Sabtu, 16 Oktober 2010

Nge - Blog Yuk!!!!


Mungkin ada yang bertanya apa sih manfaat nge-blog ?? mungkin sebagian juga menganggap hanya membuang waktu yang tidak keruan, aktivitas yang tidak berguna ?? atau ada yang menganggap blog itu membosankan?? Benarkan demikian??? Mari kita telusuri apakah nge-blog itu ada manfaatnya atau tidak.
Blog menurut ane secara sederhana penuangan tulisan dari si penulis melalui media jaringan biasanya lewat internet dan tulisan blog biasanya disebarluaskan untuk dibaca oleh orang lain--ya iyalah klo gak mau dibaca orang lain jangan nge-blog gan, pake diary aja gan, jangn lpa kunci diary nya dan kuncinya taruh di deposit box biar aman wkwkkwwk--

Jadi apa aja sih manfaat yang dapat kita rasakan jika kita nge-blog?





1. Penuangan pendapat, gagasan, ide, kritik dsb 

Kita bisa menuangkan pendapat, opini , gagasan, ide, kritik, saran atau tulisan lainnya di blog kita tapi tetep harus ngikutin aturan yang berlaku. Seperti kata Opi “semua ada aturannya, memang semua ada aturannya”. Di blog kita bebas, tapi bebas yang terbatas, anda bebas menulis tapi ikuti peraturan. Misalnya gunakan bahasa yang dimengerti oleh orang lain --ya iyalah klo orang lain gak ngerti siapa mau baca, mau bikin sandi jangan diblog lewat surat rahasia aja ;D--, gunakan sumber link yang bisa dipercaya, dan baca aturan yang diberikan pihak blog sebelum nge-blog. Pihak yang menyedikan blog sangat banyak gan,  contoh Blogspot, wordpress, detik, kaskus dll. Mereka memiliki aturan masing-masing juga kelebihan dan kekurangan masing-masing
.
2. Mengembangkan Kreativitas


Blog mengembangkan Kreativitas kita gan. Untuk membuat sebuar artikel kita harus memiliki banyak referensi baik yang berupa gambar, tulisan, percakapan dll. Misalnya kita mau membuat artikel tentang Pengobatan Herbal, maka kita harus membaca dulu referensi tentang Pengobatah Herbal lalu menuliskannya kembali disitulah kreativitas kita akan berkembang, bagaimana menyatukan semua referensi ke dalam satu artikel dengan gaya bahasa kita sendiri. Itulah salah satu bentuk pengembangan kreativitas,masih banyak contoh-contoh yang lain. Jangan Cuma copy paste, Klo Cuma copy paste, kreativitas kita tidak akan berkembang.

3. Menambah Ilmu

Klo harta kita belanjakan akan habis, tapi tidak demikian dengan ilmu. Ilmu semakin kita berikan akan semakin bertambah, kenapa? Karena itulah ilmu jika kita sharing minimal kita akan ingat tentang ilmu tersebut, belum lagi ada kritik, saran, masukan atau tambahan dari pengunjung yang akan menambah wawasan kita. --Ada juga yang pelit ilmu, nih orang biasanya ilmunya juga sedikit, dia pelit berbagi sih, ilmu kok disimpen-simpen.tapi ane yakin pengunjung blog ini gak seperti itu--

4. Menambah teman

Teman kita juga bisa bertambah gan. Banyak orang mencari referensi di Internet, bayangkan jika referensi itu ada di blog kita. Setelah dibaca nya , sang pengunjung meninggalkan komen, dan mungkin jadi follower. jadi tidak terasa teman kita semakin bertambah dan bertambah minimal di dunia maya :). Terkadang ada sebuah event untuk mempertemukan para blogger ini, ini yang sangat saya acungi jempol. Thumbs up!

5. Dapet Hadiah

Sering kali ada event yang menilai blog kita, dari mulai tulisan sampe tampilan blog. Nah ini lah dijadikan seperti lomba dengan hadiah yang menarik, dari mulai dapet souvenir sampe dapet tiket ke luar negeri. Wow. Dengan nge-blog kita berpeluang ke luar negeri, gratis!

6. Menambah Income / Pemasukan


Beberapa blogger ada juga yang menjadikan blog sebagai Penghasilan. Dari mulai mempromosikan barang dagangan sampe memasang iklan atau dipasangi iklan. tidak sedikit blog yang memiliki business online, dari mulai google adsense, iklan-iklan, sampe MLM. Jadi Blog juga bisa dijadikan mata pencaharian. Wow!

Itu hanya beberapa Manfaat dari blog gan, masih banyak manfaat lainnya. Dari itu gan, jangan meremehkan suatu blog, banyak yang menjadikan blog sebagai batu loncatan, awalnya blog selanjutnya berubah menjadi web sendiri. Suatu kemajuan yang luar biasa menurut ane. Yang pasti nge-blog memang menghabiskan waktu tapi dengan cara yang positif dan memiliki manfaat yang sangat banyak.

Sekian dulu gan, wassalam dan tetap mencoret!
Sumber : dari pemikiran ane sendiri gan…
gambar dari berbagai sumber
NB : Artikel ini telah dikirim kepada pihak wuah.com

2 komentar:

  1. ntar kalo dah berminat coba2 buat blog agh,,,,
    jgn lupa diajarin ya bg :)

    BalasHapus
  2. @ oke nur, tenang aja ilmu semakin diajarkan semakin bertambah...:)

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa