This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Wednesday, 8 December 2010

Tips Cara Menulis Sistematis


Menulis mungkin awalnya sembarangan tetapi lama kelamaan tulisan kita harus memiliki sistematika yang jelas. Apa itu Sistematis? Sistematis adalah berurutan, jika tidak berurutan maka kelihatan amatir dan kacau balau. Kali ini ane akan sedikit berbagi tentang tips untuk menulis secara sistematis dari pengalaman ane selama memasuki dunia blogger yang menggali kreatifitas tanpa batas :">.

Ane terinspirasi dari sebuah acara "Indonesia Got Talent" disana ada seorang nenek-nenek yang udah rada pekak ikut dalam acara ini dan memamerkan kebolehannya dalam ber SKJ(Senam Kesegaran Jasmani) ria, dan lucunya sebelum musik diputar si nenek dah senam duluan:)) =)). Jadi kali ini ane ingin berbagi tips menulis sistematis dengan sistim SKJ. Check this out :

Persiapan

Jika ingin Senam maka kita perlu mempersiapkan segala sesuatu nya seperti pakaian olahraga, sepatu, stamina, teman, instruktur dll. Begitu juga menulis ktia memerlukan persiapan seperti topik yang menarik, inspirasi, koneksi internet  yang lagi kenceng dan stabil :D, komputer yang bisa dipake dll.

Pemanasan

Pemanasan dilakukan agar badan kita tidak terlalu kaku atau membuat anggota badan membiasakan dengan gerakan-gerakan, sehingga cedera dapat ditanggulangi. Pemanasan ini juga bisa dilakukan dengan tulisan dengan cara prolog yang lucu, bahasa yang sederhana dan menarik, dan juga mungkin sedikit joke pembuka sehingga suasana artikel akan terasa cair dan hangat . Tetapi jangan terlalu lama karena pemanasan bisa membosankan kalo terlalu lama:)).

Inti

Tujuan senam adalah inti, begitu juga dengan tulisan tulisannya adalah topik yang ingin kita bahas, jangan melenceng dari topik, tetapi jangan juga buat pembaca anda bosan dengan topik. Ungkapkan secara sederhana disertai dengan hal-hal lucu,  usahakan pembahasan dari hal yang sederhana ke hal yang menarik sehingga pembaca anda merasakan penasaran untuk menyelesaikannya sampe akhir tulisan.

Pendinginan

Pendinginan diperlukan untuk menghindari cedera setelah melakukan hal yang inti. Dalam tulisan juga begitu pendinginan dilakukan dengan memberikan nasehat-nasehat singkat, atau salam-salam penutup sehingga terkesan anda memang serius dalam menulis dan ingin menulis lagi keesokan harinya. :>

Itulah sedikit tips yang bisa ane share untuk saat ini, karena dah malem ane mohon pamit dulu, semoga menambah pengetahuan bagi kita semua. setelah membaca artikel ini, cobalah untuk memahami mana persiapan, pemanasan inti dan pendinginannya, jika anda sudah paham maka ane ucapkan selamat <:-P

Wassalam dan tetap mencoret! :-h

2 comments:

  1. ane lebih demen mengetik, gm tuch gan?

    ReplyDelete
  2. #sanjaya ya udah tulis tangan aja sekalian :))

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...