This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Friday, 6 May 2011

Padan Bulan dan Cinta didalam gelas


Kali ini ane persembahkan resensi dari novel Andrea Hirata yaitu Padang Bulan dan Cinta Didalam gelas. Setelah sebelumnya banyak yang merasa kecewa dengan novel terakhirnya Maryamah Karpov, dan hal ini telah diketahui oleh Andrea jau hari sebelum buku itu launching ke pasaran. Hal ini terlihat dari ungkapan nya dalam buku Dwiloginya (Padang Bulan dan Cinta didalam gelas)
"Aku tahu, novel terakhirku sebelum Dwilogi Padang Bulan ini: Maryamah Karpov, telah membuatmu sedikit garuk-garuk kepala. Sudah tebal, khayalannya melantur sana-sini, kisahnya tak selesai pula. Judulnya Maryamah Karpov, tapi tak ada kisah Maryamah Karpov. Dan aku maklum. Bahkan sebelum novel itu dulu selesai kutulis, aku sudah bisa memperkirakan reaksi pembaca. (Andrea)."



Anda akan menemukan sedikit keunikan dari buku ini. Pertama novel ini walaupun dwilogi namun tidak berjumlah dua novel, namun tetap satu novel dengan susunan Side A dan Side B, artinya untuk membaca lanjutan nya cukup membalik buku tersebut ke arah berlawanan maka kita segera tersambung ke cerita berikutnya. Agar lebih jelas, lihatlah foto berikut :

Klo dari sisi judul maka yang cocok untuk judul buku ini ialah "Maryamah Karpov" karena Maryamah Karpov lah yang banyak diceritakan dalam novel dwilogi ini. Maryamah Karpov atau si Enong yang merupakan seorang wanita yang menjadi tulang punggung keluarganya, ia rela menjadi kuli timah yang pertama di desanya karena sulitnya mencari pekerjaan untuk seorang wanita yang tidak berpendidikan seperti dia.

Maryamah sangat menyenangi bahasa Inggris, dia begitu kagum dengan bahasa tersebut. Dia senang menirukannya walau tidak begitu mengerti artinya. Kamus pertama yang dibelikan Ayahnya ia simpan dan ia bawa ke mana-mana, apabila ia tidak mengerti suatu kata maka ia mencatatnya di buku kecil dan akan mencari tau artinya dari berbagai sumber.

Kenapa dia mendapatkan julukan "Karpov", karena dia juga menyenangi pemain catur, Gayanya bermain catur mirip dengan pemain catur terkenal asal Rusia, Anatoli Karpov yang mengutamakan bertahan sambil menyerang. Singkat Cerita, Maryamah pun berhasil masuk dalam lomba catur yang merupakan ajang bergengsi di pulau itu. Di perlombaan ini lah Maryamah akan membalas semua perbuatan lawan-lawannya. Sewaktu dia menambang timah, tempat dia menambang dikuasai oleh preman yang ingin mencelakai dirinya sampai akhirnya dia harus menjatuhkan diri agar selamat, preman tersebut adalah master catur di daerahnya. Ada juga teman wanitanya yang ditinggalkan oleh suaminya sekian lama, dan suaminya tersebut juga ada di dalam pertandingan catur ini juga. Ada juga kebaikan yang dibalas oleh Maryamah sewaktu pertandingan ini, baca sendiri ya, masak minta diceritain terus :)).

Selain Maryamah Karpov juga diceritakan tentang terikatnya kembali silaturahmi antara orang tua ical dan ical. Kecemburuan Ical terhadap A Ling, Sedikit kehidupan Ical di sebuah kedai kopi, juga sedikit cerita tentang Lintang. Untuk lebih jelas baca novelnya ya, perut ane dah lapar, dah gak kuat ngetik buat nyeritain lebih detil :D.

Kelebihan cerita ini terletak pada motivasi perjuangan hidup, jangan mudah berburuk sangka, belajar yang tidak pernah memandang usia, dan pelajaran lain yang bisa kita ambil. Kekurangan nya adalah kembali ending cerita dibuat tidak jelas oleh Ical :(, apakah akan ada kelanjutan cerita ini atau tidak. kita lihat saja nanti.

Wassalam dan tetap mencoret!

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...