Jumat, 19 November 2010

Akibat Kurang Tidur


Dulu ane berfikir bahwa yang paling enak tuh penyakit kurang tidur atau Imsomnia :D, kenapa? karena orang Imsomnia bisa melek lebih lama, jadi bisa menghasilkan lebih banyak waktu. Ane kira mereka dah terbiasa jarang tidur jadi gak masalah, bukankah ala bisa karena biasa :D.

Ternyata pemikiran ane itu harus diubah karena Insomnia bisa menyebabkan kurang tidur, dan kurang tidur ini bisa menyebabkan hal-hal yang berakibat fatal bahkan dapat merenggut nyawa. Berikut adalah beberapa hasil dari investigasi tim kami untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan karena kurang tidur. Cekidot Guys!


1. Kecelakaan
Fakta dilapangan bahwa banyak kecelakaan terjadi karena sopirnya mengantuk, dan mengantuk ini diakibatkan karena kurang tidur, maka banyak peringatan berupa spanduk yang mengatakan bahwa apabila mengantuk sebaiknya istirahat dengan cara makan dan minum, tidur, olahraga kecil, dsb.

2.Konsentrasi menurun

Bayangkan jika anda adalah pelajar maka hal ini akan membuat anda tertinggal dalam belajar, jika anda pekerja maka pekerjaan anda akan lambat untuk selesai, jika anda adalah pembuat keputusan, anda bisa salah atau lambat dalam mengambil keputusan yang tepat. Konsentrasi menurun ini sangat lah berbahaya dalam berinteraksi, jika ngomong dengan seseorang kita bisa Jaka sembung bawa ojek, gak nyambung jek dan jika berkomunikasi anda bisa seperti ada orbit sendiri, orang bicara A anda bicara Z, jauh panggang dari api, panggangannya disini api nya disana :D.

3. Masalah jantung

Banyak sekali masalah kesehatan yang akan kita derita, jika kita mengalami kurang tidur ini. Dari referensi yang ane baca salah satunya adalah tentang penyakit jantung, orang yang kurang tidur sangat beresiko terkena penyakit jantung. Dari mulai penyakit jantung, gagal jantung, serangan jantung, detak jantung yang tidak teratur dan kawin jantung :D. Itu baru salah satunya gan, masih banyak penyakit yang akan kita derita jika kita kurang tidur.

4. Sex bermasalah

Yang ini gak BB gan :D, hanya sebagai pengetahuan. Masalah sex juga menjadi bermasalah apalagi pada pria. secara psikologi karena badan anda lemas, kurang semangat dan terasa mengantuk maka anda malas melakukannya. secara medis tingkat testoteron pun mengalami penurunan.:)

5. Depresi

Depresi selain karena kelemahan mental juga bisa disebabkan karena gangguan tidur dan kurang tidur. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa penderita Imsonia lebih rentan terkena depresi. Jika anda kurang tidur berlanjut ke  depresi maka Imsonia anda akan semakin parah:).

6. Kesehatan kulit

Kurang tidur juga menimbulkan permasalahan pada kesehatan kulit. kurang tidur yang kronis menyebabkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila tidur kita cukup, tubuh akan mengeluarkan ebih banyak hormon stres atau kortisol yang berfungsi untuk memecah kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis.

7. Pelupa

Menurut penelitian, peristiwa menguatkan memori pada otak disebut sharp wave ripples. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. jadi cukupkan tidur anda agar peristiwa ini dapat berjalan dengan baik, tetapi jangan tidur berlebihan, salah satunya bisa membuat tubuh menjadi lelah dan berisiko terkena stroke.

8. Tubuh jadi melar.

Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan. Nafsu makan akan meningkat pada makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi . Menurut referensi yang ane baca, sedang diadakan riset bahwa Cukup tidur menjadi bagian untuk mengurangi berat badan.

9. Meningkatkan resiko kematian

Penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa mereka yang kurang tidur lebih cepat untuk meninggalkan dunia ini. Hal ini dipicu oleh penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.

10. Merusak penilaian akan sesuatu

Kurang tidur bisa membuat kita kurang akurat dalam menilai sesuatu dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi atau keputusan yang diambil. Mungkin karena telah terbiasa kita tidur hanya beberapa jam sehari kita menganggap kita telah terbiasa, secara fisik mungkin, tetapi secara mental, ada penelitian menunjukkan bahwa hal ini menyebabkan penurunan dibidang mental.

Jadi, mulailah untuk mengatur pola tidur anda, sobat! sebelum kita lebih cepat untuk tidur selama-lamanya.:D

Wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :



7 komentar:

  1. Nur Wae ;
    pantesan aku pelupa dan tubuhku melar :D
    ternyata itu smua karna kurang tidur,,,
    kdg susah jg mau tidur malam karna dah kebiasaan tidur di atas jam 12
    tp dgn membaca ini smua jd takut,drpd nanti kena penyakitan lebih baik tidurnya di bawah jam 12 lah

    BalasHapus
  2. tubuh mu melar rupanya nur, ati ati nur ntar jadi obesitas, :)
    saat nya untuk mengamalkan nur, aku juga kayaknya kurang tidur :)

    BalasHapus
  3. Nur Wae :
    iya nih,mgkn karna krjaku mkn aja,,,,
    tp tu bukan karna krg tidur bg,mang bawaan dr sononya dah rakus,,,heehe

    BalasHapus
  4. hahahha, klo gitu dirimu harus rajin puasa nur, sebelum obesitas mu jadi kronis :D

    BalasHapus
  5. nice post...
    kunjungan balik friend...

    BalasHapus
  6. Wadoeh, ternyata kurang tidur bisa buat badan melar sama ningkatin resiko mati ya?? baru tau gan..

    oiya tambahan gan, sering begadang (kurang tidur)katanya bisa kena angin duduk sama ngejauhin dari jodoh hehehe..

    Serem juga, ane sering begadang soalnya..
    Nice inpoh gan

    BalasHapus
  7. @dalmuji & rensen

    thanks dah mampir dan sorry lama balesnya :D

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa