Sabtu, 30 Oktober 2010

Tips untuk membuat blog Professional

Apa itu Professional ? Professional itu dapat diartikan, efisien, efektif, tepat sasaran gan. Klo dipertandingan catur, seorang Professional menggerakkan buah Catur, setiap langkah caturnya adalah ancaman. Klo di Kung Fu di Film-Film, setiap gerakan ada manfaatnya. Itulah Professional gan. Kali ini kita akan membahas Blog yang Professional? Sekarang Tujuan kita membuat Blog kita itu apa gan, hampir semua blogger memiliki tujuan yang sama yaitu agar blognya itu dikunjungi, dikomentari tulisannya, dan penampilan blognya disukai.

Berbicara tentang penampilan, penampilan memang kudu bagus. Tapi perlu dicatat bahwa jika penampilan blog banyak dipenuhi oleh widget widget yang tidak berguna maka itu akan merugikan diri sendiri, kenapa? Karena semakin banyak widget semakin berat blog kita diakses. Jika semakin berat maka para pembaca akan segera meninggalkan blogger kita –bayar internet mahal gan :D –

So gak usah panjang lebar gan, check aja tips-tips berikut ini :


1.       Cek pada Beberapa Browser dan Screen Size

Check blog kita pada Browser lain gan.  Bisa jadi di suatu browser blog kita tampil baik, tapi di browser lain tampil jelek.  Browser yang sering digunakan Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome,  Opera, Flock dll. Juga perhatikan tampilan blog kita di ukuran layar yang berbeda(screen size), ada kemungkinan tampilan nya berantakan jika ukuran monitornya rasio panjang dan lebarnya tidak pas, tapi ini sangat jarang terjadi, buat jaga jaga aja gan.

2.      Pilihan warna Blog

PIlih Warna Blog yang sesuai dengan karakter blog kita, contoh jika blog- blog kesehatan carilah warna yang putih atau cerah. Hindari warna gelap karena tidak cocok, jika karekater blog kita untuk lagu lagu rock atau metal, warna hitam bis ajadi pilihan yang sesuai.

3.      Hindari Memasang Jam, Kalender, Counter Pengunjung, Lagu, IP Pengunjung,  Widget yang tidak Berguna

Selain membuat loading web kita jadi lambat di akses, juga hal hal diatas tidak lah terlalu berguna gan. Ingat tujuan utama kita nge blog agar Blog kita sering dikunjungi, semakin lambat semakin malas pengunjung datang. So hindari memasang hal hal diatas untuk mempercepat akses.

4.      Jangan Menyuruh Pembaca untuk Mengklik Iklan

Pengunjung datang untuk Membaca bukan untuk Iklan Anda, jadi jangan sekali kali menyuruh mereka untuk menklik iklan anda karena mereka akan merasa kesal. Mereka akan mengklik iklan anda jika mereka merasa iklan anda menarik bagi mereka. So percantik iklan anda dan buatlah Menarik.

5.      Jangan Biarkan Iklan Berserakan

Jangan biarkan juga iklan berserakan tak beraturan gan. Atur iklan anda, bila perlu tiru trik Koran, ada kolom khusus untuk iklan anda. Jangan biarkan pengunjung anda tersesat dalam blog anda oleh Iklan. Iklan Memang Perlu tapi jangan sampai mengganggu

6.      Jangan hanya Copy Paste

Sudah saya jelaskan di artikel Tips Membaca Efektif, Ceritakan Kembali, jangan membudayakan Kopi Paste karena semua orang bisa melakukannya. Anda boleh mengambil nya dari berbagai sumber tapi ceritakanlah dengan gaya bahasa anda sendiri.

7.      Perhatikan Tanda Baca dan Ukuran Gambar

Tanda baca jangan sampe salah gan karena jika salah bisa membuat bingung, dan lebih parahnya bisa membuat salah paham. Juga ukuran gambar jangan terlalu besar karena jika gambar nya lambat keluar bisa membuat kesal para pengunjung kita yang tercinta hehe.

8.      Check Link yang Kadaluarsa

Link yang kadaluarsa jika diperhatikan gan, banyak juga link link yang kita jadikan acuan sebagai sumber udah tidak aktif lagi alias mati. Link yang mati bisa kita perbaiki gan sebelum blog kita yang mati. Hidup blogger –semangat 45 sebagai blogger--

9.      Jangan terlalu banyak mem post artikel orang lain

Lihat persentase blog kita gan, usahakan 80 persen adalah postingan kita sendiri, jika sumber bacaan kita ada maka jadikan itu acuan, dan ceritakanlah kembali dengan bahasa kita sendiri, tapi tetap link link sumber kita cantumkan untuk menghargai jasa para penulis yang lain.

10.  Cantumkan Sumber

Udah ane jelaskan diatas gan, kita adalah penulis untuk men-share dengan yang lain bukan pencuri yang menindas tulisan orang lain –bijaksana mode on--

11.  Berkomentar lah yang Baik

Komentar yang baik gan walaupun para pengunjung kita  banyak berkomentar dengan kata kata yang tidak pantas –biasa anonymous—karena menilai seseorang bisa dari kata-katanya.

12.  Update blog

Updatelah Blog secara continue gan, karena para pengunjung juga ingin mendapatkan tulisan tulisan terbaru, respon yang cepat dari tiap komentar, dan blog kita juga memiliki traffic yang bagus jika sering kita update.


oke gan, itu aja dulu tipsnya. C U next Time!!!

Inspired By : this blog

1 komentar:

  1. wah, buanyak banget ternyata tipsnya untuk menjadikan blog profesional. padahal ini belum menyinggu SEO.hehe
    bookmark ah untuk referensi biar jadi blog profesional.

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa