This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Monday, 31 January 2011

Tips Sehat sewaktu di Kantor


Kerja kantoran memang diminati banyak orang, sepintas sangat lah enak sekali hanya tinggal duduk diruangan, tulis menulis, lalu beraktivitas didepan monitor. Tetapi benarlah kata pepatah " All Glitters is not Gold, semua yang berkilat belum tentu emas", " Sepintas kelihatan enak, tapi dari segi kesehatan kerja kantoran terkadang menimbul efek "Sick Office Syndrom, gejala penyakit kantoran", kurang bergerak, mata cepat lelah, badan mudah pegal, dan sering lemas atau mengantuk. Berikut beberapa tips agar kita tetap sehat walau bekerja dikantor.

  • Pencahayaan yang cukup
  • Usahakan tempat anda bekerja memiliki cahaya yang cukup, seperti cahaya dari sinar langsung atau lampu pijar yang cukup terang, sehingga mata anda tidak perlu bekerja ekstra untuk melakukan sesuatu. Jangan segan-segan untuk mendapatkan cahaya tambahan jika memang suasana kerja di kantor kita agak gelap.
  • Pertukaran udara yang baik
  • Pertukaran udara yang baik juga membantu kita dalam bekerja, bayangkan jika ruangan kita sumpek, penuh dengan debu dan kotoran kecil, bau-bau yang khas sering tercium maka itu artinya pertukaran angin di ruangan kita kurang baik. Usahakanlah ruangan anda memiliki ventilasi atau jendela yang bisa dibuka tutup untuk membantu pertukaran udara yang lebih baik
  • Matikan Alat-alat elektronik jika tidak dibutuhkan
  • Mematikan alat-alat yang listrik yang tidak dibutuhkan jika sangat berguna untuk meminimalkan pengaruh buruk bagi kesehatan. Seperti contoh Beberapa barang seperti Laptop, PC, mesin fotokopi , mesin fax dan lainnya dapat berdampak buruk terhadap penyakit hipertensi, kegelisahan dan tidak enak badan. Selain baik untuk kesehatan, hal ini juga bersifat ekonomis (hemat biaya) dan efektif (khususnya unutk mewujudkan Go Green, gerakan untuk menyelamatkan bumi dari global warming
  • Siapkan tanaman yang bermanfaat di sekitar ruangan
  • Menurut penelitian beberapa tanaman dapat menyerap zat pollutan berbahaya yang berada di ruangan yang tersebar diudara. Ruangan kita menjadi sejuk dan mata kita pun lebih sehat jika sering melihat warna tanaman hijau. Selain agar lebih sehat, tanaman ini juga dapat memiliki nilai seni yaitu memperindah ruangan
  • Minimalkan Penggunaan AC
  • AC adalah tidak baik untuk kesehatan, kulit lebih cepat kering dan pecah-pecah juga membuat wajah lebih keriput. Lebih baik menggunakan kipas angin, sehingga pertukaran udara dapat terjadi. Jika terpaksa menggunakan AC maka kecilkanlah atau minimalisir penggunaannya.
  • Jangan Merokok diruangan kantor
  • Merokoklah ditempat yang seharusnya, ditempat yang telah disediakan, rawatlah ruangan anda agar terhindar dari hal-hal buruk. Jadi jika ruangan anda steril maka bekerja pun dapat nyaman. Kalau anda bisa maka kurangilah merokok dan berhentilah merokok, selain tidak ada faedahnya, dengan merokok anda juga membagi racun dengan orang disekitar anda.
  • Perhatikan bahan-bahan yang digunakan 
  • Cobalah cek bahan-bahan yang digunakan diruangan anda apakah berbahaya atau tidak. Bahan-bahan yang terbuat dari zat kimia seperti pembersih ruangan juga mengandung resiko bahaya yang tinggi. Jadi jika bisa gunakanlah pembersih yang kadar zat kimianya mudah hilang atau dapat dibersihkan dengan cepat
  • Istirahatkan mata sejenak
  • Mengistirahatkan mata juga sangat penting, jika telah lama di depan komputer maka cobalah untuk melihat ke sekeliling ruangan selama 20 detik dalam jarak kurang lebih 20 meter setiap 20 menit. Tehnik ini yang sering dinamakan dengan tehnik 20/20/20.

Itulah yang dapat ane tulis pada malam yang cerah ini, saatnya tidur!zzzzzzzz

Wassalam dan Tetap Mencoret!:-h
Referensi :

4 comments:

  1. Tips seperti ini yg sgt dibutuhkan, apalagi sy pribadi tiap hari bekerja didalam ruangan yg nota bene juga butuh hidup yg sehat.

    ReplyDelete
  2. @domain seep gan lanjutkan perjuangan untuk menjadi sehat

    ReplyDelete
  3. @nivemenworld, thx gan dah mampuir

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...