Kamis, 28 Oktober 2010

Singkong Untuk Obat Rematik





Jangan pernah meremehkan Singkong? karena selain untuk makanan, Singkong juga bisa dijadikan obat-obatan.  dan Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh di Indonesia dari mulai pekarangan, sawah tanggul bahkan sampai perkebunan. Jadi tidak heran jika Singkong dikategorikan sebagai Tanaman Rakyat.


Menurut pakar tanaman obat, Prof Hembing Wijayakusuma, Efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan.Bagian yang umum digunakan adalah Batang, daun dan Umbi karena memiliki kandungan masing-masing.Umbi  Singkong mengandung , kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium . Daun mengandung vitamin A, B1 dan C,fosfor, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, kalori,  dan zat besi. sedangkan batangnya mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.  

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa Singkong bisa juga dijadikan obat-obatan seperti Rematik,sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan meningkatkan stamina. Kali ini kita akan membahas secara rinci tentang Pengobatan rematik dengan Singkong. Pengobatan untuk rematik bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dari dalam dan dari luar.Berikut penjelasan cara pengobatan dari dalam dan dari luar :

Pada pemakaian luar : 
Bahan-bahan  : 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, 
Proses nya :  dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. 
Pengobatannya : Aduk terlebih dahuli,kemudian ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. 2x sehari 

Pada pemakaian dalam, 
Bahan-bahan : 100 gram batang singkong, 1 batang sereh, dan 15 gram jahe 
Proses nya : Semua bahan diatas direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 kemudian disaring. 
Pengobatannya : airnya diminum sebanyak 200 cc. 2 x sehari. 
Jadi jika ada teman, saudara atau family kita yang terkena Rematik maka Singkong bisa jadi alternatif untuk mengobatinya.
Selamat Mencoba!
Wassalam dan tetap mencoret!
Artikel ini telah terkirim ke www.wuah.com

2 komentar:

  1. terus klo singkong goreng ato singkong rebus yg dijual di warung2 bs mbantu bwt nyembuhin rematik jg gak si? emak ane jualan kripik singkong soalnya :D

    BalasHapus
  2. @radjie kayaknya gak gan, ini singkong yang alami hehe

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa