Senin, 01 November 2010

Bahaya Minuman Bersoda

Minuman soda memang banyak disenangi dan dapat kita jumpai dari mulai minuman kaleng, botol bahkan direstoran-restoran mewah. Tidak hanya itu jenis minumannya pun beragam, ada air putih yang dicampur soda, atau air karbonasi bersoda, dan juga ada teh yang bersoda. Minum soda jika sesekali tidak masalah, tetapi jika sering bahkan sampai kecanduan bahaya mengincar anda. Soda memiliki Kafein yang dapat membuat orang ketagihan. Berdasarkan International Journal of Clinical Practice dikutip dari buzzle MInggu (31/10/2010). Berikut beberapa alasan Mengapa kita harus berhenti meminum soda sejak dini :


1. Bisa Menyebabkan obesitas

Soda adalah minuman yang tidak punya nilai gizi tapi mengandung kalori dan gula yang tinggi. Kandungan kalori nya sebagian besar adalah 250 kalori per 600 ml. Minuman ini juga tidak mengandung nutrisi atau mineral, yang ada hanya gula dan kafein. Gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan akhirnya obesitas, Kafein meninmbulkan ketagihan.

2. Bisa menyebabkan Dehidrasi

Soda bersifat diuretik sehingga produksi urin meningkat, akibatnya cairan didalam tubuh lebih banyak keluar dari yang seharusnya. cara mengimbanginya ialah dengan banyak meminum air putih, jika tidak diimbangi maka akan menyebabkan dehidrasi atau kehilangan cairan.

3. Memicu Radang sendi dan Osteoprosis

Soda mengandung Asam Fosfor, asam inilah yang menimbulkan sensasi kesegaran atau jika dimasukkan ke air asam ini akan menimbulkan gelembung-gelembung udara. Asam ini jika terus menerus masuk kedalam tubuh akan menggerogoti tulang. Tulang semakin lama semakin rapuh dan membentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong, sehingga kepadatan tulang akan berkurang. Hal inilah yang memicu Resiko radang sendi dan Osteoporosisi.

4. Merusak Gigi

Gigi akan mengalami kerusakan jika minuman soda terus dikonsumsi karena Soda mengandung asam dan memiliki kadar gula yang tinggi. Komponen asam soda dapat merusak email gigi dan gigipun lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Erosi Pada Lambung

Konsumsi jangka panjang juga bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung akibatnya perut sering mulas, bergas, dan masalah pencernaan lainnya.

6. Merusak jantung, ginjal dan hati.

Soda juga mengandung Natrium yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jika terlalu banyak minum soda dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati.

7. Menyebabkan Diabetes, Imsonia dan Darah Tinggi

Efek lain dari mengkonsumsi Soda secara terus menerus adalah dapat menimbulkan diabetes tipe2 dikarenakan kadar gula yang tinggi, juga bisa menyebabkan Imsonia dikarenakan efek kafein. Kafein ini juga bisa mneyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung dag dig dug tidak karuan.

Langkah-Langkah Menghentikan  Minum Soda

Kebiasaan Minum soda terkadang membuat orang ketagihan karena Efek Kafein. Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menghentikannya :

1. Kurangi Secara bertahap

JIka biasa Anda meminum soda setiap hari satu botol maka cobalah untuk 2 hari sekali dengan porsi yang sama. setelah terbiasa maka cobalah untuk setengah dari itu sampai akhirnya anda akan berhenti dan efeknya pun tidak terlalu terasa.

2. Campur dengan Air

Ketika anda berniat berhenti minum, karena ketagihan maka akan ada keinginan yang besar untuk meminumnya dengan porsi yang lebih banyak. Cara mengatasi ini ialah dengan cara memberikan air / atau es lebih banyak. Dengan demikian Kandungan Air lebih banyak dibanding soda.

3. Ganti dengan Minuman Sehat lainnya

Cobalah untuk mengganti kebiasaan meminum soda dengan minuman lainnya, seperti jus buah, susu, air putih dll.

4. Minum Teh Hijau

Ketika Anda berhenti, maka Akibat Efek Kafein akan terjadi gejala seperti sakit kepala akan sering muncul. Minumlah teh hijau satu cangkir di pagi hari bisa meredam gejala ini.

Jadi apalagi yang Anda Tunggu, Berhentilah Minum Soda atau Soda yang akan menghentikan Aktivitas anda!


Wassalam dan Tetap Mencoret! 
Artikel ini telah terkirim ke wuah.com 

Referensi :
http://www.detikhealth.com/read/2010/10/31/115856/1480462/766/alasan-kenapa-harus-berhenti-minum-soda?l991101755

8 komentar:

  1. mang dr dulu tau kalo minuman soda tu ga bagus,,,
    tp ga tau akibatnya apa,,,
    dr baca blog ini jd tau deh,,,
    makanya kalo minum soda slalu dicampur air atau ditunggu dulu slama bebrapa lama sampai sodanya ilang,,,
    apalagi kalo minum soda banyak tp tiba2 sendawa rasanya ga enak di perut,,,

    BalasHapus
  2. waa... bagus la nur klo gitu, jadi dirimu gak terlalu ketergantungan terhadap narkoba...seep komemu makin bermutu sekarang...:)

    BalasHapus
  3. hahaha,,,jd malu aku,,,
    tp apa hbgnnya ke narkoba,bknnya lg bicarain soda :p

    BalasHapus
  4. wah iya nur, mau bikin soda tapi karena ada berita tentang narkoba jadi terbuat itu...itu namanya komen bermutu juga nur, satu tepuk dua lalat, mau ngomong soda jadi ngomong narkoba wkwkkwkww

    BalasHapus
  5. pernah baca artikel tentang lomba minum soda gini di luar negeri..
    dan hasil nya adalah pemenang nya malahan pingsan kemudian meninggal gara2 kebanyakan minum soda...

    BalasHapus
  6. Memang minuman soda itu tidak baik gan...sekalian share yaa gan..sayangi lah organ tubuh kita salah satunya ginjal, karena tanpa disadari soda itu sangat berbahaya buat ginjal apabila dikonsumsi dengan sering..Ginjal itu termasuk organ yang vital juga lho di tubuh kita,kalau ginjal rusak darah kita tidak tersaring dengan benar sehingga racun dalam darah beredar dengan bebas di tubuh dan dapat merusak organ yang lain juga..kalau ginjal sudah rusak fungsinya itu harus CUCI DARAH sebagai pengobatan medis sementara..cuci darah itu bener bener ga enak deh gan (soalnya ane mengalami ini udah 3 tahun)..Makanya kurangilah minuman soda dan hindari minuman alkohol karena berdampak buruk pada ginjal..jangan sampai terlambat, dan menyesali nya belakangan...
    Cheers!

    BalasHapus
  7. yup..
    betul sekali,dari dulu memeng minuman bersoda kurang baik untu kesehatan
    yg lebih parah sekarang justru semakin banyak merk,tipe minuman bersoda dalam berbagai rasa
    kalo menurut saya bahaya yg paling terasa adalah
    dapat menyebabkan ketagihan ^,^

    BalasHapus
  8. Wah thx all, ane paling terkesan denger wolfscahze yang pengalaman hidupnya udah pernah cuci darah selama 3 tahun, semoga cepat sembuh ya gan

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa