Kamis, 17 Maret 2011

Radiasi Nuklir



Belakangan ini dunia digemparkan dengan berita yang menyedihkan, telah terjadi bencana Tsunami di Jepang --ane tutur mengucapkan rasa belasungkawa yang mendalam, semoga para korban diberi ketabahan --. Bencana ini benar-benar mengguncang dunia apalagi Indonesia, karena 26 Desember 2004 yang lalu, Indonesia juga terkena bencana Tsunami. Namun warga Jepang tetap berlaku tertib walaupun bencana telah menimpanya, mereka memang sudah terlatih untuk menghadapi bencana gempa. Namun bukan sikap warga Jepang ini yang akan kita bahas kali ini, yang akan kita bahas kali ini adalah berita yang masih berhubungan dengan gempa ini yaitu Radiasi Nuklir.

Seperti yang telah dikabarkan bahwa Jepang mengalami 3 bencana berturut-turut yaitu gempa kemudian Tsunami lalu radiasi nuklir. Media masssa banyak yang memberitakan hal ini termasuk Indonesia, dan ane pun ikut mendengar sebuah berita hangat yang menyoroti tentang Nuklir di Indonesia. Banyak yang menganggap bahwa Indonesia tidak membutuhkan Nuklir untuk sumber energi karena kita masih memiliki sumber energi yang berlimpah ruah, seperti gas dan batubara. Nuklir hanya akan menyebabkan radiasi apabila terjadi kebocoran akibat bencana ataupun hal lainnya.


Menanggapi tanggapan diatas, ada sebuah jawaban sederhana namun sangat tepat sekali " Semua teknologi pasti memiliki efek samping yang negatif termasuk Nuklir". Hal ini sangatlah benar sekali, kita perhatikan contoh kecil aja seperti pisau. Pisau bisa untuk membantu pekerjaan manusia, namun bisa juga untuk membunuh, sinar ronsen bisa untuk mendiagnosis penyakit namuin bisa juga menyebabkan kanker, Internet bisa untuk memperluas pengetahuan namun bisa juga untuk melakukan tindakan kriminal di dunia maya.

Jadi mengapa takut dengan teknologi tinggi????? :D

Wassalam dan tetap Mencoret!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa