Jumat, 29 Oktober 2010

Blog Tematik

Tematik adalah memiliki tema, selama ini jika ditanya tema blog saya adalah apa maka akan saya jawab "Serba-Serbi" hehee semua masuk padahal itu hanya pembenaran karena saya juga bingung blog saya temanya apa, dan apa gunanya tema? menurut pengalaman saya copas di internet banyak juga yang blog temanya amburadul, gak jelas, dan sebagainya. Terkadang mereka juga melakukan pembenaran juga dengan mengatakan tema nya "share Everything" atau sejenisnya.


Dulu saya berfikir bahwa jika blog sesuai temanya maka akan sepi, itu adalah hal yang salah. Orientasi saya adalah pengunjung bukan pada tulisan saya, bukankah jika tulisan kita banyak dengan sendiri pengunjung akan datang, apalah artinya banyak pengunjung jika blog kita tidak dibaca karena kurang menarik dan tidak tematik.

Didalam blog sendiri karena tidak bisa membuat sub dari label, misalnya kita membuat sebuah postingan dengan label "komputer" maka kita tidak bisa lagi membuat sub label dengan "hardware". semua postingan kita harus pasrah masuk kedalam label "komputer" mau itu postingan software, tips trik komputer, word 2007. Penyedia blog telah menyiapkan blog ini memang sesuai temanya makanya dalam satu akun blogger kita bisa membuat beberapa blog. Baiknya secara tematik ini adalah kategorinya lebih tersusun rapi dan jeleknya adalah harus menguru banyak blog. Mungkin inilah salah satu  alasan mengapa para blogger banyak mengubah dari blog ke web yang berbayar.

Dari itu kedepan blog ini akan dibuat secara tematik, postingan yang sudah ya sudahlah (dilagukan dengan lagu bondan). Yang penting kedepannya heheheh. Wah pekerjaan yang agak melelahkan memang untuk membuat blog apalagi untuk orang yang memiliki kemampuan banyak seperti saya --narsis mode on--

Itulah dulu renungan singkat dipagi yang cerah ini!
Wassalam dan tetap mencoret!

8 komentar:

  1. Prettt... kalo cm soal "sub label" mah...
    secara sekarang udah ada fasilitas "tag",dsb yg mampu mengakomodir kebutuhan "blogger kreatif" (kaya saya).
    (catatan: cm buat yg kreatif)

    mengubah dari blog ke web yang berbayar juga gak bs dibilang bijak kalo alasannya cm sekedar "biar bisa bikin sub label".
    menurutku; lebih "sip" kalo tujuan "personalisasi tema" adalah untuk "penyesuaian pada target pembaca". misal: untuk memisahkan bacaan anak2 dan dewasa; bacaan bau SARA dan NON-SARA; tulisan "sampah personal" (-istilah pribadi-) dengan tulisan "pengetahuan".

    BalasHapus
  2. @ anjar sublabel yang kumaksud disitu bukan sub label biasa gus, seperti yang dirimu minta itu jadi dia tetap dalam satu tema klo drimu sudah bisa baguslah

    masalah web berbayar kan kubilang bukan bijak gus tapi "mungkin salah satu alasan"

    BalasHapus
  3. bisanya sih bisa... tapi msh blm sesuai yang kuharapkan.

    BalasHapus
  4. apa sih maksudmu gus, gak ngerti aku, udah lah udah jadi 5 blog ku hehehe

    BalasHapus
  5. Maju Terus sobat, ngeblognya....

    BalasHapus
  6. @ kawan bisnis thank sobat, ayo maju bersama-sama

    BalasHapus
  7. brrr... (just share)
    dr pada tab menu cm di-isi post link ke blog lain, mending tab menunya dibikin link direct / langsung ke blog yg dituju aja bang. lbh praktis.
    kalo saranku: pilih tema andalan. jadiin blog utama (kasih di tab beranda/home), tema lain (di tab lain): edit dikit alamatblognya dr alamat tema utama,. terus layout dibikin sama persis + widget2nya jg.. kurasa lebih rapi drpd ini. search engine kita arahkan untuk plg ke blog yg dijadiin beranda. pengunjung ngga gtu kerasa kalo di"tokok2i". plus kita ngga gtu capek2 ngurusin page rank banyak blog: cukup 1: blog utama... (kalo mo ngetop sih)

    BalasHapus
  8. wah saranmu kuterima gus, mantap gus soal tokok menokok dirimu memang jagonya hehehhe

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa