Kamis, 19 Mei 2011

5 Penyebab anak susah makan!


Hi brother! Alhamdulillah ane masih bisa menulis lagi setelah didera kesibukan beberapa lama. Bagaimana kabar sobat semua? semoga tetap dalam keadaan sehat wal Afiat. Kali ini ane ingin membahas artikel yang cukup menarik untuk dibagi. yok simak >>>>

Orang tua pasti merasa sangat galau, sedih, risau dan bingung jika melihat putra dan putri tercinta mereka tidak mau makan, bukan karena sakit atau hal wajar lainnya namun ada faktor "X" yang terkadang terlupa oleh banyak orang. Apa sih faktor x itu? setidak nya ada 6 faktor penyebab anak tidak doyan makan yang ane temukan setelah berselancar ria di internet.


  1. Bosan
  2. Anak-anak merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu aja, tentu saja solusinya adalah mengganti menu makanan. atau bisa juga dia bosan dengan cara penyajian yang begitu-begitu saja, solusinya lebih berkreativ lah dalam menghidangkan makanan seperti menyajikan buah-buahan dengan motif orang, kapal layar, dan berbagai ide kreatif lainnya
  3. Banyak memakan cemilan 
  4. Cemilan juga menjadi musuh besar anda, kebanyakan mereka yang suka mengemil tidak bernafsu untuk makan karena rasa lapar mereka sudah tidak ada karena kenyang oleh cemilan. Solusinya hindari cemilan atau setidaknya meminimalisir memakan cemilan di saat jam makan hampir dekat, berikan cemilan yang enak dan bergizi seperti pesan Sinta dan Jojo dalam sebuah iklan :))
  5. Minum terlalu Banyak
  6. Selain cemilan, Minuman juga dapat membuat anak menjadi tidak nafsu makan karena perutnya udah terisi. Hindari meminum terlalu banyak saat jam makan telah dekat, seringkali mereka menganggap tubuh memerlukan banyak air sehingga banyak minum tanpa memperhatikan jam nya. Bukan tidak boleh minum, tapi sudah seharusnya kita minum ditempat yang sesuai dan pada jam yang sesuai :'>.
  7. Meniru Kebiasaan
  8. Anak-anak adalah peniru sejati. Mereka bisa jadi mungkin malas makan karena meniru kebiasaan orang disekitarnya yang sedang diet, senang mengemil, suka jajan, dan lain sebagainya. Jadi jaga kebiasaan anda dan juga orang disekitar anda agar kebiasaan nya yang mungin baik bagi mereka namun tetaplah buruk untuk anak-anak terutama anak yang masih dala tahap perkembangan dan pertumbuhan
  9. Fase Negativ bagi anak
  10. Menurut penelitian bahwa tiap anak akan mengalami masa atau fase negatif, masa ini kebanyakan anak membangkang dan rasa ingin melawannya tinggi. Seringkali orangtua memaksa anaknya untuk memakan dengan perilaku yang kasar, hal ini harus dihindari karena masih banyak cara-cara lain yang lebih halus dan terpuji untuk membujuk seorang anak untuk makan.
Berhubung perut ane mulai kelaparan, ane juga akan segera menutup artikel ini karena ane tidak mau menjadi anak yang susah makan. :)) =)).



Wassalam dan Tetap Mencoret! 
 Disclaimer Informasi kesehatan ini dikumpulkan dari berbagai sumber, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah lebih lanjut pada kesehatan anda, segera konsultasikan ke dokter anda. terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa