Kamis, 11 November 2010

Tips Mencegah dan Mengatasi Bibir Pecah-Pecah


Pernahkah anda mengalami bibir pecah-pecah? Mengganggu! Ya, Panas dalam memang mengganggu aktivitas penting kita terutama saat makan. Jika anda biarkan atau tidak tepat dalam menanganinya maka akan memicu retakan dan pendarahan pada bibir. Berikut ini adalah sedikit Tips untuk mengatasi Bibir Pecah-pecah :


Gejala yang ditunjukkan jika kita akan mengalami bibir pecah-pecah antara lain bibir terasa kering. Maka Langkah awal yang biasa kita lakukan adalah  dengan cara menjilat bibir kita dengan lidah. Padahal ini adalah cara yang salah, cara ini memang berguna untuk waktu yang sebentar. Tetapi lidah anda akan terasa lebih kering dari yang sebelumnya. Mengapa? Karena hal itu akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir. Selain itu Zat kimia didalam ludah adalah untuk mencerna makanan bukan untuk bibir. Maka tindakan awal anda adalah jangan pernah berfikir untuk menjilat bibir anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan :) ? Secara normal, Tidak ada seorang pun yang ingin sakit didunia ini. Jika ada mereka yang ingin sakit maka periksakanlah ke RS jiwa terdekat :D . Berikut ini adalah Langkah-langkah Pencegahan bibir pecah-pecah :
  • Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban tubuh
  • Lindungi bibir anda dengan Lip Balm yang mengandung Sunscreen
  • Berhentilah merokok, karena merokok mengeringkan minyak bibir, dan membuat bibir cepat kering dan pecah-pecah
  • Mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B, besi atau asam lemak esensial lainnya. kekurangn zat ini bisa memicu bibir pecah-pecah, untuk dosis nya konsultasikan ke dokter.

·       Jika anda sudah terkena bibir pecah-pecah maka lakukan Penanganannya dengan pengobatan. Berikut beberapa Tips untuk mengobati Bibir pecah-pecah :

  •       Pakaikah lah Lip Balm khusus untuk bibir pecah-pecah, ini berfungsi untuk mencegah penyebaran bibir pecah pecah tadi.

  • Oleskan Vaseline dalam jumlah kecil ke sikat gigi (yang baru dan hanya untuk sekali pakai) hal ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit kering dan mati dari bibir. Tetapi jangan lakukan hal ini jika bibir dalam keadaan berdarah.
  • Jika bibir meradang, oleskan krim hydrocortisone untuk mengurangi peradangan.
  • Perbanyak minum air putih dan hindari meminum kafein
  • Ruangan yang kering dan panas bisa memperburuk kondisi bibir anda, jauhi ruangan tersebut atau segeralah memakai pelembab ruangan.
  • Oleskanlah mentega ke bibir berguna untuk menjaga kelembutan bibir dan membantu menyembuhkan retakan.
  • Rendamlah beberapa kelopak bunga mawar dengan susu segar selama beberapa jam. Hasil rendaman dioleskan ke bibir, ini berguna untuk mengatasi kekeringan dan mencegah hilangnya warna pink di bibir.
  • Oleskan susu krim pada bibir untuk mengangkat kulit kering yang mati dan melembutkan bibir
  • Gosokkan potongan mentimun ke bibir
  • Memakai gel Lidah buaya
  • Jika keadaan makin parah, segeralah konsultasi ke dokter.

-      
Itulah gan sedikit Tips dari ane untuk menangani penyakit yang memang gak tergolong parah tapi mengganggu aktivitas juga.
Wassalam dan tetap mencoret
Referensi :

5 komentar:

  1. foto bibir pecahnya lebai amat. bikin mual; mo muntah.

    BalasHapus
  2. itu seninya gus..dirimu gak terlalu tau arti seni hehehe

    BalasHapus
  3. wah thanks gan atas infonya...
    tapi ane ga trlalu suka ama yang minum multivitamin...

    BalasHapus
  4. nais inpoh gan, tolong lemparin cendol kesini ya gan http://www.kaskus.us/reputation.php?p=308722886 ane tunggu

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa