Rabu, 29 Februari 2012

Tehnik Duplikat pada Microsoft Excel


Pertama-tama izinkan saya berterima kasih kepada Goesphin atas sharing ilmunya yang berharga ini. Mengapa berharga? karena lebih efisien dan efektif. Dengan bangga saya persembahkan kepada sobat sekalian inilah TEHNIK DUPLIKAT,.

Sebelum mengenal lebih jauh, mari kita bahas sedikit tentang dasar Excel , coba klik salah satu kotak pada excel misalnya A2. A menunjukkan kolom, dan 2 menunjukkan baris. Jadi yang saya klik adalah kolom A baris 2 atau disebut dengan Cell A2. Cell(sel) adalah tempat pertemuan antara kolom dan baris.

Sekarang bagaimana cara cepat kita menyalin suatu cell ke cell lainnya, anda bisa meng copy nya dengan berbagai cara yang telah saya jelaskan disini ataupun dengan memakai formula "=". Namun cara-cara tersebut, saya kurang efisien kita gunakan kalau hanya untuk mengcopy cell yang berada diatas kita. Ada cara yang lebih praktis lagi yaitu dengan tehnik duplikat yaitu menggunakan  Ctrl + D . . Misalnya : kita telah menulis "SAYA" pada Cell A1, tepat dibawahnya ada Cell A2 maka tinggal tekan Ctrl + D untuk menyalin kata "SAYA" pada A1. Cobalah untuk mempraktekkannya agar lebih paham.

Tehnik Duplikat ini memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu :
  • Hanya bisa menduplikat Cell diatasnya
  • Tidak dapat digunakan untuk menyalin ke beberapa Cell
  • Cell yang akan digunakan untuk menyalin adalah belum ada editan didalamnya, misalnya sobat sekalian telah mengetik Huruf "a" lalu menghapusnya maka fungsi ini tidak akan berjalan. Fungsi ini dapat berlaku cell yang isinya di delete secara penuh, misalnya di sebuah cell ada sebuah tulisan " saya" lalu kita klik cell tersebut dan memencet tombol delete pada keyboard.
Untuk menjadi perhatian sobat sekalian adalah :

  • ini hanyalah tehnik untuk menduplikat cell bukan tehnik untuk mencopy, jadi sangat wajar jika banyak memiliki keterbatasan. 
  • Efisien karena hanya menggunakan satu langkah(Ctrl + D) untuk menyalin sedangkan cara lain memerlukan sampai dengan 4 langkah(1. klik cell yang ingin disalin, 2. tekan ctrl + c, 3. lalu ke cell tujuan, 4. lalu paste).

Wassalam dan Tetap Mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa