Senin, 08 November 2010

Pendiri Google

Larry Page dan Sergey Brin Pendiri Google

Setelah tahu selintas sejarah google maka kita mulai masuk ke pengenalan siapa yang memiliki ide brilliant untuk menciptakan sebuah mesin cari raksasa yang memilki peringkat nomor satu didunia ini. Mereka tak lain adalah Larry Page dan Sergey Brin.  Mereka bertemu di Universitas Stanford, California, Amerika Serikat pada tahun 1995. Waktu itu Larry berusia 24 dan Sergey berusia 23 tahun. Larry dan Sergey sama-sama mengambil jurusan program doctoral dibidang ilmu komputer.


Karena mereka sama-sama cerdas, mereka sering berdebat dalam sesuatu hal untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Dari perdebatan inilah mereka menjadi dekat. Selain memilki jurusan yang sama, kecerdasan yang sama,mereka juga memiliki latar belakang keluarga yang hampir sama.

Sergey Brin memiliki ayah yang bernama Michael Brin yang bergelar Profesor matematika sedangkan ibunya Ilmuwan riset Penerbangan Angkasa di NASA. Dan tak hanya itu kakeknya juga menyandang gelar Doktor Matematika. Tak heran jika bakat Sergey sejak kecil sudah tumbuh di bidang yang berhubungan dengan matematika.

Begitu juga dengan Larry, latar belakang keluarganya adalah Ayahnya bernama Carl Viktor Page adalah peraih gelar Ph.D pertama di bidang ilmu komputer dengan spesialisasi Kecerdasan buatan (Artificial Inteligence). Ayahnya juga menyandang gelar Profesor Ilmu Komputer, sedangkan ibunya Gloria Page juga bergelar master ilmu komputer dan seorang pengajar pemrograman.

Kesamaan minat dan latar belakang itulah yang membuat mereka semakin akrab. Pada tahun 1996, Sergey bergabung dalam proyek ilmiah yang sedang dikerjakan Larry, sebuah mesin  cari yang bernama Backrub. Misi mereka adalah menciptakan mesin pencari dengan hasil terbaik dan relevan. Mereka bekerja keras untuk menciptakan mesin cari yang sekarang kita sebut dengan Google.

Itu dulu gan, hasil bacaan dari referensi, kita akan sambung di artikel berikutnya dengan Page Rank dan pencarian Google. See you!

Wassalam dan tetap mencoret!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa