Selasa, 30 November 2010

Tips Merawat Kesehatan Mata


Mata anda sering merasa lelah, berair, atau terasa kering??? bisa jadi rutinitas anda yang terlalu berlebihan dalam menggunakan indra penglihatan tersebut. Rutinitas tersebut misalnya menggunakan Iphone, Ipad, ponsel, komputer secara berlebihan, mungkin beberapa juga disebabkan karena debu tetapi ini tidak terlalu sering. Kali ini ane akan berbagi tips cara merawat kesehatan mata karena rutinitas-rutinitas seperti yang ane sebutkan tadi. Tips ini ane dapet dari paman saya yang juga merupakan pakar kesehatan mata Dr. Jennifer Ashton :D. Langsung kita simak bersama-sama apa yang dikatakan oleh paman saya itu : 
Kita kenali dulu gejala-gejala yang ditimbulkan akibat terlalu berlebihan dalam menggunakan indera penglihatan sebagaimana yang telah ane jelaskan diatas. Gejalanya antara lain : 
  • mata terasa kering, dan perih atau iritasi mata 
  • mata menjadi lelah 
  • sakit kepala 
Berikut adalah cara mencegah minimal mengurangi gejala-gejala tersebut maka lakukanlah hal-hal berikut : 

1. Lebih seringlah berkedip 

Berkedip adalah cara alami mata untuk mengobati dirinya. Jika kita menggunakan komputer dkk maka mata kita lebih jarang untuk berkedip, sehingga mata menjadi kering. Maka setelah membaca tulisan ini, instruksikan kepada mata anda untuk lebih sering berkedip tapi masih dalam jangka waktu normal. Jangan berlebihan juga dalam berkedip, nanti dikira anda punya kelainan :D. 

2. Aturan 20/20/20

Aturan ini adalah aturan yang mengajarkan kepada kita bahwa jika kita bekerja menggunakan perangkat digital seperti komputer dkk maka setiap 20 menit luangkanlah waktu sekitar 20 detik untuk melihat ke jarak sekitar 20 meter kearah yang lain. Aturan seperti ini memungkinkan mata untuk beristirahat dengan sendirinya.

3. Cukup pencahayaan

Bekerjalah diruangan yang cukup pencahayaannya, karena pencahayaan yang kurang akan menyebabkan mata menjadi bekerja ekstra sehingga lebih cepat lelah. Pastikan juga agar cahaya mengenai objek yang anda ingin lihat bukan mengenai mata, hindarilah pantulan sinar yang terkena pada mata, aturlah posisi yang tepat agar sinar yang mengenai benda tidak memantulkan sinar nya secara berlebihan atau menyilaukan ke mata anda.

4. Lokasi layar 

Ini juga tidak kalah pentingnya yaitu masalah Lokasi. Lokasi yang baik yaitu dengan meletakkan layar monitor 15-20 derajat dibawah pandangan mata sekitar 4-5 inci. Anda bisa meliat contohnya pada komputer yang dipakai oleh Customer Service pada bank-bank. Setidaknya jika anda memakai Ipad, Iphone, atau HP maka letakkan posisinya dibawah seperti yang telah diterangkan.

Itulah sedikit tips di malam yang dingin dan sunyi :D. See You dan selamat mencoba!
Wassalam dan tetap mencoret!
referensi :

2 komentar:

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa