This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Thursday, 6 January 2011

Demam Berdarah

Di sore yang semakin sore ini ane kembali menulis, setelah kemarin sibuk sedikit berbenah dengan penampilan blog ini. Kemarin ane bersih-bersih, layaknya sebuah rumah, blog juga perlu dibersihkan dari sampah dan gadget yang dirasa tidak berguna :>. Cerita bersih-bersih, ane jadi inget dengan nyamuk Demam Berdarah, Nyamuk ini menyenangi genangan-genangan air yang bersih sebagai tempat berkembang biak :D. Jadi ane sedikit mengupas tuntas tentang penyakit ini kali ini.

Penyebab

Penyakit ini disebabkan virus Dengue maka sering kali penyakit ini disingkat dengan DBD, Demam Berdarah Dengue. Pembagian virus ini juga terbagi empat yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4, itulah sebabnya mengapa terkadang ada kelainan ciri-ciri antara satu penderita dengan penderita lain. Penyakit ini menular melalui nyamuk Aides Aegefty, juga melalui nyamuk yang telah menghisap darah penderita DBD kemudian menghisap darah orang yang sehat.Serangan Virus ini mengakibatkan pendarahan pada organ tubuh, hal ini ditandai dengan muncul nya bintik merah disekitar tubuh. Jika pendarahan terjadi pada organ-organ penting maka tak ayal maut akan meregang nyawa

Gejala
DBD biasanya disertai dengan gejala seperti pelana kuda, seperti iklan di Tivi, bagi yang belum nonton tivi karena gak punya tivi maka nontonlah tivi tetangga:)) atau  tidak usah nonton tivi cukup baca artikel ini, ane akan menjelaskan gejalanya :

  • Demam tinggi dengan suhu lebih dari 38 derajat celsius 
  • Badan terasa pegal, nyeri otot, sakit kepala, mengigil, buang-buang air atau muntah
  • Muncul bintik merah, biasanya jika demam hanya sebentar maka bintik ini tidak muncul. Lakukanlah tehnik tourniquet untuk memastikan adanya bintik merah, caranya adalah dengan menjempit pembuluh darah seperti hendak memeriksa darah atau dengan menarik kulit kearah bawah agar pori-pori tampak lebih jelas.
  • Setelah hari ketiga, demam seperti sembuh atau suhu panas tubuh menurun tetapi setelah itu suhu akan meningkat, dan demam kembali menyerang, masa ini lah masa yang paling kritis dan puncak, jika demam anda tidak kunjung sembuh maka itu berarti kematian, jika sembuh maka anda selamat.
Pengobatan
Pengobatan secara khusus belum ada yang menyembuhkan penyakit ini. Yang dilakukan  adalah mencegah si penderita agar tidak dehidrasi. Jika penderita mengalami masalah gangguan makanan, diare, muntah maka sebaiknya segera dilarikan ke RS terdekat agar dapat di Infus. Dengan demikian penderita memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Cara Pencegahan
Mungkin hal ini sudah tidak asing lagi yaitu dengan 3 M :
  • Menguras Bak Mandi
  • Menutup tempat pembuangan air
  • Mengubur Barang Bekas
Sekian dulu untuk malam ini, ane ada acara makan-makan.


Wassalam dan Tetap Mencoret!
Referensi : 

3 comments:

  1. nais post. thanks.
    kosanku mendadak banyak nyamuuukkkkk....

    ReplyDelete
  2. terimakasih sudah berkunjung gus :D

    ReplyDelete
  3. wahhhaaa.. ketahuan...
    nih..
    ada new post bang... posting artikel agama (islam) kukususkan di abatasa.. :)
    http://goesphinx.abatasa.com/post/detail/14754/makin-banyak-wanita-inggris-menjadi-muslim

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...