Minggu, 06 Februari 2011

Istilah-Istilah dalam Dota


Dalam artikel sebelumnya, ane telah berjanji untuk membuat sebuah artikel tentang istilah-istilah dalam game Dota. Istilah-istilah ini adalah bersifat umum dan berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan ane sendiri. Jika ada kesalahan, tambahan, atau masukan silahkan disampaikan, biar artikel ini terus diupdate :D. Oke tanpa berpanjang kata lagi, kita mulai saja.


  • Hero : Profil pemain yang bersangkutan, memiliki berbagai ragam pilihan. Bisa secara acak, kita pilih sendiri maupun kita memilih 3 hero yang akan dimainkan secara acak. Hero ini bisa memihak sentinel atau scourge, yang saling ingin mengalahkan. Hero ini terbagi 3, Strength (mengandalkan kekuatan dan health), agility (mengandalkan kecepatan dan ketangkasan), inteligence (mengandalkan jurus-jurus andalan). Hero strengh cenderung memiliki health yang banyak, Hero Agility memiliki kecepatan pukulan dan kecepatan lari, Hero Inteligence memiliki banyak mana dan jurus-jurus yang mematikan, dengan kecepatan yang agak rendah dan darah yang sedikit.
  • Creep : Makhluk yang diproduksi secara terus menerus. Creep ini terbagi 3 yaitu Sentinel, Scourge, dan Netral. Creep ini sangat berguna untuk menambah experience dan emas. experience untuk mempercepat naik level, dan emas untuk membeli senjata, dan berbagai resep mantra.
  • Tower : Tower adalah sebuah bangunan hidup yang dapat menyerang, bisa melihat makhluk yang menghilang, bisa di jadikan tempat berlindung. Normalnya ada 11 tower dalam sebuah game, 3 ditengah, 3 diatas, 3 dibawah, dan 2 di dekat tempat yang paling sangat dilindungi, jika pada scourge disebut Frosen Throne dan jika pada sentinel disebut Tree of life.
  • Hit : Serangan akhir untuk mematikan lawan agar kita mendapatkan emas dan lebih banyak xp.
  • Deny: Serangan akhir untuk mematikan kawan  baik hero, tower maupun creep, agar lawan tidak mendapatkan emas, atau semua mendapat emas dalam jumlah yang sama. Serangan ini hanya pada health tertentu.
  • Stun : Keadaan dimana kita tidak bisa bergerak dan melakukan apapun, jika hanya nol koma sekian detik disebut mini stun. 
  • Silence : Keadaan dimana kita bisa bergerak namun serangan jurus-jurus pamungkas kita terkunci untuk sementara waktu.
  • Channeling : Keadaan dimana kita tidak boleh bergerak selama beberapa waktu saat mengeluarkan sebuah jurus ini, jika bergerak maka jurus tersebut akan gagal. 
  • Critical Hit : Serangan kritis yang dapat melipat gandakan damage kita
  • Health : Jumlah darah atau usia kita, jika 0 maka itu berarti kita mati. perlu menunggu beberapa waktu untuk hidup kembali, atau bisa juga membeli mantra jika ada emas
  • Mana : Jumlah usia jurus kita, beberapa jurus tidak perlu menggunakan mana disebut jurus pasiv, jika aktiv maka jumlah mana yang diperlukan untuk mengeluarkan jurus tersebut akan tertera, jika tidak cukup maka jurus tersebut tenggelam alias tidak dapat digunakan.
  • Fountaine : sebuah tempat markas, yang dapat menyerang, bisa mengembalikan mana dan health dengan cepat.
  • blink : suatu jurus yang bisa berpindah secara cepat dari suatu tempat ke tempat lain
  • orb effect : Efek  yang ditimbulkan dari sebuah senjata sehingga lawan seperti lengket ditempat tersebut
Update 1

  • Damage : kerusakan yang ditimbulkan berdampak besar terhadap health. Dampak yang dihasilkan bergantung pada armor, kemampuan dan senjata  serta hal lain yang memperkuat pertahanan suatu hero.
  • Stack : Keadaan dimana suatu kemampuan saling mendukung, artinya terjadi peningkatan
  • Disassemble : Suatu senjata yang telah diramu menjadi satu kesatuan dapat dipecah kembali.

Update 2

  • First Blood : ada Hero yang pertama kali terbunuh dalam perang
  • Double Kill : Hero yang sama membunuh dua hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
  • Triple Kill : Hero yang sama membunuh tiga hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
  • Ultra Kill : Hero yang sama membunuh empat hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
  • Rampage : Hero yang sama membunuh lima hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
  • Killing Spree : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 3 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Dominating : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 4 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Mega Kill : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 5 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Wicked Sick : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 6 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Monster Kill : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 7 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Godlike : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 8 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Beyond Godlike : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 9 kali dan seterusnya tanpa diselingi oleh mati/spawn
  • Casting : Loading sewaktu mengeluarkan serangan

itu dulu yang ane ingat, ntar diupdate terus sesuai penambahan-penambahan di kemudian hari. See You!

Wassalam dan tetap mencoret!




Cara-cara yang salah untuk mengecilkan perut


Ada pepatah yang mengatakan bahwa perut besar adalah lambang kemakmuran artinya ciri orang banyak duit adalah diukur dari besar perutnya :D. Jika sobat sekalian setuju dengan pepatah ini maka sobat harus tahu juga bahwa ada sebuah survey yang telah membuktikan bahwa " semakin besar lingkar pinggang , maka semakin besar resiko kematian". Jadi berfikirlah lagi untuk bangga memiliki perut yang besar.

Tentu saja memiliki perut yang ideal adalah dambaan bagi setiap orang. Namun beberapa orang terkadang salah dalam melakukan usah-usaha yang dirasa mampu untuk mengecilkan perut mereka. Usaha-usaha mereka tersebut terkadang justru menambah besar pertu mereka. Berikut beberapa cara yang salah yang sering dilakukan untuk mengecilkan perut.

Jumat, 04 Februari 2011

Bekam (Hijamah)

Kemarin malam adalah pengalaman pertama ane di Bekam basah. Untuk diketahui, Bekam terbagi dua yaitu Bekam kering sekedar untuk menyedot angin, sedangkan Bekam basah untuk pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor yang mengandung racun. Karena ini pengalaman ane sendiri, ane akan berbagi sedikit tentang proses bekam itu sendiri. Bagi yang belum mencoba wajib membacanya agar menjadi pengetahuan, dan bagi yang sudah membacanya disunnahkan untuk membacanya untuk penyegaran :)

Oleh-Oleh dari Luar Negeri


Hari ini adalah momen bersejarah dalam kehidupan ane karena di pagi yang indah tadi ane mendapatkan oleh-oleh dari MHB yang baru pulang dari luar negeri (Malaysia dan Singapore). Oleh-olehnya berupa Coklat Singapura, Gantungan Kunci Singapura dan juga Uang Sen Malaysia.




Coklat Singapura berbentuk seperti Patung Singapura karena cuma satu, ane memakan nya secara perlahan-lahan agar terasa kenikmatannya. Masalah rasa jangan ditanya lagi, rasanya sama seperti coklat biasa :D, hanya bentuknya saja seperti singa. Seperti kata pepatah " Don't Judge The Book By its cover, jangan nilai buku dari sampulnya", begitu juga coklat ini, jangan dinilai dari rasa dan harganya namun nilailah dari nilai history perjalanannya. Coklat ini telah melampaui beberapa negara, sudah naik berbagai kendaraan terutama pesawat terbang :D. Mulanya Coklat ini berjumlah tiga kotak dan sudah dimakan oleh APP karena kelaparan, padahal si APP juga dari tempat yang sama dengan MHB X(.

Gantungan Kunci Singapura berbentuk persegi dengan gambar patung singapura terukir ditengahnya. Tanpa Babibu, ane segera meletakkannya sebagai gantungan Kunci untuk Kunci Sepeda Motor dan Kunci Rumah -- Mengingat gantungan ini Dari Singapura Coy :))--. Gantungan kunci ini harganya berkisar Rp. 21.000,-

Uang sen Malaysia, ane dapet 3 uang logam dalam bentuk sen, 20 sen 2 buah dan 10 sen 1 buah, kata MHB itu udah bisa untuk ongkos naik bis disana sekali pergi :D. Sen adalah recehan dari Ringgit, Indonesia juga pernah memakai pecahan sen pada zaman dahulu. Ane juga bingung uang ini buat apa, kalau sewaktu kecil uang unik ini bakal dijadikan kalung :D. 

Selain oleh-oleh dalam bentuk makanan, ada juga oleh-oleh dalam bentuk cerita. Mereka mengatakan bahwa disana kehidupannya serba teratur, jalanan bersih, ada sanksi bagi yang melanggar aturan, kamera ada dimana-mana dan juga petunjuk arah yang jelas. Jeleknya adalah kehidupan mereka nafsi-nafsi alias tidak terlalu peduli dengan sekitarnya. Kalau ane membayangkan kehidupan mereka seperti Kota Metropolis :D. Ane jadi pengen kesana, kata mereka biayanya sekitar 2 jutaan . Kapan ya bisa kesana :D???

Wassalam dan Tetap Mencoret!

Dota : Hero Aiushta (Enchantress)


Malem sobat sekalian, karena ane lagi keranjingan Dota maka akan ada label khusus tentang Dota. Jadi sambil bermain game ane masih bisa tetap menulis. Kali ini ane akan membahas tentang Hero wanita yang bernama Aiushta, Enchantress. Aiushta adalah namanya, dan Enchantress adalah gelarnya. Bentuk Makhluk ini seperti Centaurus, kuda dengan kepala manusia. Mungkin Centaurus tapi versi cewek :D. Yang akan dibahas disini kelebihan dari Hero ini. Mengenai Istilah-istilah dalam Dota maka akan ane bahas dalam artikel lain :) (telah ane bahas diartikel ini)


Aiushta adalah salah satu Hero kebanggaan ane karena selain mudah memainkannya juga memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat diandalkan. Mari kita telusuri apa aja kelebihan Hero ini.

Untouchable( tak tersentuh)
Ilmu pertama ini sangatlah unik dan efisien, karena apabila Aiushta ini diserang, serangan lawannya akan menjadi lambat, terdiri dari 4 upgrade. upgrade pertama melambatkan sebesar 20%, Upgrade 2 memperlambat 30%, Upgrade 3 memperlambat  40%, Upgrade 4 memperlambat 50%. Ilmu ini bersifat pasive, artinya tidak mengeluarkan mana. 

Enchant (Mengguna-gunai)
Ilmu kedua ini adalah menghipnotis Creep lawan dan Creep Neutral agar berpihak pada Aiushta. Apabila tidak bisa diguna-gunai maka serangan ini akan memperlambat kecepatan musuh, level pertama memperlambat 20%, level kedua memperlambat 30%, level ketiga memperlambat 40%, level keempat 50%. Ilmu ini bersifat aktif, namun tidak sering digunakan karena hanya untuk memperlambat musuh yang lari, baik ke arah kita maupun ingin melarikan diri. Cool downnya per level adalah 30/25/20/15.

Nature Attendants (Pelayan Natural)
Ilmu ketiga ini adalah buat menyembuhkan diri, radius penyembuhan adalah 300 radius. Jadi apabila ada Hero Kawan maka dapat juga disembuhkan. Ilmu ini mengeluarkan Wisp(seperti kristal2 kecil) selama 10 detik, setiap wisp memberikan 10 HP. Level pertama sebanyak 3 Wisp, level kedua 5 Wisp, level ketiga 7 Wisp, level 4 9 Wisp. Level ini bersifat aktif, dan sangat penting. Cooldown adalah 45 detik.

Impetus (Daya Pendorong) 
Ilmu ke empat (ultimate) adalah Impetus. Ilmu ini berkaitan dengan jarak, jadi Aiushta mendapatkan bonus damage dari jarak dia menghantam musuh, semakin jauh semakin bagus, asalkan masih dalam jangkauan. Level pertama 15% bonus damage, level kedua 20% bonus damage, Level ketiga adalah 25% bonus damage.

Kelebihan Hero ini adalah dapat membunuh dengan cepat dan juga Heal dengan sangat cepat. Namun kelemahannya adalah Healthnya yang sedikit dan menguras banyak mana.

Wassalam dan tetap Mencoret!