Kamis, 19 September 2013

Penipuan Melalu BBM (BlackBerry Messenger)

Berawal dari sebuah SMS ke nomor simpati saya dari 08523466581 yang berbunyi " saya melda, invite pin bb baru aku ya, 2AD94660", sebelum-sebelumnya sempat juga menerima SMS yang berisi tulisan senada, dari mulai kontak bb yang terhapus, minta di invite balik, dan yang lain-lain. Saya menduga bahwa ini jenis penipuan baru melalui BBM, maka saya coba iseng untuk mengikuti jebakan si penipu untuk mengetahui modus yang digunakan nya. jadi saya coba invite, hasilnya tidak pernah diaccept.

Walaupun tidak di accept tapi ada sedikit perubahan di BB saya dengan muncul message jenis peer to peer (rupanya sms ke nomor simpati hanyalah pancingan untuk mengetahui PIN BB saya) yang isinya seolah-olah dari pihak resmi RIM BlackBerry, namanya pun (logoBB)BlackBerry (PIN 29CEDE73). Isi nya menyatakan bahwa saya memenangkan Honda Jazz dan pajaknya sudah ditanggung oleh Pihak RIM, tapi untuk proses balik nama maka saya diharuskan transfer ke bank sejumlah Rp 2.500.000,-, contack person yang saya hubungi adalah Bapak Rahmat Sugandi di Nomor 081241777266 atau 021 40473456. 


Yang mungkin mengecoh adalah nama yang tertera pada pesan (namun jika kita teliti maka nomor PIN nya akan ketahuan, sedangkan jika pihak resmi mengirim tidak akan bisa dilihat nomor PIN nya), yang kedua tampilan pesannya karena menggunakan pesan peer to peer sehingga akan mengecoh mereka yang belum paham akan message peer to peer. Message ini digunakan untuk menghubungi pengguna Black berry lain dengan menghubungi PIN mereka walaupun mereka tidak berada di contack list kita.caranya dengan masuk ke menu message - compose other - compose PIN.

Tapi jika kita meneliti maka akan kita dapati beberapa kejanggalan yang mengindikasikan penipuan : 

  • Ada nya nomor PIN yang muncul apabila kita melihat ke arah nama kontak,
  • jenis pesan peer-to- peer, kita akan melihat jenis pesan ini diawal pesan
  • tertulis "DEPARTEMEN KEPOLISIAN" padahal KEPOLISIAN Bukan DEPARTEMEN, selain itu nama DEPARTEMEN sekarang telah diubah menjadi KEMENTERIAN
  • Biaya balik nama akan dikembalikan bersamaan dengan pengantaran hadiah? sangat janggal biaya ini tidak akan pernah bisa dikembalikan, bagaimana mungkin dikembalikan?
  • website resmi adalah gratisan yang menumpang pada jimdo.com www.gebyarpromoblackberry.jimdo.com
  • Nomor kontak person di klaim sebagai nomor CEO suit RIM namun di akhir tulisan hanya mencantumkan alamat. 

    Demikianlah, ciri-ciri indikasi penipuan yang bisa ane bagi setelah dari hasil penyelidikan mengikuti jebakan sang Penipu semoga kita dapat terhindar dari modus penipuan yang kian hari kian marak, dan kepada para penegak hukum yang seharusnya bisa menangkap mereka, maka kami rakyat Indonesia berharap penipuan-penipuan seperti ini dapat diberangus, sehingga tidak seperti jamun dimusim hujan, amat sangat cepat nian berkembangbiaknya.

2 komentar:

  1. yah saya setiap malam juga dapat sms serupa ke nomor simpati. beberapa kali ganti no simpati pun tetap saja ada sms tengah malam yang memberitahu kalo saya mendapat hadiah uang tunai 75 juta, mobil honda jazz.yang jadi pertanyaan kok no simpati sering banget jadi bahan target. tapi kalo dipikir-pikir misal itu benar, saya udah kaya kali ya? hahaha.. tiap malem dapat hadiah :D

    BalasHapus
  2. @zakki ya begitulah. klo masalaha nomor simpati yang sering dijadikan target kemungkinan yang sangat besar karena banyaknya pengguna simpati di Indonesia, dan simpati juga memiliki layanan SMS yang sangat murah jika dihitung per hari yaitu 2.000 untuk 1000 sms selama 24 jam

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa