This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Wednesday, 15 February 2012

Segera...........



Kembali lagi saya akan memberikan sedikit wejangan, kali ini wejangan dari ustadz Musthofa adalah tentang hal-hal yang harus segera di segerakan menurut hadist Nabi Muhammad SAW. Tanpa babibu lagi mari kita mendengarkan wejangan dengan hati yang khusyu' dan menerima.
Hal-hal yang harus segera disegerakan


  • Sholat
  • Sholat adalah hal yang pertama dan utama. Sholatlah yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Sholat adalah tiang agama. Jadi sholat yang paling baik adalah disegerakan pada awal waktu. Ada sebuah pertanyaan menarik yang mengatakan bahwa sholat Isya' lebih baik dikerjakan ditengah malam karena sekaligus sholat malam? Hal ini tidaklah benar karena tidak ada satupun ayat alqur'an ataupun hadist yang menyatakan demikian,hal ini hanyalah pendapat dari sebagian orang. Sholat juga sangat direkomendasikan untuk berjamaah dan dilakukan di masjid bagi laki-laki jika sholat Isya dikerjakan tengah malam maka sudah pasti hal tersebut akan meninggalkan keutamaan sholat berjamaah.
  • Hutang
  • Hutang juga harus disegerakan untuk dibayar karena jika tidak dibayar didunia maka kita akan membayarnya dengan pahala kita sewaktu diakhirat. Dikisahkan bahwa akan ada manusia yang gagal masuk surga karena masih adanya hutang yang tidak terbayar semasa hidupnya di dunia. Kita juga tidak tau kapan ajal kita datang, maka itu kita harus segera melunasi hutang-hutang kita. Jika memang kita sebagai ahli waris, sebelum warisan tersebut dibagi maka cari tahu informasi tentang hutang si jenazah sebelum meninggal dunia.
  • Jenazah
  • Ini juga dianjurkan untuk disegerakan karena jenazah dapat mendatangkan wabah penyakit. Segera kuburkan jika memang sudah tidak ada lagi yang menghalangi. Batas waktu penguburan jenazah dalam Islam hanya sampai 3 hari. Jenazah juga harus dikubur agar wabah penyakit yang berasal dari jenazah dapat terpendam dan terurai dengan tanah.
  • Janda
  • Janda juga harus disegerakan untuk menikah agar tidak timbul fitnah. Janda dan gadis adalah dua hal yang berbeda walaupun secara fisik sama. Janda lebih rentan untuk menimbulkan fitnah di kalangan warga sekitar jika ada kelakuan nya yang tidak sesuai, janda juga terkadang memiliki tanggungan berupa anak maupun dirinya sendiri karena semasa dia belum janda dia  dan anaknya adalah tanggungan suaminya.
Itulah hal-hal yang saya ketahui untuk segera diusahakan. Alasan kuat dari hal-hal diatas adalah beberapa Hadist Nabi Muhammad SAW, sedangkan alasan-alasan lainnya hanyalah alasan tambahan. Sampai jumpa di wejangan berikutnya.


Wassalam dan Tetap Mencoret! 

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...