Senin, 01 November 2010

Top ten Web se-Indonesia

Klo disini kita telah membahas Top Ten Web se dunia, sekarang kita akan membahas TOP ten web se-indonesia versi alexa.com per tanggal 1 November 2010. Mungkin kita penasaran aja pengguna internet indonesia pada surfing kemana? atau bagaimana perilaku sebagian besar Netters Indonesia? atau ada juga yang mau survey, Orang Indonesia itu suka ngapain aja kalau main Internet. Dengan mengetahui 10 besar Web se-Indonesia, mudah2an bisa membantu menjawab pertanyaan itu semua. Sepuluh Web tersebut adalah :


1. Facebook

Di urutan pertama kita mendapatkan Fesbuk, ternyata sebagian besar orang Indonesia suka mengupdate statusnya, atau mungkin juga bermain game. Yang jelas orang Indonesia senang berbagi, tidak bisa rupiah yang dibagi, minimal status yang dibagi. 

2. Google.co.id

Google Bahasa Indonesia menempati urutan ke dua. Ada berita baik dan buruk, berita baiknya adalah mereka para netters Indonesia suka mencari Informasi melalui mesin cari. tetapi berita buruknya adalah bangsa kita lebih minim dalam penggunaan bahasa inggris, bahasa internasional.  Ada juga mungkin yang berkomentar "Mungkin mereka mencari artikel bahasa inggris dengan Google Indonesia?  atau mereka mahir bahasa Inggris tapi karena begitu buka Google langsung ke Google Indonesia". Mudah-mudahan saja begitu!

3. Google.com

Mungkin ada yang bertanya, apa sih beda google.co.id dan google.com. ada dua perbedaan yang mencolok, pertama adalah segi bahasa , Google.co.id menggunakan bahasa Indonesia sedangkan google.com menggunakan bahasa Inggris. Kedua adalah pangsa pasar, Google.co.id pangsa pasar nya hanya indonesia dan google.com pangsa pasarnya internasional. Semua tergantung kebutuhan penggunanya apakah nasional atau internasional.

4. Yahoo

Mesin cari ini juga digemari oleh Netter Indonesia. Selain mesin cari, kita juga bisa menikmati fasilitas lain seperti membaca berita terbaru, e-mail, yahoo messenger (chat, video call, dan sms gratis) dan lainnya. tapi sayang Mesin cari ini belum menyediakan fasilitas blog. CMIIW.


5. Blogger.com

Web kesayangan saya ini berada di no. 5 ternyata banyak juga para blogger indonesia yang nge-blog memakai jasa web ini. Web ini menyediakan blog gratis dan berbayar. Web ini juga merupakan salah satu akun di Google. Kemudahan dalam mengatur gadget yang ada membuat blog ini paling digemari di Indonesia.


6. Kaskus

Wah, web ini gak masuk Pertamax di Indonesia, tapi walau gak pertamax mejeng di page 6 gak papa. Tapi itu untuk ukuran Web, jika dipandang dari sudut komunitas terbesar Indonesia, Kaskus tetaplah Pertamaxx dan Pertamaxx juga jika kita mensortir web seindonesia dan memakai bahasa Indonesia. Web ini juga banyak menyediakan Informasi yang berguna. Selain itu web ini juga terkenal sebagai web indonesia yang sering mian tenis (maintenance)  . So, sering maen-maenlah dimari agar web ini menjadi Pertamaxx di alexa.com. Semangat Nasionalisme, Cintai web dalam negeri.

7. Youtube

Teryata banyak juga yang melihat-lihat video di youtube, mungkin beberapa ada yang mengupload videonya. Web ini sering digunakan untuk promosi video klip band atau pun mereka yang pengen ditonton diseluruh dunia. Salah satu artis lokal yang terkenal gara-gara ini ialah "Sinta dan Jojo".

8. Wordpress.com

Ini juga adalah web yang menyediakan fasilitas blog, tetapi dibanding pengguna blogger maka web ini masih kalah. Sepanjang pengetahuan saya web ini lebih dikhususkan komersial dibanding free. Memang versi gratisnya ada, tapi tampilan nya seadanya dan ada batas Quotanya juga. Jika ingin tampilan bagus maka kita bisa membeli template, atau menambah kuota blog kita agar tetap bisa nge-blog. tapi bagi anda yang ahli dalam CSS maka web ini menguntungkan banget karena anda bisa menjual produk template anda.

9. Detik.com

Web ini adalah web untuk berita dan informasi lainnya. sesuai namanya mereka memang lebih cepat update, atau bisa diumpamakan, update perdetik. Situs ini adalah situs berbahasa Indonesia, jadi untuk urutan produk lokal maka situs ini menempati posisi nomor 2 setelah kaskus. 

10.4 Shared

Web ini adalah web untuk mengupload atau meng -shared- file. Seperti Wordpress, situs ini lebih mengutamakan komersil dibanding gratisan. Dengan versi Premium atau berbayar maka anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih dibanding gratisan. Jika gratisan maka anda harus menunggu beberapa waktu untuk mendownload file dan juga dibatasi. 

Itulah Top ten terbaik versi alexa.com kategori Negara Indonesia, semoga kedepan ada situs lokal yang menempati urutan PERTAMAXX!!!!.

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa