita harus menelan pil pahit dari yang kita kerjakan itu. Tetapi sobat sekalian seberapa burukpun kegagalan yang kita hadapi, harus kita hadapi dengan  ketenangan, jangan memutuskan disaat suasana hati lagi galau.--bijak mode on--

Solusi terbaik dalam menyikapi kegagalan adalah dengan belajar dari kegagalan itu. Apa penyebabnya sehingga kita bisa gagal dan kita ambil pelajaran agar penyebab itu tidak kita ulangi dikemudian hari, dan juga menyebarkan nya kepada orang lain, agar orang lain pun tidak mengalami kegagalan. Buatlah catatan kecil, seperti dibawah ini :

Kenapa saya bisa gagal???

  1. karena....
  2. karena..
  3. dst.
Itulah sedikit share kepada sobat sekalian cara untuk menyikapi sebuah kegagalan, yakinlah bahwa Tuhan tidaklah menguji kita melebihi kemampuan kita.

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa