Senin, 05 Maret 2012

Cara mengatasi Cell yang tidak bisa diakses/dibuka


Dahulu kala, saya pernah mengalami masalah yang sangat pelik saat bekerja dengan Microsoft excel, cell A1-A4 tidak bisa dibuka/diakses padahal di cell tersebut ada teks yang saya ingin edit, akhirnya saya menemukan cara manual untuk mengeditnya melalui name box dan formula bar yang memakan waktu dan sedikit ribet. Beberapa hari yang lalu ane telah menemukan penyebab cell tersebut mengapa tidak bisa dibuka/diakses, dan caranya pun sangat mudah dan tidak ribet. Kalau ada yang mudah, ngapain susah2!. Jika sobat sekalian pernah mengalami hal yang serupa maka artikel ini lah jawabannya dan jika tidak pernah maka usahakan agar pernah :D.

Bagi yang belum tau masalahnya maka gambar dibawah ini adalah sedikit review dari masalah yang dihadapi :



Pada gambar diatas menunjukkan posisi scroll sudah ada diatas padahal cell menunjukkan pada cell A249 seharusnya yang benar adalah posisi scroll agak berada dibawah agar scroll dapat digerakkan, jika berada pada posisi diatas maka scroll tidak akan bisa digerakkan jadi kita tidak bisa menuju cell A1-A248. Cara mengatasinya  pada intinya cell melepaskan pengunci/pembekunya yang biasanya disebut Freeze Pane. Caranya adalah pada tab View ada Ribbon Windows kemudian klik Freeze Pane pilih Unfreeze Pane. Saya menggunakan Microsoft Word 2007, (lihat gambar)


Mudah bukan? Tentu saja mudah, yang empunya blog ini adalah seorang pemuda. :D
Wassalam dan Tetap Mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa