Senin, 25 Oktober 2010

7 Langkah membuat Otak Bugar

Salah satu bagian manusia yang terpenting adalah otak. Tanpa Otak semua aktivitas tidak akan berjalan, namun terkadang kebugaran dan kesehatan seringkali terabaikan. Padahal jika otak kita tidak bugar maka berfikir pun akan lamban dan aktivitas akan drastis menurun. Maka dari itu menjaga kebugaran otak adalah suatu kewajiban dan kebutuhan.

Dr Ruswaldi Munir Sp.KO, staf pengajar pada program studi Ilmu Kedokteran Olahraga FKUI mengatakan bahwa Kebugaran otak didapatkan jika aliran darah ke tak lancer atau pasokan V oksigen maksimal nya terpenuhi. Untuk inilah kita harus melakukan olahraga otak secara rutin. Bagaimana caranya? Mahalkah biayanya? Cukup 7 langkah dan cukup 7 menit saja untuk membuat otak kita menjadi bugar. Olahraga ini diajarkan oleh Dr. Ruswaldi Munir Sp.KO. Check langkah-langkahnya :



1. Langkah awal adalah meminum air putih secukupnya.



2. Kemudian Lakukan pernapasan perut, boleh sambil duduk atau bisa juga telentang. Letakkan tangan di atas perut, kemudian tarik napas sehingga perut terasa mendorong telapak tangan ke depan. Jika dilakukan sambil tidur bisa meletakkan sesuatu di atas perut contoh buku, majalah atau benda lain yang tidak terlalu berat. Lakukan pernapasan ini sebanyak 2-8 kali.



3. Setelah itu Lakukan gerakan menoleh ke kiri dan kanan secara pelahan, sambil memijit titik-titik di sekitar dada dan perut, selama 4-8 kali pernapasan.


4. Lakukan gerakan Hook-Ups, gerakan ini terdiri dari 2 bagian. :
- Pertama, lakukan pernapasan 4-8 kali. Tubuh harus dalam kondisi betul-betul rileks.
- Kedua, letakkan kaki rata di lantai. Ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan sambil melakukan pernapasan 4-8 kali.


5. Mengkaitkan kedua tangan lalu rentangkan tangan selebar mungkin.Lakukan gerakan ini sambil membayangkan otak bagian kiri dan kanan menjadi satu seperti penyatuan kedua tangan tadi. Lakukan pernapasan ini sebanyak 4-8 kali. Gerakan ini berguna untuk mengintegrasikan otak.


6. Sentuhlah titik-titik sekitar dahi sambil melakukan pernapasan 4-8 kali. Lakukanlah sambil memikirkan sesuatu seperti untuk merencanakan kegiatan apa saja untuk hari itu. Titik-titik ini disebut juga Titik-titik positif.


7. Terakhir Gerakan silang (cross crawl). Lakukan gerakan silang ini 10-25 kali.gerakan terakhir ini juga merupakan gerakan minimal jika anda tidak sempat untuk melakukan 6 gerakan diatas.seperti ini gerakan nya :

--jangan tanya siapa yang difoto gan, ane juga gak kenal, tapi udah ane kasih nama si masithoh--

Untuk diingat bahwa 6 langkah awal dilakukan sambil duduk atau terlentang dan langkah ke 7 atau terakhir dilakukan sambil berdiri.

Selamat Mencoba!
Referensi

1

NB : Artikel ini telah dikirim kepada pihak wuah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa