Kamis, 01 Maret 2012

Membuat Tombol Reply (Balas) Pada Komentar di Blogger (Blogspot)


Jika ada suatu artikel yang telah dibaca maka direkomendasikan  untuk berkomentar, selain untuk mengasah pengetahuan dalam menanggapi  juga membuat si pembuat artikel akan termotivasi untuk membuat artikel yang lain dan pembaca yang lain mengetahui bahwa artikel tersebut disukai serta jika ada kendala-kendala dapat didiskusikan pada bagian komentar sehingga kita dapat berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah. 

Yang membuat malas untuk berdiskusi di bagian komentar antara lain masih ribetnya cara membalas komentar tersebut, selain harus menyebutkan nama yang berkomentar juga letaknya berada pada bagian paling bawah, bukan berada persis di bagian bawah yang kita komentari. Untuk mengatasi hal ini ada cara yang mudah yaitu membuat Tombol Reply (balas) pada komentar pada blogger (blogspot). Mengapa hanya untuk blogspot? karena pengetahuan ane hanya terbatas disini. :)



Setelah saya sedikit googling, ada berbagai macam cara untuk membuat tombol reply ini :

  • Menggunakan Java script
  • Menurut saya ini cara ini masih ribet dan berdampak negatif karena bisa membuat loading pagenya menjadi agak lambat dan jika  si pengguna menon aktifkan javascript nya maka hal ini akan terlihat sia-sia
  • Mengedit template 
  • Ada juga sebagian besar para blogger yang mengedit template agar dapat menggunakan tombol reply ini. Ini memang keberhasilannya tinggi namun resikonya juga tinggi apalagi bagi pengguna (termasuk ane) yang tidak mahir menggunakan bahasa CSS. Jika template tersebut tidak berhasil dan lupa membuat Back Up maka bersiaplah untuk memulainya dari awal lagi.
Jika sobat sekalian tidak ingin mengalami masalah-masalah diatas maka ikutilah ajaran dari Kanjeng Musthofa di blog ini karena caranya cukup simple, resiko tidak ada dan tingkat keberhasilan tinggi. Berikut langkah-langkahnya (ane menggunakan bahasa Indonesia, dan  Home tampilan dinamic, bagi yang berlainan harap menyesuaikan)

  • Pertama, log in ke Blogger
  • Lalu pilih opsi Setelan - Pos dan Komentar
  • Ini adalah cara untuk memastikan bahwa Fitur Komentar anda tidak di non aktifkan. Pada pilihan Lokasi Komentar maka pilihlah opsi Tersemat atau Halaman Penuh, jangan pernah memilih Sembunyikan karena fitur ini hanya digunakan untuk menonaktifkan fitur komentar (Lihat Gambar) . Jangan lupa untuk menyimpannya.


  • Kemudian Pilih Opsi Lainnya pada pilihan Bolehkan Umpan Blog - pilih Penuh. (Lihat Gambar)Jangan lupa untuk menyimpan settingan ini.


  • Terakhir coba lihat blog sobat sekalian apakah sudah berhasil atau tidak. Jika berhasil akan tampak seperti gambar dibawah ini :


Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil, jangan lupa komentar ya!

Wassalam dan Tetap Mencoret! 

13 komentar:

  1. Makasih infonya mas..^_^ kunjungi saya and follow ok ^_^ ..

    BalasHapus
  2. jika kita menggunakan blog gratis, semisal blogspot dan masih asli template nya asli dari blog maka tips di atas bisa dimanfaatkan, namun jika kita sudah mengubah template ambil dari tempat lain. kemungkinan besar opsi di atas tidak bisa berjalan. namun nice infonya dan terimakasih atas infonya. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar sekali gan. jika kita ingin tampilan menarik sekaligus praktis memang lebih baik menggunakan template yang telah di design oleh designer nya namun hal ini membuat kekreativitasan kita menjadi berkurang. Dengan Template asli kita dapat sedikit lebih berkreasi dan inovatif dan sekaligus dapat memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia pada blogger. Happy Blogging

      Hapus
  3. wadu pnya ane templatenya uda editan malah tmbol balas comennya ilang jd ribet klo mau blas komen

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan, begitulah klo kita menggunakan template yang berasal dari luar blogspot maka beberapa fitur menjadi disable

      Hapus
  4. Woouw, keren sob...
    izin nyobak sob...
    jangan lupa kunjungannya sob..
    di tunggu.....

    BalasHapus
  5. ko a bsa gmna donk,tman2 pda kmntri blogq mau blas aq q tau carax

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan yathi, ane gak ngerti bahasanya ... semoga bisa diperjelas...trims

      Hapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa