Dalam artikel sebelumnya, ane telah berjanji untuk membuat sebuah artikel tentang istilah-istilah dalam game Dota. Istilah-istilah ini adalah bersifat umum dan berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan ane sendiri. Jika ada kesalahan, tambahan, atau masukan silahkan disampaikan, biar artikel ini terus diupdate :D. Oke tanpa berpanjang kata lagi, kita mulai saja.
- Hero : Profil pemain yang bersangkutan, memiliki berbagai ragam pilihan. Bisa secara acak, kita pilih sendiri maupun kita memilih 3 hero yang akan dimainkan secara acak. Hero ini bisa memihak sentinel atau scourge, yang saling ingin mengalahkan. Hero ini terbagi 3, Strength (mengandalkan kekuatan dan health), agility (mengandalkan kecepatan dan ketangkasan), inteligence (mengandalkan jurus-jurus andalan). Hero strengh cenderung memiliki health yang banyak, Hero Agility memiliki kecepatan pukulan dan kecepatan lari, Hero Inteligence memiliki banyak mana dan jurus-jurus yang mematikan, dengan kecepatan yang agak rendah dan darah yang sedikit.
- Creep : Makhluk yang diproduksi secara terus menerus. Creep ini terbagi 3 yaitu Sentinel, Scourge, dan Netral. Creep ini sangat berguna untuk menambah experience dan emas. experience untuk mempercepat naik level, dan emas untuk membeli senjata, dan berbagai resep mantra.
- Tower : Tower adalah sebuah bangunan hidup yang dapat menyerang, bisa melihat makhluk yang menghilang, bisa di jadikan tempat berlindung. Normalnya ada 11 tower dalam sebuah game, 3 ditengah, 3 diatas, 3 dibawah, dan 2 di dekat tempat yang paling sangat dilindungi, jika pada scourge disebut Frosen Throne dan jika pada sentinel disebut Tree of life.
- Hit : Serangan akhir untuk mematikan lawan agar kita mendapatkan emas dan lebih banyak xp.
- Deny: Serangan akhir untuk mematikan kawan baik hero, tower maupun creep, agar lawan tidak mendapatkan emas, atau semua mendapat emas dalam jumlah yang sama. Serangan ini hanya pada health tertentu.
- Stun : Keadaan dimana kita tidak bisa bergerak dan melakukan apapun, jika hanya nol koma sekian detik disebut mini stun.
- Silence : Keadaan dimana kita bisa bergerak namun serangan jurus-jurus pamungkas kita terkunci untuk sementara waktu.
- Channeling : Keadaan dimana kita tidak boleh bergerak selama beberapa waktu saat mengeluarkan sebuah jurus ini, jika bergerak maka jurus tersebut akan gagal.
- Critical Hit : Serangan kritis yang dapat melipat gandakan damage kita
- Health : Jumlah darah atau usia kita, jika 0 maka itu berarti kita mati. perlu menunggu beberapa waktu untuk hidup kembali, atau bisa juga membeli mantra jika ada emas
- Mana : Jumlah usia jurus kita, beberapa jurus tidak perlu menggunakan mana disebut jurus pasiv, jika aktiv maka jumlah mana yang diperlukan untuk mengeluarkan jurus tersebut akan tertera, jika tidak cukup maka jurus tersebut tenggelam alias tidak dapat digunakan.
- Fountaine : sebuah tempat markas, yang dapat menyerang, bisa mengembalikan mana dan health dengan cepat.
- blink : suatu jurus yang bisa berpindah secara cepat dari suatu tempat ke tempat lain
- orb effect : Efek yang ditimbulkan dari sebuah senjata sehingga lawan seperti lengket ditempat tersebut
Update 1
Update 2
itu dulu yang ane ingat, ntar diupdate terus sesuai penambahan-penambahan di kemudian hari. See You!
- Damage : kerusakan yang ditimbulkan berdampak besar terhadap health. Dampak yang dihasilkan bergantung pada armor, kemampuan dan senjata serta hal lain yang memperkuat pertahanan suatu hero.
- Stack : Keadaan dimana suatu kemampuan saling mendukung, artinya terjadi peningkatan
- Disassemble : Suatu senjata yang telah diramu menjadi satu kesatuan dapat dipecah kembali.
Update 2
- First Blood : ada Hero yang pertama kali terbunuh dalam perang
- Double Kill : Hero yang sama membunuh dua hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
- Triple Kill : Hero yang sama membunuh tiga hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
- Ultra Kill : Hero yang sama membunuh empat hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
- Rampage : Hero yang sama membunuh lima hero sekaligus dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama
- Killing Spree : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 3 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Dominating : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 4 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Mega Kill : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 5 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Wicked Sick : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 6 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Monster Kill : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 7 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Godlike : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 8 kali tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Beyond Godlike : Julukan untuk Hero yang membunuh hero lain sebanyak 9 kali dan seterusnya tanpa diselingi oleh mati/spawn
- Casting : Loading sewaktu mengeluarkan serangan
itu dulu yang ane ingat, ntar diupdate terus sesuai penambahan-penambahan di kemudian hari. See You!
Wassalam dan tetap mencoret!