Minggu, 21 November 2010

Tulang Kuat dengan Tomat


Dulu ada yang  bertanya sama ane, Tomat itu buah atau sayur??? pertanyaan sederhana tapi bingung juga menjawabnya karena klo dia buah, terkadang dalam penggolongan menu makan dia dikategorikan sayuran. Klo kita katakan sayuran, dia punya biji dan dia dihasilkan dari pembuahan. Maka jawaban disini adalah Tomat adalah buah, karena memiliki ciri-ciri seperti buah yaitu memiliki biji dan buah. Nama latin tomat ini adalah Solanum Lycopersicum.



Buah yang tergolong murah ini ternyata dapat membuat tulang kita menjadi kuat sehingga mencegah Osteoporosis. Hal ini sudah dipublikasikan dalam Jurnal Osteoporosis Internasional. Ini adalah hasil dari sebuah penelitian di Kanada dengan melibatkan 60 wanita (pasca monopause dan berusia 50-60 tahun). Penelitian ini dilakukan dengan menghentikan konsumsi tomat selama sebulan oleh para wanita tersebut, dan hasilnya adalah kadar N-telepoptide dalam darah meningkat. N-telepotide adalah zat kimia yang dilepaskan ketika ada tulang yang patah.

Penelitian berlanjut, selama 4 bulan para wanita tersebut diberi jus tomat yang mengandung 15 mg likopen dan juga kapsul likopen 5 miligram. Likopen adalah zat yang terkandung dalam buah tomat yang sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang, mencegah kanker prostat dan mencegah penyakit jantung. Beberapa wanita  dari responden  dibuat sebagai pembanding dengan memberikan mereka kapsul plasebo.

Hasil dari penelitian itu ialah wanita yang meminum jus tomat dan kapsul likopen mengalami penurunan drastis kadar N-telepotide, namun wanita yang mengkonsumsi kapsul plasebo tidak mengalami perubahan. Jadi para ahli menyarankan untuk meminum dua gelas jus tomat setiap hari untuk mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang kuat.

So guys, jangan ragu untuk mengkonsumsi tomat. Cegahlah sebelum terlambat. !

Wassalam dan tetap mencoret !
Referensi
http://istiqlara.blogspot.com/2010/05/tomat-buah-atau-sayur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa