This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Wednesday, 4 January 2012

TIPS Sukses Berwiraswasta


Setelah kemarin ane sedikit bercerita tentang kisah abangku yang sukses jilid 1 dan jilid 2 maka kali ini ane akan berbagi Tips Sukses Berwiraswasta yang juga merupakan rangkuman dari cerita ane kemarin. Bagi yang malas untuk membaca kisah diatas maka cukup membaca artikel ini, namun kata orang-orang zaman baholak bahwa malas adalah pangkal bodoh :D >>>>



Tips Sukses Berwiraswasta yang ane maksud disini lebih berat kepada bidang perdagangan barang. Seperti kita ketahui bersama dalam pelajaran Ekonomi /Akuntansi bahwa perdagangan itu terbagi menjadi 3 yaitu barang, jasa dan industri. Untuk tau perbedaan dari ketiga tersebut, silahkan buka bukunya masing-masing :p -ketauan ya, ane dulunya anak IPS, IPS emang the best -. 

Berikut TIPS SUKSES BERWIRASWASTA :

  • Siapkan Modal yang cukup 
  • Bullshit, klo kita mau sukses tapi gak ada modal. Yang Pertama dan Utama adalah Modal yang cukup. Siapkan Modal dari berbagai sumber seperti tabungan pribadi, bantuan teman, bantuan keluarga, pinjaman bank, warisan -klo ada :D -, hibah, dsb. Jika kita memiliki modal besar bagus, namun jika memiliki modal kecil maka jangan bersedih hati dulu. Abangku termasuk memiliki modal yang kecil, namun dia fokus melakukan penjualan pada satu jenis barang yaitu pulsa. Namun Modal yang kecil ini harus segera cepat dikembangkan jika kita memang serius untuk menggelutinya. Sumber-sumber nya seperti yang ane sebutkan diatas, namun jika memang sumber itu tidak ada maka sebaiknya sobat sekalian menempuh usaha yang lebih mementingkan "skill" atau jasa. Usaha yang mementingkan skill/jasa umumnya memerlukan modal yang relatif lebih kecil dibandingkan dagang. Usaha Jasa tersebut misalnya pengetikan, biro jasa, kurir dsb.
  • Satu Paket vs Satu Jenis.
  • Mana yang kira2 menang ??? tentu saja Satu Paket akan menang. Barang yang kita dagangkan sangat  direkomendasikan  satu paket, misalnya pada penjualan PULSA, maka Satu Paket dengan Pulsa adalah Casing, Aksesoris HP, Cuci Cetak Foto, Isi Lagu/Game/Aplikasi/Wallpaper Theme dsb, Printing, Scanning, Copying dll. Cobalah berkreativitas dalam penjualannya, misalnya ada yang hanya mau membeli kertas foto maka tidak mengapa kita jual kertas fotonya walau tanpa cetak foto. Telah terbukti jika saingan anda hanya berjualan satu jenis dengan yang berjualan satu paket maka yang satu jenis tidak akan bisa melebarkan sayapnya, sedangkan penjualan satu paket maka tidak hanya dapat melebarkan sayap namun juga mengudara diangkasa :).
  • Kuasai Media, Kuasai Informasi.
  • Media yang paling murah adalah komunikasi karena komunikasi adalah hal mutlak yang wajib dilakukan oleh semua manusia. Banyaklah berkomunikasi mengenai bisnis yang kita geluti agar mendapatkan Informasi. Jika sudah mendapatkan informasi maka segera tindaklanjuti dengan penggalian kebenaran. Apabila benar maka segeralah untuk merealisasikannya menjadi sebuah kenyataan. Tentu untuk mewujudkan hal-hal seperti itu kita memerlukan sarana dan prasarana, seperti kendaraan, peralatan, dan perlengkapan. Jangan pernah pelit untuk membeli barang yang memang kita butuhkan
  • Ubah Saingan Menjadi Rekanan
  • Pernahkan sobat sekalian berbelanja di pusat perbelanjaan yang bertema tertentu? contoh nya adalah Milenium di Medan atau Roxy di Jakarta yang bertema Handphone. Jika barang kita tidak ada di toko tersebut maka mereka akan mencarikannya di toko lain di pusst perbelanjaan itu juga. Ada beberapa yang memang memiliki beberapa toko  pada setiap lantainya namun ada juga toko tersebut hanya merupakan 'rekanan". Kita tidak perlu banyak toko, yang kita perlukan adalah saingan yang bersedia menjadi rekanan karena rekanan dapat memberikan harga miring sehingga harga bukanlah persoalan. Selain itu dengan adanya saingan yang telah kita sulap menjadi rekanan membuat kita dapat bertukar barang yang tidak pernah habis seperti lagu-lagu, gambar,wallpaper, theme, aplikasi dll. Selain itu, ini juga mengatasi masalah tidak adanya stok di toko kita., bayangkan betapa kecewanya pembeli disaat mereka mendapakan jawaban "Tidak Ada".
  • Pertanyaan adalah Peluang
  • Sebagai pedagang rasanya pantang untuk mengatakan kata "Tidak Ada" kepada pembelinya, jadi jika ada pembeli yang menanyakan tentang suatu barang dan barang tersebut tidak ada maka jawablah dengan kata "Habis" bukan "tidak ada", agar dilain kesempatan pembeli tersebut masih singgah. Itukan Bohong? Memang Iya :D. Biar gak bohong untuk kedua kalinya maka siapkanlah barang tersebut. Semakin banyak yang bertanya, semakin besar peluang barang tersebut laku  dan semakin harus anda sebagai pedagang menyediakannya. Lain halnya jika memang barang tersebut memang tidak berhubungan sama sekali dengan yang kita jual maka jawablah dengan tegas "TIDAK ADA". Jangan mencari besi di Toko Tahu. :D
  • Nekat tapi tetap dengan pemikiran
  • Berkaca dari pengalaman abangku yang menjual bingkai foto tanpa pernah ada yang menanyakan bingkai foto. Menurut pemikiran abangku yang menggeluti cuci cetak foto, sudah seharusnya bingkai menyertai foto namun tidak ada satupun pembeli yang pernah menanyakan bingkai Foto. Pertanyaan tersebut tidak ada karena bingkai foto tidak pernah tersedia. Setelah dicoba ternyata Bingkai Foto yang disediakan menjadi barang yang cukup laku di konter tersebut. Amazing!
  • Tiga Pendekatan 
  • Pendekatan pertama adalah pendekatan kepada distributor agar menambah relasi, koneksi dan mendapatkan harga miring. pendekatan kedua adalah kepada pembeli agar pembeli tidak lari bahkan pembeli tersebut dapat dijadikan iklan sehingga menambah pembeli yang lain. pendekatan ketiga adalah yang utama yaitu pendekatan kepada Allah SWT, rezeki ada ditangannya. Berdoalah untuk . meminta rezeki yang berkah dan halal " Ya Allah, dekatkalah rezekiku jika memang jauh, pertemukanlah aku dengannya jika sudah dekat, keluarkanlah jika masih didasar bumi, turunkanlah jika masih di kolong langit" Amin....

Wassalam dan Tetap Mencoret! 

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...