This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Friday, 6 January 2012

Mengenal Trik-Trik Penjualan di Swalayan DKK


-Swalayan DKK adalah sebutan untuk Swalayan dan sejenisnya seperti Supermarket, mini market, mall, plaza, stand dkk-

Siapa yang tidak pernah berbelanja di Swalayan, rata-rata hampir sobat sekalian pernah. Swalayan sendiri artinya adalah melayani diri sendiri, jadi kita yang berkeliling mencari barang, memilih barang, melihat sendiri harga, mengantar ke kasir, dan membayar sendiri walaupun uang nya terkadang bukan uang sendiri :)). Secara kasat mata, Swalayan tampak biasa-biasa tidak ada trik sama sekali kecuali barang ditata rapi. Namun ternyata banyak sekali trik-trik yang tak kasat mata. Dengan trik ini para pengusaha berusaha membuat para pembeli untuk mengeluarkan kocek lebih dari yang direncanakan. Agar terbebas dari trik ini maka Yok kita bahas....

  • Trik Pemindahan Barang
  • Apa yang terjadi jika pembeli telah mengetahui letak-letak barang di swalayan tersebut, yang terjadi adalah pembeli tidak akan menyia-nyiakan waktu untuk melihat barang-barang yang lain. Dengan demikian peluang pembelian pun menjadi lebih kecil. Para pengelola swalayan pun berusaha memindahkan letak-letak barang agar pembeli tidak begitu hafal lagi letak-letak barang tersebut. Cara mengakali Trik ini adalah dengan langsung menanyakan kepada para pelayan begitu barang yang kita cari telah dipindahkan.
  • Trik Harga
  • Pernahkan kita tertipu dengan harga yang tampak dimata kita? bukan lagi pernah namun sering. Harga yang terpampan dimata kita dengan diotak kita terkadang berlainan, misalnya 12.800 maka kita akan menganggap barang tersebut adalah 12.000 padahal sudah 13.000. Hal ini dikarenakan kita ingin tahu total belanja kita dengan menjumlahkan menggunakan pembulatan kebawah, seharusnya jumlahkan dengan pembulatan keatas. Trik Harga yang lain yaitu dengan memberikan harga bersih, bukan harga kotor. Harga kotor yaitu harga yang sudah termasuk pajak dan biaya-biaya lainnya. Seringkali kita terjebak dengan harga barang Rp. 9.000,-. Setelah dibayar menjadi Rp 9.900,- karena ada Pajak pembangunan. Sudah terjadi selisih sebesar 9.900 untuk suatu item, jika item yang kita beli banyak maka bisa dipastikan total pembelian kita pun menjadi lebih besar. untuk mengatasinya maka setiap kita membeli barang maka pastikan harga kotornya berapa.
  • Trik Diskon
  • Trik Diskon ini juga menjadi salah satu kegemaran para pengusaha untuk meningkatkan daya beli konsumen karena banyak pembeli yang gila diskon, siapa yang tidak mau diskon.Namun bagaimana jika sebelum Diskon barang tersebut harganya telah dinaikkan terlebih dahulu. Harga barang seharusnya 10.000 dibuat jadi 20.000 kemudian di diskon 50%. Harganya tetap sama bukan. Namun bagi sebagian pembeli maka mereka akan berebut karena menganggap barang tersebut telah diobral dengan setengah harga. Cara mengatasi hal ini yaitu dengan cara cek harga asli sebelum memutuskan untuk membeli.
  • Trik Antrian
  • Pengusaha lebih senang jika suatu kasir memiliki 4-9 antrian, mengapa? karena semakin panjang antrian maka semakin banyak hal bisa terjadi. Semakin lama menunggu mata pembeli akan berkeliaran kesana kemari melihat barang-barang yang lain. itulah sebabnya di dekat kasih selalu disediakan barang-barang yang kecil seperti permen, batere, rokok, susu, minuman,snack dll. Jadi jika kemungkinan untuk menambah kasir baru adalah hal yang sangat tidak diinginkan pengelola swalayan DKK kecuali benar-benar terpaksa. Untuk mengatasi hal ini maka cukup anda bersabar jika antrian panjang atau selalu lihat posisi kasir yang paling sedikit.
  • Trik Ubin
  • Mungkin ini yang jarang disadari oleh pembeli juga jarang dilakukan oleh pengelola swalayan dkk Para pihak pengelola lebih memilih ubin yang kecil dibandingkan yang besar. karena dengan ubin yang kecil maka para pembeli yang menggunakan troli akan lebih lambat dikarenakan hambatan ubin. Cara mengatasi nya adalah dengan berjalan secara cepat dan memiliki daftar belanja.
Itulah Trik yang ane dapat share kali ini. Semoga berguna!

Wassalam dan Tetap Mencoret!

0 comments:

Post a Comment

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...