This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Monday, 30 January 2012

Tips Berjualan Pulsa


Selama kurang lebih 7 tahun terakhir ini, ane berperan sebagai konter berjalan (pedagang pulsa) sebagai pekerjaan sampingan. Hasilnya lumayan juga  buat tambahan namun kalau untuk dijadikan pencarian pokok   tidaklah cocok, kecuali sanggup mencari downline aktif . Bisnis Pulsa pun dapat dijadikan pegangan hidup jika digeluti secara serius seperti yang dilakukan salah satu abang ane. Jika sobat sekalian tertarik dengan bisnis pulsa ini maka sobat dapat membaca beberapa tips untuk berjualan pulsa yang akan ane sajikan dalam artikel ini.

Sebelum melangkah lebih jauh maka sobat sekalian perlu tahu bahwa Bisnis Pulsa memiliki keuntungan berkisar 0 - 2000/transaksi terkadang juga rugi :(. Kecil memang, namun jika penjualan kita diatas 100 transaksi maka akan kebalikannya.

Kekuatan dari suatu Bisnis antara lain pada barang lainnya, begitu juga dengan Pulsa. Jika memang anda mau mengoptimalkan bisnis pulsa ini maka berbisnis jugalah dengan barang yang satu paket dengan pulsa misalnya Chasing, Aksesoris, cuci cetak foto dsb. 

Untuk berjualan Pulsa maka anda bisa menempuh cara-cara seperti ini :

  • 1 Chip semua operator
  • Artinya kita bisa menjadikan nomor handphone kita menjadi alat pengirim pulsa. Cukup daftar kepada pemilik server, lalu deposit (menambah saldo) kemudian transaksi jual beli pulsa dengan cara mengirimkan SMS ke server lalu server akan memprosesnya kemudian mengirimkan SMS balasan berupa catatan transaksi. Dengan kata lain jika kita menggunakan cara maka kita adalah dropshipper/perantara yaitu pedagang yang menjual kan barang dagangan orang lain dengan memperoleh harga yang miring. Keunggulan dari cara ini adalah modal termasuk termurah, tidak perlu kesana-kemari mencari penyedia pulsa, transaksi bisa dilakukan dimana saja selama masih ada sinyal dll. Kerugian nya adalah Transaksi terkadang lama bisa karena dari SMS yang lama terkirim atau server lambat merespon bisa juga dikarenakan jaringan operator yang bermasalah, dari segi modal memang murah namun dari segi harga tergolong mahal, harga   SMS juga harus diperhitungkan. Cara ini tergolong cukup ampuh untuk berjualan pulsa dimanapun dan kapanpun walaupun akhir-akhir ini sistem ini terkendala dengan sistem cluster yang diterapkan oleh beberapa pihak operator. Sistem cluster secara ringkas adalah penjual pulsa hanya bisa menjual pulsa dalam skala wilayah tertentu tujuannya untuk melindungi para distributor agar wilayah kekuasaannya tidak diserobot pedagang lain.
  • Voucher Elektronik
  • Kita mengenal banyak sekali operator di Indonesia mulai Telkomsel, Excelcomindo, Indosat, Esia, Axis, Flexy dll. Untuk setiap operator cara anda berjualan pulsa adalah dengan menyediakan voucher pulsa operator tersebut baik voucher fisik maupun elektronik. Untuk Voucher Fisik maka sudah jelas, jadi disini ane sedikit akan menjelaskan tentang voucher elektronik. Voucher elektronik yang akan kita bahas  hanya Telkomsel dan juga Excelcomindo Telkomsel memiliki M-KIOS dan transputter (belum pernah ane pake), sedangkan Excel memiliki Dompet Pulsa. Disini penjualan secara paket ataupun juga deposit. Pada penjualan secara paket maka kita akan diberi saldo sesual paket yang kita beli misalnya simpati 5 sebanyak 20, simpati 20 sebanyak 50 dsb. Jika secara deposit maka kita tinggal menyebutkan berapa akan deposit lalu membayar seharga deposit tersebut misalnya xl seharga 500.000 maka dompet pulsa kita akan terisi sejumlah itu. Keunggulannya, dari harga jelas lebih murah , transaksi lebih cepat, transaksi gratis karena seperti cek pulsa, lebih cepat untuk komplain ke center operator dll. Kekurangannya adalah modalnya lebih mahal karena sistem paket dan sistem nominal deposit, harus memakai kartu khusus dari operator terkait kartu ini juga terkadang harus kita bayar pengalaman ane dulu untuk memiliki kartu khusus M-KIOS harus membeli seharga Rp 100.000 , kita juga harus mencari penyedia pulsa yang memiliki kartu tersebut, beberapa operator mensyaratkan adanya target penjualan jika tidak tercapai transaksi diblokir
  • Lewat Bank
  • Kita juga bisa menggunakan jasa bank untuk pengisian pulsa, caranya adalah dengan menggunakan sms banking. Transaksinya memang cepat, namun ketersediaan nominal pulsa terbatas biasanya pulsa yang tersedia dengan nominal pulsa 25.000 keatas. Untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini kita harus membuka nomor rekening dan mendaftar ke bank yang bersangkutan
  • T-Cash
  • Program ini adalah milik Telkomsel. Dapat bertransaksi hanya 5 kali dalam sehari. Transaksinya cepat namun tiap transaksi tidak gratis karena seperti pengiriman SMS. Modal nya sama dengan nominal pulsa + biaya SMS. Modalnya juga termasuk murah.
  • Transfer 
  • Metode Transfer pulsa juga dapat diterapkan dalam berbisnis pulsa. Transaksi nya cenderung lebih cepat namun ada batas nominalnya dalam sehari. Banyak yang menjual dengan harga miring untuk transfer pulsa ini, yang perlu diperhatikan adalah masa aktif kartu. Beberapa operator seperti telkomsel tidak menambah masa aktif. Beberapa operator juga mengenakan biaya tambahan untuk transfer pulsa. Kerugian nya terkadang setelah transaksi pulsa kita terpotong namun yang bersangkutan belum menerima pulsa kita , hal ini jarang terjadi namun pernah ada yang mengalami.
  • The Best Choice
  • Jadi Mana yang paling baik?? Yang paling baik adalah dengan menggabungkan seluruh cara, jadi anda tidak perlu was-was kehabisan stok. Banyak jalan menuju Roma. Kalau ane sendiri ane mengoptimalkan penjualan pulsa telkomsel jadi ane mensiasati dengan '1 chip semua operator', T-cash, dan Transfer
  • Awas, Penipuan!!!!
  • Banyak juga yang melakukan penipuan dalam bisnis pulsa. Ada penipuan berbentuk penjualan paket pulsa dengan harga murah, untuk awalnya atau nominal kecil memang dikirim namun setelah transaksi dengan nominal besar maka tidak akan dilayani padahal uang sudah ditransfer parahnya lagi pulsa yang dikirim sebelumnya hanyalah angka saja tidak bisa digunakan untuk berjual beli pulsa. Ada juga yang melakukan penipuan melalui transfer pulsa, dulu hanya dengan menekan sekali tombol maka pulsa kita akan terkirim ke yang bersangkutan namun sekarang telah ada konfirmasi sebelum pulsa betul-betul terkirim. Ada juga yang menipu dengan "1 Chip untuk semua Operator" begitu uang dikirim, saldo deposit tidak bertambah. dan berbagai bentuk dan jenis penipuan lainnya. Jadi dari itu maka berhati-hatilah, jika anda ingin berbisnis apapun. Cari tahu dulu kebenarannya baru bertransaksi. Ane memang belum terlalu ahli di bidang ini, namun jika memang ada pertanyaan silahkan artikel ini dikomentari. Ane dengan senang hati siap membantu para sobat sekalian.

Itu dulu yang dapat ane share pada kali ini. Jika masih ada cara lain artikel ini akan ane update.
Wassalam dan Tetap Mencoret! 

2 comments:

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...