Senin, 18 April 2011

Tiga Keyakinan


Kembali lagi ane menulis tentang tips  menulis, setelah sekian lama label  ini tidak diupdate. Kali ini kita akan mengambil tema tentang Keyakinan. Menulis Blog pun harus dengan keyakinan karena keyakinan adalah hal yang terpenting. Keyakinan itu apa sih?? Keyakinan adalah cara kita mempercayai sesuatu, makanya didalam kuis-kuis seperti Who wants to be a millionaire sering sekali ada pertanyaan "Anda yakin berapa persen?". 




Ada tiga keyakinan yang akan ane bahas disini, sumbernya adalah penuntun hidup ane yaitu Alqur'anul Karim --bukan bermaksud SARA--. Yok kita simak saja apa saja keyakinan tersebut :

'Ilmal Yaqin
Ini adalah keyakinan yang kita dapat melalui Ilmu Pengetahuan, misalnya ane ingin menulis tentang bakteri maka ane harus memiliki ilmu tentang bakteri. Ane juga mengetahui tentang bakteri juga dikarenakan perkembangan teknologi. Contoh lain adalah ane ingin menulis tentang Bumi ini bulat maka ane harus menyandarkannya pada Ilmu Pengetahuan karena ane tidak pernah melihat secara langsung bentuk bumi yang sebenarnya. Ane hanya melihat dari hasil yang pernah ditayangkan oleh hasil teknologi. Jadi Menulislah dengan 'ilmal Yaqin

'Ainal Yaqin
Keyakinan yang didapat melalui panca indra khususnya adalah penglihatan. Dengan melihat kita bisa membuka wawasan kita tentang sesuatu hal. Jika ane bicara disekitar ane ada 3 orang maka ane telah membuktikannya melalui penglihatan, sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya hanya bisa membayangkan nya. menulis dengan cara ini sering disebut dengan istilah Deskripsi (penggambaran). Jadi menulispun dapat menggunakan 'Ainal Yaqin.

Haqqul Yaqin
Klo ini adalah Keyakinan yang sudah tidak dapat diragukan lagi. Misalnya hal-hal yang tak terlihat seperti angin, zat kimia, makhluk halus itu ada. Atau perkataan hati kecil yang tidak dapat terbantah lagi kalau itu memang ada, dan masih banyak contoh lainnya. 

Itulah tips menulis kali ini, menulislah dengan kombinasi ketiganya. Selain untuk menulis, tips ini juga berlaku untuk kehidupan ini. "Anda yakin berapa persen dengan ini?" :)

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa