Rabu, 27 Oktober 2010

Tanda dari Tubuh agar segera berolahraga









Eisntein mengatakan setiap Aksi menimbulkan Reaksi. Begitupun tubuh kita, tubuh kita memerlukan olahraga dan jika hal ini tidak kita lakukan maka tubuh kita pun melakukan reaksi dengan cara memberikan tanda-tanda agar kita segera berolahraga. Berikut ini sebagian tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh agar kita segera berolahraga :

1. Terengah-engah saat naik tangga 

Cobalah untuk menaiki tangga sebanyak 2 lantai apabila anda terengah-engah sebelum sampai diatas atau begitu sampai merasa terengah-engah maka sudah saatnya anda untuk mempebanyak olahraga dan mungkin juga harus mengurangi aktifitas merokok anda.

Penjelasannya adalah ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, kebutuhan oksigen pun meningkat seiring denyut nadi yang semakin cepat. Terengah-engah merupakan tanda dari tubuh yang menandakan bahwa tubuh anda kekurangan oksigen, dengan berolahraga seperti berlari maka anda akan terbiasa untuk mengontrol oksigen. Apabila anda masih terengah-engah juga setelah giat berolahraga atau sewaktu berolahraga maka ada yang tidak beres dengan organ pernafasan anda, ada baiknya anda memeriksakan diri kedokter dan mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok,  

2. Badan lemas dan lesu berkepanjangan

Tubuh Anda terasa lemas dan lesu yang berkepanjangan? Padahal Anda tidak memiliki aktivitas fisik yang berat secara terus menerus atau setelah lama berisitirahat juga anda masih merasa lemas dan lesu  atau sudah makan makanan bergizi masih juga lemas dan lesu. Jika anda merasakan hal itu maka segeralah berolahraga
Penjelasannya adalah Olahraga akan meningkatkan level oksigen dan juga memproduksi hormon endorphin yang mampu mendatangkan perasaan senang dan sehat. Jika tumbuh perasaan senang dan sehat maka sudah pasti lemas dan lesu akan hilang.

3. Sering telat mikir

Anda sering merasa telat dalam berfikir. Atau anda merasa seperti computer yang membuka suatu aplikasi aja lamanya minta ampun, atau terkadang anda malas berfikir tentang sesuatu. Maka sudah saatnya anda menjadikan Olahraga sebagai kebutuhan.

Penjelasannya adalah Otak jadi lambat berfikir karena peredaran darah ke otak kurang lancer atau terhambat maka dengan olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Otak akan mendapatkan suplai oksigen dan air yang dibutuhkan untuk bekerja secara maksimal.

4. Punya masalah tidur

Tidur anda bermasalah seperti susah tidur, atau kurang lelap tidur atau sering gelisah. Padahal anda bukanlah Tipe orang yang tidur nya susah. Cobalah untuk membiasakan olahraga.

Penjelasannya adalah jika kita sedang stress maka ini akan berdampak kepada pola tidur anda. Menurut Shawn Talbott, Ph.D, penulit The Cortisol Connection Olahraga sangat efektif untuk meredakan stress.

5. Sering terserang flu

Flu atau dikenal dengan Influenza disebabkan oleh virus yang menyerang ketika kekebalan tubuh(imunitas) kita sedang lemah. Agar tidak mudah terserang flu maka berolahragalah secara teratur. Masuk angin juga dikategorikan flu dalam dunia kedokteran. Jadi jika anda sering masuk angin itu juga karena virus.

Penjelasannya adalah dengan olahraga yang teratur memperbaiki fungsi sistem limfatik serta meningkatkan kadar leukosit, sel darah putih yang dalam sistem imunitas tubuh berfungsi memerangi virus dan infeksi.

Referensi :
NB : Artikel ini telah dikirim kepihak  wuah.com

7 komentar:

  1. lah,,,,kok ini tanda2 dr aku smua ya bg :(
    - baru naek 10 anak tangga sambil ngesot2 aja dah ngos2an
    - badanku pun sering lemah,letih,lesu,kuang bergairah
    - mang aku sering lemot :(
    - apalagi masalah tidur,sering x susah tidur
    - kalo flu mang penyakit yg sering dialami

    BalasHapus
  2. dirimu betul-betul gak sehat nur, dan sangat perlu berolahraga, tumben kok dirimu baru muncul

    BalasHapus
  3. tapi aku ke padang bang,,,
    baru nyampe td siang,,

    BalasHapus
  4. wah..bener banget gan...
    ane kebanyakan maen internet jd kyk gn
    jadi jarang olarhga..
    dampaknya tubuh ane jd lemas and sering terkena flu..mantap gan thread ini ^^

    BalasHapus
  5. tmen aq g prnh olahraga, olahraga pling klo lbur pnjang to pun g tiap hari (3 hr 1x)tp dia baik" ja tuh, mlah an dapet rnking 3 bsar trz

    BalasHapus
  6. @???, berarti teman agan itu memiliki daya imunitas yang kuat. tubuh orang kan berbeda2 gan. Tuham menciptakan manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, untuk kekurangan pun tuhan telah menciptakan cara mengatasinya. Misalnya tubuh kita imunitas nya kurang bagus maka jalan terbaik adalah melancarkan peredaran darah dengan berolahraga secara teratur agar terjaga kesehatannya

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa