Kamis, 28 Oktober 2010

10 Tips Mencegah Flu (Masuk Angin)


Hujan telah tiba, hujan telah tiba. hore hore hore. Begitulah lirik lagu Tasya dengan sedikit perubahan. Biasanya di bulan-bulan yang diakhiri dengan kata "ber" dari mulai September sampai Desember di Indonesia akan mengalami pergantian Musim atau disebut juga Peralihan Cuaca dari Musim Kemarau ke Musim Hujan.Tentu saja peralihan cuaca sering kali menyebabkan tubuh harus beradaptasi dan sering kali di saat peralihan ini menyebabkan kita terkena penyakit langganan yaitu Flu dan Masuk Angin. sebenarnya dalam dunia kedokteran Masuk Angin juga dikategorikan ke dalam Flu, jadi Tips-tips berikut ini juga berguna untuk mereka yang rentan sekali terkena masuk angin seperti contoh artis lokal seperti ane hehehe.

Berikut 10 tips mencegah flu (masuk angin):


1. Rajin Mencuci tangan

Hal ini berguna untuk mencegah berkumpul dan tersebarnya virus atau kuman. Sebagaimana kita ketahui bahwa Flu disebabkan oleh virus, jadi dengan mencuci tangan kita telah menutup atau meminimalisir jalan masuk virus tersebut ke tubuh kita.

2. Perbanyaklah Minum

Minumlam minimal 8 gelas/hari yang setara dengan 2 Liter air seperti yang dianjurkan dokter. hal ini berguna agar sistem dan imunitas tubuh kita berjalan dengan baik

3. Hindari menghisap Ingus

Jika sudah terkena flu, kita malas untuk membuang ingus jika jauh dari kamar mandi atau tempat pembuangan lainnya. Seharusnya Ingus ini jangan dihisap kembali karena ini adalah suatu reaksi tubuh untuk membuang racun didalam tubuh, jadi buanglah. Anda perlu menyiapkan Tissu atau sapu tangan  sebagai persiapan.

4. Pakailah pakaian hangat

Disaat yang dingin maka jangan segan-segan untuk memakai pakaian hangat, jaket, dll karena untuk meningkatkan suhu badan kita. Dan jika anda kehujanan maka segera ganti pakaian anda dengan pakaian yang baru. 

5. Konsumsi makanan sehat.

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari makanan instant, dan juga berpengawet. Berhatil-hatilah dalam memilih makanan karena bisa saja secara tidak sadar kita telah memasukkan kuman penyakit atau virus kedalam tubuh kita melalui makanan tersebut. Perbanyaklah juga untuk mengkonsumsi sayur , buah-buahan dan susu coloctrum. Untuk Susu colostrum, ada sebuah penelitian di Univeristas Australia bagian Selatan yang menemukan bahwa susu tersebut dapat mengurangi resiko flu sampai 30 persen karena susu ini meningkatkan kadar antibodi dalam air liur manusia, serta melindungi tubuh dari penyakit.

6. Hindari memegang/menyentuh mata, hidung dan mulut.

Jika tidak terpaksa janganlah membiasakan untuk memegang mata, hidung dan mulut. karena tangan kita sangat rentan sekaliuntuk memasukkan virus kedalam tubuh kita secara tidak sadar. 

7. Minumlah vitamin C

Vitamin C selain berguna untuk mencegah Sariawan juga sangat efektiv untuk meningkatkan kekebalan tubuh. jika kekebalan tubuh kita kuat maka virus tidak akan bisa menyerang, virus berhasil menyerang jika kekebalan tubuh kita sedang lemah.

8. Hindari kontak langsung dengan penderita

Virus cepat sekali menular dan cara penyebarannya pun banyak sekali bisa melalui udara, makanan, minuman dll. Menghindari penderita Flu adalah salah satu cara untuk menghindari penyebaran virus, dan juga jangan lupa jika anda terkena flu maka berusahalah untuk menghindar dari kontak langsung dengan orang lain  untuk sementara waktu dan menyembuhkan diri baru bergaul secara normal. Hal ini untuk kebaikan Anda sendiri dan juga orang disekitar anda.

9. Istirahat Cukup

Dengan beristirahat yang cukup sistem kekebalan tubuh kita akan berjalan dengan baik. Dan ada baiknya anda membersihkan Tempat Istirahat secara rutin.

10. Berolahraga secara teratur

Banyak sekali manfaat berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur, peredaran akan lancar, sistem imunitas tubuh meningkat, dan tentu saja mengurangi dampak terkena berbagai macam penyakit antara lain Flu.

Sekian dulu gan! Semoga Berguna!
Wassalam dan Tetap Mencoret!!!
NB : Artikel ini telah ane kirim ke wuah.com
Referensi :

4 komentar:

  1. thnk infonya gan,.ane praktekan dirumah ni..
    http://www.kaskus.us/reputation.php?p=309497570

    BalasHapus
  2. flu termasuk penyakit yg menyebalkan
    karena ketika seseorang menderita flu biasanya akan terkana batuk juga
    jangan pernah menyepelekan flu walaupn sudah banyak obat di luaran
    mencegah lebih baik daripada mengobati
    thanks

    BalasHapus
  3. aq seiap harii bersiin d kampus minimal 1 x sehari ,, kenapa ya,, apa lagii law daerah nx banyaak debuu ato gx org yg ge nyapu ,, tp thanx ya info nyaa,, moga bermanfaat bat aq ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut ane itu namanya alergi, bisa disebabkan oleh debu dan sebagainya. coba yeshi selidiki aapa kira2 yang membuat bersin. klo ane sendiri klo makan lontong sering bensin, ada bumbu yang baunya merupakan alergi bagi ane walaupun ane tak tau bumbu itu apa...semoga membantu

      Hapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa