This blog is Processing to bilingual language blog, English and Bahasa. Hope you like!If the err is found in words, grammar and others. Please send a comments, critics or just remembering me. thanks! (Blog ini sedang diproses dalam dua bahasa, Inggris Indonesia. Semoga Anda semakin suka. Jika ada kesalahan dalam penulisan, tata bahasa, dan lainnya baik Indonesia maupun Inggris jangan sungkan sungkan untuk berkomentar, mengkritik atau sekadar mengingatkan TQ!)

Wednesday, 8 December 2010

Penyakit Jantung


Sebelumnya kemarin kita telah membahas bahaya merokok dan salah satu nya adalah penyakit jantung yang akan kita bahas dimalam yang penuh dengan bintang gemintang :D. Jantung adalah organ vital manusia, jika berhenti berdetak maka manusia tidak lagi menjadi manusia tetapi bernama jenazah atau mayat:> jadi kita harus memberi perhatian yang ekstra kepada organ yang satu ini. Penyakit jantung adalah penyakit nomor 3 yang menyebabkan kematian. Jadi bagi anda yang punya penyakit ini bisa berbangga hati karena sudah masuk 3 besar :)).

udah cukup prolog nya,sekarang kita menuju pembahasannya :) :


Penyakit Jantung

Jantung adalah Organ yang berfungsi untuk memompa ke seluruh darah. Penyakit Jantung yang berbahaya dan mematikan adalah penyakit Jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyebabnya adalah karena pembuluh darah koroner mengalami penyempitan sehingga mengangganggu peredaran darah ke jantung dan menyebabkan serangan jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh.

Gejala Penyakit Jantung 

Berhati-hatilah jika anda mengalami gejala -gejala dibawah ini :
  • Rasa sakit atau nyeri di dada
  • merasakan tekanan dada mulai dari 30 detik - 5 menit
  • keringat dingin
  • jantung berdebar-debar
  • pusing
  • merasa ingin pingsan
  • tersengal-sengal saat olahraga
  • sering merasa sangat lelah
Serangan jantung ringan adalah pertanda dari awalnya serangan jantung yang hebat. Serangan jantung ringan misalnya kontraksi secara tiba-tiba di bagian dada. Jika hal ini terjadi maka berhati-hatilah karena beberapa hari kemudian akan terjadi serangan jantung yang hebat.

Tips Mengantisipasi gejala serangan jantung

Jika gejala-gejala ini menyerang anda maka lakukanlah hal-hal berikut :
  • Hentikan aktivitas, duduk atau berbaringlah sambil menarik nafas dalam-dalam
  • Segera Hubungi orang-orang terdekat atau di dekat anda, hubungi nomor darurat yang akan segera membantu anda
  • Jika bisa bergegaslah kerumah sakit, karena dirumah sakit alat-alat lengkap dan tersedia juga ada ruang khusus untuk menangani keadaan darurat dibandingkan dokter yang datang kerumah anda
  • Jika tidak bisa ke rumah sakit maka, sambil menunggu dokter datang,lakukanlah pertolongan pertama yang akan memperlama proses serangan jantung semakin parah misalnya melonggarkan pakaian, dasi, ikat pinggang yang ketat. Buatlah posisi anda dalam berada posisi senyaman mungkin
  • Tetap tenang jangan panik baik anda adalah penderitanya ataupun penolongnya. Kepanikan hanya akan menimbulkan irama jantung yang tidak stabil dan mengancam kehidupan (aritmia)
Itulah sekilas sobat sekalian tentang Penyakit jantung, gejala, dan sedikit mengatasi gejalanya. Tadinya mau lanjut ke Pencegahan tetapi karena dah malem besok aja deh ane sambung, sekalian memperbanyak postingan =)). Jadi kenali gejalanya dan kenali antisipasinya. :>

Update :
Silahkan baca pencegahan penyakit jantung disini!

Wassalam dan tetap mencoret! :-h
referensi :

2 comments:

  1. Waduh.... ngeri sob kalo kena penyakit jantung... Bisa bahaya nantinya...

    http://bilbulsama.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. @bilbul, seep gan, memang kita kudu lebih baik mencegah daripada mengobati

    ReplyDelete

Kekurangan Masyarakat Indonesia ialah setelah Membaca enggan berkomentar, apakah anda salah satunya????

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...