Jumat, 19 November 2010

Ciri-Ciri Bot, Spam, junk, Flooding, dan Flaming


Penah denger istilah-istilah diatas???? ya, Istilah diatas sangat akrab di dunia maya, lebih lebih di Forum Diskusi. Ini adalah Jenis-jenis pengganggu di dunia maya. Jika di dunia nyata pengganggu sering disebut sebagai Sampah Masyarakat maka di dunia maya mereka ane sebut dengan Sampah Masyarakat maya :D.

oke gak usah berpanjang-panjang di pengantar, kita langsung cek aja ciri-ciri sampah dunia maya ini :


1.       Bot
Bot adalah program yang berjalan secara otomatis, sering disebut juga Autoplayer. Seseorang yang menggunakan Bot hanya tinggal menghidupkan computer, koneksi internet berjalan dan tinggal menghidupkan suatu program maka aktivitas akan berjalan secara otomatis, jadi manusia nya bisa pergi kemana-mana, dan bot nya tetap jalan. Yang sering menggunakan Bot ini ialah para gamer agar akun game mereka berjalan dengan sendirinya, biasanya akun klonengan atau akun dummy, akun tuyul dan masih banyak lagi gelar lainnya yang pada intinya adalah akun pembantu, karena beresiko tinggi terkena banned dari sang admin. Selain gamer, yang menggunakan Bot ini ialah netter yang tergabung dalam Forum Diskusi agar mencapai tujuan tercapai. Para Bot ini memperlambat server karena koneksi mereka terus menerus ke server tanpa ada putus atau istirahat, juga membuat sebuah game menjadi tidak adil dan merugikan admin game nya :D. Mungkin jika satu bot tidak menjadi masalah tapi jika 100,1000,dst ???

1.       Spam
Spam adalah Program yang mengirimkan email atau tulisan secara terus menerus. Mereka terus memenuhi kotak masuk email dan tulisan tulisan pada forum diskusi dengan informasi-informasi kosong alias tidak bermakna sama sekali atau tidak dipergunakan. Spam ini dapat membuat Quota email penuh sehingga korbannya harus merasakan kesal, jika pada forum diskusi, seorang spammer(orang yang melakukan Spam) dapat memperlambat server, tujuannya adalah memperbanyak postingan, dan membuat kesal juga para peserta diskusi.


3.       Junk
Junk itu artinya sampah. Dibanding Spammer yang menulis, walau informasinya tidak berguna, junker lebih berbahaya, mereka hanya ingin postingan mereka semakin banyak, terkadang tanpa membaca topic yang dituliskan, postingan mereka sekadarnya tanpa ada hubungan apapun ke topic diskusi, biasanya hanya berupa smiley, smiley atau kata-kata yang hanya sekedarnya seperti "Nais Info", "oke gan", "lanjutkan", "nice pict", "ditunggu update annya", dan lain-lain, 90% postingan nya adalah sampah.

4.       Flooding
Flooding artinya membanjiri, jadi setiap pokok persoalan ada postingan dia walaupun hanya satu. Flooding hampir sama seperti junker tetapi setidaknya Flooding lebih baik daripada junker, karena mereka masih memberi komentar sedikit banyak, lalu beralih ke trit lain untuk mengomentari nya, kemudian ke trit lain untuk dikomentari. Komentar mereka juga memiliki tak lebih dari lima kata yang bersifat netral ,atau smiley. 80% postingan mereka seperti ini Semoga diberi ketabahan..” “semoga lebih baik kedepannya...” “ Ane gak tau jadi no komen..” dll.

5.       Flaming
Flaming adalah kegiatan memanas-manasi dengan kata-kata yang kasar. Orang yang melakukan flaming tak segan-segan untuk berbicara kotor, menggunakan font-font besar berwarna merah dengan hurup kapital, seolah-olah berteriak, mencaci maki tak peduli itu manusia, bahkan Tuhan pun terkadang mereka caci maki. Mereka memang tidak menyakiti server karena mereka dari segi postingan mereka masih wajar, tapi mereka menyakiti hati peserta forum diskusi.:(

Jadi, silahkan nilai sendiri anda termasuk sampah dunia maya atau bukan :D.

wassalam dan tetap mencoret!
Referensi :
Dari pengalaman ane sendiri :D

2 komentar:

  1. tengkiu buat share infonya bro, sedikit banyak gw mulai ngerti ciri2 yang suka nyampah.

    BalasHapus
  2. @bocah, yang bisa ane tambahin untuk pengertian spam yaitu spam postingannya mengandung informasi yang tidak berguna, misalnya dalam email terkadang ada yang mengirimkan tentang money game, pengiriman ini biasanya dilakukan secara massal dengan program yang telah diset sebelumnya....
    atau dalam forum diskusi, spam biasanya berkomentar dengan mengiklankan diri, itulah sebagai tambahan dari contoh spam

    BalasHapus

Jika Ilmunya bermanfaat, mohon untuk menyebar 1 kebaikan apa saja ke yang lain, direkomendasikan untuk bersedekah berapapun jumlahnya, semoga ke depan urusannya semakin dipermudah. Jika ingin berpartisipasi dalam amal jariah dengan menyebar kebaikan dan hal positif lainnya, atau mentraktir segelas kopi dapat mengirimkan Donasinya ke Rek BSI 7052259422 an S***** M******. Jazakallah Khairan Katsiraa