Senin, 07 Februari 2011

Tahukah Kawan???


Tahukah Kawan, apa yang paling besar dalam hidup ini? Bukan daratan, bukan lautan bahkan bukan bumi ini. Yang paling besar adalah nafsu, nafsu dapat bertahan dalam panas, nafsu juga dapat bertahan dalam dingin, nafsu juga dapat membuat manusia menjadi lebih rendah daripada binatang, namun nafsu jugalah yang membuat manusia lebih mulia daripada malaikat. Dari itu kawan, kendalikan nafsu jika ingin selamat.


Tahukah kawan apa yang paling tajam dalam hidup ini???? Bukan pedang, bukan golok, bukan juga senjata pusaka dan keramat. Namun yang paling tajam adalah lidah, senjata manapun tak kan mampu menembus hati dari jauh, namun lidah mampu melakukannya. Senjata manapun punya obat untuk menyembuhkannya apabila menimbulkan luka, tetapi luka oleh lidah takkan tersembuhkan. Mungkin orang memaafkan namun untuk melupakan sangat jarang orang yang bisa melakukannya " Forgiven, not Forgotten"


Tahukah kawan apa yang paling jauh??? Bukan antar pulau, bukan juga antar benua atau pun ujung dunia. Yang paling jauh adalah masa lalu. Ujung dunia masih dapat manusia tempuh, bahkan luar angkasa pun manusia sanggup, namun masa lalu hanya akan tinggal kenangan dan sepenggal kisah lama, tidak ada kendaraan manapun dapat mengantar kita kesana. 

Tahukah kawan apa yang paling dekat ?? yang paling dekat bukanlah orang tua, bukan istri kita maupun keluarga dekat kita. Yang paling dekat adalah kematian, dia dapat datang kapan saja dan dimana saja. Tidak memandang miskin kaya, tidak memandang pangkat jabatan, tidak memandang tua atau muda. Jika kematian ingin datang maka dia akan datang, tak seorangpun mampu mencegahnya. Dari itu bersiaplah kawan, siapkan bekal untuk menghadapi yang satu ini.

Artikel ini terinspirasi oleh percakapan Imam Ghazali dan muridnya. Semoga dapat diambil manfaatnya. Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa