Jumat, 05 November 2010

Bahaya Kentang Goreng Untuk Kesehatan


Kentang Goreng adalah termasuk makanan favorit sebagian orang, karena rasanya yang nikmat juga tidak terlalu repot dalam penyajiannya. Tapi jika anda ketagihan dengan makanan yang satu ini, maka anda harus berhati-hati karena bisa meningkatkan resiko kanker payudara  karena kentang goreng mengandung Acrylamide. Acrylamide dalam rumus kimianya adalah C5H5NO. Senyawa ini terdapat pada makanan yang mengandung Karbohidrat Tinggi, seperti kentang, singkong, dan tepung-tepungan yang disajikan dengan digoreng, dipanggang, atau dibakar pada suhu di atas 120 derajat celsius.

Bersumber dari Pubilikasi British Journal of Cancer bahwa Acrylamide yang terdapat dalam makanan menimbulkan dampak yang besar terkena penyakit kanker payudara, tarutama wanita yang belum monopause.


Penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds, Inggris, mengambil sampel dari 37.331 perempuan usia 36-69 tahun. Nama Penelitian mereka ini adalah "United Kingdom Women's Cohort Study" , penelitian ini memantau para perempuan tersebut selama 11 tahun. Dalam Penelitian ditemukan bahwa Keripik kentang adalah makanan yang mengandung Acrylamide.  Selama Penelitian itu, tercatat sekitar 1.084 kasus kanker payudara terdiagnosis. Tetapi para peneliti juga mengatakan tidak hanya Acrylamide yang menjadi penyebab penyakit kanker tersebut. Namun resiko terkena kanker payudara jika mengkonsumsi zat acrylamide adalah sebesar 20%.

Maka berhati-hatilah terhadap sejumlah makanan seperti keripik kentang, kentang goreng, sereal, roti panggang, makanan yang terbuat dari jagung atau tepung jagung, karena dalam pengolahannya terkandung zat acrylamide. Ini disebabkan makanan tersebut memerlukan suhu yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika makanan tersebut terlalu matang atau hangus.

Inti Bacaan : Kentang Goreng dan sebangsanya tidak baik dikonsumsi karena mengandung Acrylamide yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara sebesar 20% pada wanita yang belum Monopause.

Wassalam dan Tetap Mencoret!
Referensi :
http://forum.detik.com/risiko-kanker-di-balik-kentang-goreng-t216529.html?l993306frm

30 komentar:

  1. Kentang goreng dalam kamusku masuk kategori expensive menu. Tp ga nolak juga kalau ada yang berbaik hati hiii...

    BalasHapus
  2. @tampan, bukannya berbahaya...kok mau sih...^_^

    BalasHapus
  3. jd apalagi yg bisa dimakan,,
    smua dah berbahaya,,,,
    soalnya makanan kesukaan ni kentang goreng :(

    BalasHapus
  4. makan yang sehat aja nur, goreng aja sendiri kentang nya tapi jangan terlalu lama dan terlalu matang , disitu kan disebutkan makanan yang dipanaskannya lebih dari 120 derajat celsius atau gak usah makan dulu http://www.cbox.ws/smilies/3/smile.gif

    BalasHapus
  5. wah nice info gan...
    jadi sekarang tuk kurangin makan kentang goreng..
    tp emank sich mungkin makanan2 yg di goreng kadang kurang baik tuk kesehatan...

    BalasHapus
  6. emng tu kentang goreng,...

    bnyak lemaknya juga tidak baik untuk kesehatan,....

    BalasHapus
  7. wah gimana nih ane udah ketagihan ama kentang,eh lupa itukan buat cewe

    BalasHapus
  8. berati hanya berbahaya pada wanita saja?
    padahal di eropa sana rata2 makanan pokokya kan kentang..
    ada kentang goreng dkk...
    http://www.kaskus.us/reputation.php?p=308623166

    BalasHapus
  9. pdahal kentang salah satu makanan favorit org Indonesia juga ya ??
    saya ada sedikit tambahan gan.
    Seperti yang dipubliaksikan dalam British Journal of Cancer, kebiasaan menyantap makanan mengandung acrylamide memperbesar risiko mengidap kanker payudara, khususnya pada wanita yang belum memasuki masa menopause.

    Para ilmuwan di University of Leeds, Inggris, melakukan penelitian berskala besar yang melibatkan 33.7331 perempuan berusia 35-69 tahun. Para perempuan ini dipantau selama 11 tahun dalam riset yang bertajuk "United Kingdom Women's Cohort Study". Dalam riset ini, peneliti mengkaji asupan makanan mengandung acrylamide, zat berpotensi karsinogen yang juga ditemukan dalam jenis makanan renyah lainnya, seperti keripik kentang.

    Selama penelitian tersebut, para ahli mencatat setidaknya ada 1.084 kasus payudara yang terdiagnosis. Para ahli menemukan, asupan acrylamide tidak menjadi faktor tunggal yang memicu risiko kanker payudara pada wanita.

    Namun setelah memperhitungkan variabel lainnya, kebiasaan mengonsumsi acrylamide dapat meningkatkan risiko kanker payudara sekitar 20 persen pada wanita premenopause.

    Acrylamide adalah senyawa organik dengan rumus kimia C5H5NO. Senyawa ini dapat terbentuk pada bahan makanan berkarbohidrat tinggi, seperti jagung, kentang, singkong, dan tepung-tepungan yang disajikan dengan digoreng, dipanggang, atau dibakar pada suhu di atas 120 derajat celsius.

    Sejumlah makanan, seperti keripik kentang, atau produk berbahan kentang lain, seperti kentang goreng, cereal (produk sarapan pagi), produk-produk bakery (roti panggang), dan produk yang dibuat dari jagung atau tepung jagung, diyakini memproduksi acrylamide dalam pengolahannya. Hal ini terjadi karena penyajiannya secara umum memerlukan suhu tinggi dan waktu cukup lama, apalagi bila terjadi perubahan warna menjadi kecoklatan (terlalu matang) atau hangus.

    sumber :
    http://www.ahliwasir.com/news/4664/Risiko-Kanker-di-Balik-Kentang-Goreng

    semoga bermanfaat gan. :)

    BalasHapus
  10. http://www.kaskus.us/reputation.php?p=309617747

    segala yg berlebihan emang kurang baik gan. kadang-kadang aja makan kentang gorengnya :D. tetaplah berpola 4 sehat 5 sempurna, seperti yg sudah diajarkan sejak kita kecil di sekolah :)

    BalasHapus
  11. weew..
    padahal kentang goreng adalah salah 1 makanan favorit saya,saya selalu membeli 1 kantong(1kg)french fries setiap minggu
    keripik kentang, kentang goreng, sereal, roti panggang,corn flakes,kok semua yg saya sukai ya?
    terima kasih untuk infonya
    yg paling aman memang makan makanan yg di rebus/dikukus saja mungkin ya?

    BalasHapus
  12. @ all terima kasih tambahan dan komentar nya, jagalah kesehatan dimana kita berada..ingin ane mengomentari satu-satu tetapi apalah daya waktu dak kesempatan belum mengizinkan, thanks all udah mampir

    BalasHapus
  13. Wah,.. ane baru tau kalo kentang goreng itu bisa membahayakan kesehatan, padahal ane suka banget tuh ama kentang goreng plus saos wuiihhh,.. mantep apalagi buat ngemil,.. hehehe berarti ane harus cari lagi makanan favorite ngemil ane nih,... thanks ya gan infonya.

    BalasHapus
  14. kuwagat (id kaskus) nama asli ikbal10 November 2010 pukul 12.26

    kentang goreng termasuk makanan yg d goreng kan gan ?
    minyak goreng itu mengandung zat2 yang dapat membahayakan tubuh kita
    makanya ane gga terlalu suka dgn kentang goreng

    BalasHapus
  15. wah ane baru tau tuh,, nice info Gan
    tp ane masih penasaran nie, itu kan bhaya bwt wanita aja.. kalo untuk para pria ada efeknya ga ya???

    BalasHapus
  16. kakak ane suka banget ama kentang, dan dia perempuan. masalahnya lagi ane baru taw nih gan ttg infonya (blm pernah baca ane di forum ane tercinta) ... thanks berat nih gan infonya ..

    BalasHapus
  17. Ini makanan kesukaan ane gannn
    dari kecil ane suka banget ama yg nmanya kentang
    sepppp
    Nice info gannn

    by fsdxinter

    BalasHapus
  18. wah,, kl tau bgini mending direbus aja deh biar ga bahaya,, soalnya ane seneng bgt makan kentang..
    Btw nice inpo Gan..:)

    BalasHapus
  19. bahaya buat cewek doang kan?
    sayang banget kalo makanan ini diblacklist. enak soalnya,, terutama pas ngga doyan makan nasi. :)

    Jangan2 Hoax nih,, bagaimana cara menentukan persentase bahaya kalo ngga cm kira2?
    di artikel diatas dikatakan, bahaya konsumsi zat acrylamide adalah 20%.
    so, berapa persen bahaya nikotin dalam rokok? 100%? 80%?
    baik acrylamide maupun nikotin dinyatakan bahaya oleh pakar keseharan, tapi nyatanya sakit kanker dan mati ngga melulu disebabkan oleh mereka.
    banyak sekalis saran ahli kesehatan,, gak boleh makan ini, makan itu.. terus makan apa?

    BalasHapus
  20. makan yang sehat gus, kan masih banyak yang gak dilarang, seperti martabak telor bangka :D, penjelasan lebih lanjut ke referensi gus, disana aku dapat inspirasi artikel ini...

    Klo masalah mati dan sakit memang pada dasarnya Tuhan yang menentukan gus, tetapi kita disuruh untuk memperhatikan saja apa yang kita perbuat untuk hari esok..

    BalasHapus
  21. waduh itu makanan favorit gw

    BalasHapus
  22. @anonim, sebaiknya dihindari gan...lebih baik mencegah dari pada mengobati

    BalasHapus
  23. sejelek-jeleknya makanan adalah yang digoreng apapun itu mw kentang, singkong etc..ga percaya? coba celupin jarinya ke minyak panas pasti ga balik lagi mulus hehehe....
    suhu minyak yg dipanasin itu bisa mencapai 400derajat yg artinya segala yg masuk ke situ pasti berubah kandunganya..makanya lebih sehat makan yang direbus aza....

    BalasHapus
  24. @anonim, stuju gan, makanan berminyak jug abanyak mengandung kolesterol....

    BalasHapus
  25. info d atas kn blg klo sample yg d uji adh pr yg brusia 36-69th
    klo yg dbwh 20th, bhya na sma pa g????

    BalasHapus
  26. @???? menurut saya, tetap bahaya juga gan, namun persentasenya mungkin lebih kecil, klo yang berumur 36-69 kemungkinannya adalah 20% maka yang berumur 20 tahunan persentasenya bisa jadi 10%

    BalasHapus
  27. Kalau serial ngak boleh dimakan, itu sudah melampau... padahalnya jagung baik untuk sistem percernaan tubuh, barangkali ini hoax aja... ngak usah percaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sereal ane belum pernah denger gan. Tq dah mampir!

      Hapus
  28. siap gan, terima kasih sudah mampir dan berkomentar

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa