Rabu, 04 Mei 2011

Manfaat Pepaya


Pepaya adalah buah-buahan yang benar-benar merakyat. Dengan harga nya yang murah, mudah ditanam, dan memiliki manfaat yang besar dibidang kesehatan. Tanaman ini memiliki beragam nama seperti Carica Papaya (latin), Paw Paw (Australia), Pepaya (indonesia), Kates ( beberapa daerah di Indonesia menyebutnya demikian), Papaya (Inggris) dan beragam nama lainnya. Yok kita lihat manfaat dari buah merakyat ini :



Mempermudah buang air besar
Jika kita sulit untuk Buang Air Besar maka cobalah untuk mengkonsumsi Buah Pepaya yang sudah masak, ane sendiri pernah mengalaminya dan Alhamdulillah BAB yang susah untuk dikeluarkan dengan lancar dapat dikeluarkan. Dan untuk mereka yang tidak terkena penyakit ini pun mendapatkan manfaat yang sama yaitu BAB jadi lancar :).

Beragam Vitamin
Pepaya mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A, B Kompleks, C, dan E. Vitamin A nya lebih tinggi dari jeruk dan Vitamin C nya lebih tinggi daripada jeruk. Selain mengandung vitamin pepaya juga mengandung enzim dan mineral.

Enzim Papain yang dahsyat!
Salah satu yang amat mengagumkan dari pepaya adalah mengandung Enzim Papain, Fungsi dari Enzim Papain ini yaitu : 

  • mempercepat proses pencernaan protein
  • memecah protein menjadi arginin yang amat berguna untuk hormon pertumbuhan tubuh
  • melancarkan proses pencernaan didalam tubuh. Poin inilah yang mencegah susah buang air besar, hipertensi, epilepsi, radang sendi, kencing manis dll.
  • mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga imunitas meningkat
  • Mampu mencerna protein sebesar 35 kali lipat dari jumlahnya sendiri. WOW!
  • Membantu mencerna serat-serat daging agar lebih mudah dicerna. Tidak heran jika pepaya sering dibuat sebagai bahan pengempuk daging, terutama untuk sate dan masakan semur
  • Untuk diingat bahwa Papain ini terdapat diseluruh bagian pepaya, baik kulit, daging maupun bijinya. jadi disarankan untuk memanfaatkan seoptimal mungkin ketiga bagian tersebut.
Usus Bebas Bakteri
Pepaya juga memiliki sifat antiseptik yang mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan didalam usus.

Buah mengkal vs buah matang
Buah Mengkal (1/2 matang) memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi namun memiliki efek menggugurkan kandungan. Jadi bagi wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi pepaya mengkal. Bagi yang tidak hamil silahkan mengkonsumsinya. Bicara tentang pepaya mengkal ane jadi inget mpek-mpek pastel yang isinya adalah pepaya mengkal yang diparut. Jadi lapar :)). Ane hunting mpek-mpek dulu ah..






Wassalam dan Tetap Mencoret! 
Disclaimer Informasi kesehatan ini dikumpulkan dari berbagai sumber, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah lebih lanjut pada kesehatan anda, segera konsultasikan ke dokter anda. terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa